banner-detik
SELF

Googling While Expecting

author

sazqueen09 Jun 2014

Googling While Expecting

Sewaktu hamil, saya bersahabat baik dengan mesin pencari ternama, Google! Yup, apapun yang ingin saya ketahui seputar keadaan ketika hamil, biasanya dengan mudah di dapat dari Google, dan biasanya tiga artikel teratas akan merujuk ke halaman forum Mommiesdaily. Ini juga yang membuat saya berkenalan awalnya dengan Mommiesdaily, dan akhirnya sign up untuk bisa membaca isi forum ibu-ibu yang hits dan sangat informatif.

Pertama kali saya mengetikkan nama dokter kandungan yang waktu itu memang secara random saya dapatkan hanya karena mau mengecek kesehatan rahim. Dari Google, saya masuk ke halaman Doctors & Hospital Directory. Senang membaca kalau dokternya termasuk yang direkomendasikan banyak orang, dan belum ada record negatif tentang beliau.

Hal lain yang sering saya Googling adalah jenis makanan. Jadi dokter saya ini tipenya santai. Makan apa saja boleh, yang nggak boleh itu makanan mentah. Saya penasaran, dong, karena beberapa teman saya banyak pantangannya. Hehehe, pengin tahu saja, apakah pantangan dari dokter teman saya itu ada dasarnya. Jawabannya? Banyak! Tergantung jenis makanan yang dicari, deh!

Tanya pada Om Google selanjutnya adalah soal berhubungan seksual. Ini dokter saya juga bilang "Silahkan ketika kandungan sudah di atas usia 16 minggu karena ada riwayat keguguran." Ketika usia kandungan lewat dari 18 minggu, saya bilang kalau hubungan suami-istri sudah bisa dilakukan, loh. Eh, suami memutuskan puasa aja, haahahaha, takut kenapa-kenapa. Jadi ngapain googling? Buat nunjukin berbagai artikel yang menunjukkan kalau hubungan seksual ini nggak berbahaya dilakukan saat istri hamil :p

Sebetulnya banyak lagi, sih, yang saya cari via Google seputar hamil. Seputar tren melahirkan di rumah, water birth, bagaimana IMD yang benar, ASI dan mitos-mitosnya, serta list belanjaan dan bawaan ke rumah sakit saat melahirkan. Selain itu, info rasa sakit pada bagian empedu, obat maag dan sakit kepala yang aman bagi ibu hamil, dan cerita melahirkan normal dengan penyakit jantung, juga langganan saya cari-cari di Google.

Rupanya kegiatan bertanya pada google saat hamil ini, diulas oleh New York Times, dan menghasilkan info gambar seperti ini:

Screen shot 2014-06-07 at 1.30.04 PM

Data ini diriset oleh Seth Stephens-Davidowitz dari Google AdWords. Seru ya! Jadi bisa dilihat ternyata di seluruh dunia, ibu-ibu hamil ini aktif ber-google-ria rata-rata untuk mencari info seputar makanan, have sex, jenis obat, dan tentunya bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada tubuh! (err, saya nggak googling ini, loh, dulu. Nggak tahu, deh, kenapa? Pede kali, ya, nggak bakalan ada bekas guratan karena rajin pakai minyak sereh? :p)

Eh, negara Asia Tenggara yang masuk di survei ini baru Singapura. Bagaimana kalau kita cari tahu kegiatan googling ibu hamil di Indonesia? Mommies bisa meninggalkan lima hal yang paling sering dicari via Google saat hamil. Ini buat seru-seruan, saja. Nanti kita bisa baca dan mengetahui urusan ibu hamil yang bisa diselesaikan lewat Google, kan?

So are you googling while expecting? Apa, sih, yang biasanya dicari? ;)

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan