Karena Hidup Sehat, Tidak Perlu Ditunda!

150924_Sweetner _KDM_*Gambar dari sini

  • Konsumsi gula itu maksimal 7 sendok teh per hari. Bayangkan kalau pagi kita sudah minum teh manis hangat dengan gula 2 sendok, lalu makan siang di mana nasi pun sudah mengandung gula, belum lagi cemilan sore hari seperti donat, bubble tea, es krim, dan seterusnya. Wah, pasti lebih dari 7 sendok teh kan?
  • Bagaimana dengan pemanis? Nah, pemanis sering sekali dipertanyakan kehadirannya. Pemanis boleh saja digunakan. Balik lagi, cek kemasannya. Kalau bahan pembuatannya aspartam dan sakarin, masih aman. Karena aspartam adalah gula diet dan sakarin tidak dimetabolisme oleh tubuh sehingga aman digunakan. Walau demikian, masih ada batasan menggunakan pemanis, yaitu 50-60 sachet per 50kg berat badan.
  • Rajin-rajinlah berolahraga atau bergerak aktif. Jangan apa-apa mau yang serba cepat. Jika bisa naik tangga, kenapa harus naik eskalator atau lift? Jika bisa jalan kaki atau naik sepeda, kenapa harus naik mobil? Dan seterusnya.
  • Bagaimana dengan penggunaan kecap manis? Kecap manis juga mengandung gula dan sodium. Jadi, sebaiknya dibatasi.

Kalau saya pribadi, memang sudah jauh mengurangi konsumsi gula. Misalnya, minum teh atau kopi tanpa gula, mengurangi makan atau minuman manis dalam kemasan, dan seterusnya. Dan, Alhamdulillah, sudah lumayan rutin berolahraga. Ke depannya, saya berencana mau mengganti karbohidrat yang sekarang beras putih ke beras merah atau beras coklat. Tujuan saya, apa lagi kalau bukan ingin sehat sampai tua? Bagaimana dengan mommies?


3 Comments - Write a Comment

  1. gw udah ganti dari nasi putih ke nasi merah. karena emang gw suka makanan yang plain baca: makan bakso tanpa kecap dan saos) jadi berasa biasa aja. Lagi berusaha tetep rajin olahraga nih, tapi agak kurang berhasil kayaknya hehehe

Post Comment