banner-detik
EVENT

Masak Sehat di DapuRRAme

author

PitFD03 Jun 2014

Masak Sehat di DapuRRAme

Belum lama ini, Sabtu (24/05), di pelataran sebuah tower di komplek apartemen sejuta umat, Kalibata City, penuh dengan ibu-ibu bersama anak-anaknya mengenakan celemek hijau gonjreng! Mereka semua berjejer rapi di depan meja yang sudah dilengkapi dengan baskom penuh kejutan. Nggak lama, host acara hari itu teriak, “Mulai”. Nggak pakai lama, baskom pun segera dibongkar! Isinya, ada roti tawar, daging giling, keju, telur ayam kampung, parutan, bumbu-bumbu, cetakan, dan sebatang wortel organik segar.

DSCF1129resize (1)

Jadi, hari itu ada 40 pasang Ibu dan Anak yang bercelemek hijau gonjreng yang akan membuat nugget wortel organik bersama-sama. Menyenangkan, deh! Acara ini juga sebenarnya juga bukan lomba, sih, sekedar masak bareng atau lebih tepatnya ngadon bareng. Kenapa saya bilang ngadon, soalnya waktu itu memang nggak disediain kompor untuk setiap peserta, jadi masaknya setengah jadi aja! Mungkin, panitianya takut tekor kali, ya, hahahaha.

Salah satu persertanya juga ada salah satu pesohor yang pasti Mommies sudah kenal, Kamidia Radisty bersama Keira, puterinya yang manis. "Biasanya sih, Papanya yang lebih seru masak!" kata Disty. Walaupun mengaku suaminya yang lebih pintar masak teryata Disty terlihat lihai, kok, mengaduk adonan bersama Keira! Di tengah acara, kami para peserta sempat di tanya apa profesi Kamidia Radisty? Ternyata dari banyaknya jawaban yang diberikan, Miss Indonesia 2007 ini justru mengatakan jawaban yang paling benar adalah profesi Ibu Rumah Tangga.  Iiih.. keren sekali, ya, jawabannya!

Kamidia Radisty dan Keira

Acara pun berjalan makin seru! Buat saya pribadi, hebohnya sudah mengalahkan lomba masak sejagat raya deh! Maklum saja, setengah dari peserta acara ini kan koki-koki imut. Kebayangkan dong, bagaimana rasanya ketika kita masak bersama si kecil di dapur? Bahkan tanpa sadar, sederet larangan akan keluar dari mulut kita,

"Iiih, sudah sana aja, deh. Mama jadi repot nih masaknya!

"Tuh kaaaan, malah jadi jatuhkaan? Jadi tambah berantakan deh, ah...!

Bagaimana Mommies, suka ngomong begini kan? Ngaku saja, deh, hehehe. Tapi di acara dapuRRame ini, kalimat tersebut dilarang keras diucapkan! Haramlah hukumnya, hahaha! Di dapuRRame, para ibu harus , bisa masak bareng anak dengan senang dan gembira! Kalau memang terjadi 'kecelakaan' seperti  telur jatoh, wortel parut tumpah, keju habis dicemilin, bahkan sampai ada  adonan nempel dirambut, ya, nggak apa-apa. Yang penting semua senang! Soal hasil adonannya bakal enak atau nggak, itu sih soal belakangan. Toh, kalau mau hasil yang sempurna kita bisa membuatnya lagi ketika anak-anak sudah tidur! Kan seru-seruan masak bersama nggak setiap hari kita lakukan. Jadi, have fun saja!

Selanjutnya: Ayo makan sehat dan masak sendiri!

DSCF1126resizenawlapapa2Sebenarnya, hal inilah yang dituju acara dapuRRame 2014, event ini digagas oleh komunitas Fimelya di Kalibata City. Sebuah  komunitas yang terdiri dari 5 ibu-ibu muda dan punya harapan yang sama untuk berbagi hal baik dengan ibu-ibu lainnya. Saya sendiri cukup salut dan senang bisa ikut dalam bagian acara ini. Apalagi kalau ingat wajah ceria dan tawa lepas anak-anak saat masak bersama ibunya. Oh, ya, waktu itu juga ada beberapa bapak yang ikutan juga, lho! Empat jempol, deh, buat bapak-bapak yang ikutan! Yang pasti saya merasakan kalau dapuRRame ini mampu memberikan energi positif dari semua para peserta. Nggak hanya itu, ke depannya saya berharap kalau acara ini bisa menjadi penyemangat para ibu untuk lebih rajin masak sehat. *tukang jajan nyengir*

Setelah membuat adonan nugget, ternyata acara belum selesai! Soalnya, anak-anak akan dijamu dengan pesta buah segar! Ada Kiwi, anggur,stroberi, semangka, dan melon yang tersaji cantik di meja, siap untuk dilahap! “Coba cicipin semangka kuning!” Hap, semuanya langsung makan potongan semangka dengan lahap. “Siapa mau cerita tentang rasanya semangka kuniiing? Yang cerita ada hadiahnya looh!”. Nggak lama setelah dipancing, langsung deh anak-anak berebutan bilang,  “Aku, aku, akuuuu!”.

Wah, seru banget deh waktu melihat kehebohan anak-anak ini. Setelah makan buah, mereka pun lanjut membuat sate buah yang nantinya akan dibawa pulang dengan gelas bertuliskan “Aku Anak Hebat, Senang Berbagi dan Suka Makan Sehat!”.

O, ya, acara pesta buah ini juga dibantu oleh tim Happyplay yang datang langsung dari Bandung, lho. Lewat HappyPlay, anak-anak juga sekaligus belajar berbagi dengan mendonasikan mainan atau bukunya untuk anak-anak yang kurang beruntung.

DSCF1151resize

Sementara anak-anak pesta dengan buah, para ibu pun dijamu dengan springroll sayur yang rasanya enak banget! Waktu itu memang ada demo masak cemilan praktis dan sehat dari Modena. Ternyata membuat springroll sayur nggak sesulit yang saya bayangkan. Setelah menggulung sayur paka kulit pangsit, tinggal digoreng, cocol sambal kacang atau saos sambal. Selain itu juga demo smoothies sehat juga dari MamaChoice Organic. Isinya hanya sayur dan buah, tanpa tambahan pemanis apapun! Sayur dan buah yang dipilih juga organik. Bayam mentah yang dicampur dengan pisang dan nanas ternyata menghasilkan smoothies yang segar. Cocok deh kalau disantap siang-siang di ujung acara. Asiknya lagi, semua peserta yang datang juga kebagian sekantong sayur organik segar dari MamaChoice.  Sedap, ya!

Alhamdulillah, kami semua yang datang merasa happy di acara dapuRRame. Terlebih ada doorprize yang melimpah ruah terbagi dengan seru! Di tambah dengan isi goodiebag yang nggak kalah hebring yang isinya beragam voucher belanja, cookies-cookie enak, cupcake, buah, sekantong sayur, dan semua peralatan masak yang dipakai juga boleh dibawa pulang! Everyone’s happy!

Seru kan masak sehat bersama keluarga?

Kalau Mommies mau coba, juga bisa kok. Nggak perlu capek nunggu dapuRRame part 2, langsung praktik saja di rumah. Syarat utamanya hanya ajak anak kita, dan pastikan kita ikhlas menerima dapur berantakan. Karena kalau gak berantakan, ya, justru nggak rame! Jadi, kapan mau masak barsama si kecil? Mumpung kita masih punya banyak kesempatan membuat kenangan manis masa kecil untuk anak-anak kita, yuk, ramaikan dapur dan masak makanan sehat!

PAGES:

Share Article

author

PitFD

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan