banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Toilet Training Pressure

author

W_Putri26 May 2014

Toilet Training Pressure

Slide2(6)

Kira-kira sebulan yang lalu, saya ditanya suami,

“Kapan Nara mau ditoilet traning?”

“Ee .. kapan, ya?”

“Iya, kapan hayo? Anaknya kan udah bisa disuruh pipis di kamar mandi. Harusnya dia udah bisa diajarin kapan minta pipis.”

Saya cuma nyengir.

Iya, sih. Nara sebenernya juga udah masuk usia pas buat toilet training. Jadi apa persoalannya?

*ngacung* Persoalannya saya.

Dua bulan yang lalu, saya mulai menyapih Nara, pas ketika dia berusia 2 tahun. Dan nggak sukses. Padahal saya sudah lumayan tahu banyak soal sapih menyapih ini. Persiapan udah oke. Tapi emang dasar anaknya aja kali yang belum siap. Jadi ya, ujungnya ngambek dan sempat nggak mau pisah dari emaknya. Gagal total, deh.

Dan sekarang ditanya soal toilet training, saya tertekan. Saya nggak yakin mau mulai dari mana. Banyak bahan bacaannya, tapi semuanya cuma teori di atas kertas. Kenapa? Karena emang tiap anak beda. Satu aturan nggak bisa diterapin ke semua anak. There's no one trick wonder. Persis kayak menyapih.

Lalu, kenapa musti toilet training sekarang kalo belum siap?

Proses toilet training ini kan kayak menyapih juga, kalau orangtua atau anaknya ada yang belum siap, bisa gak sukses aja, kan? Nah, jadi gini … dalam beberapa bulan, Nara akan masuk sekolah. Bukan soal saya yang malu anaknya sekolah masih pake popok. Saya khawatir anak saya yang malu karena dia masih pake popok atau masih kelepasan pipis di celana waktu sekolah nanti. Waktu dia masih kecil dan belum mudeng apa omongan orang, saya sih nggak pikirin soal dia masih nggembol popok ke mana-mana. Mau ada yang bilang bocah kudu ditoilet training dari umur 6 bulan juga pikir saya ke laut aja.

Sekarang, anak saya udah ngerti kalo ada yang bilang, “Ih, pup, ya? Bau, lho!” Orang rumah sering banget ngomong gini pas dia pup dan akhirnya sukses bikin anak saya ogah ‘ngaku’ kalo dia pup. Bocahnya lari sembunyi di bawah meja setiap kali terasa pingin pup. Pinter juga sih dia milih tempat sembunyi di bawah meja. Kebayang kan orang dewasa pasti susah narik dia keluar dari bawah meja? Apalagi kalo udah meluk kaki meja. Masa diangkut semeja-mejanya? Adanya setiap kali dia pup, saya harus nunggu sampai dia mau keluar dari bawah meja dan digendong ke kamar mandi.

Nah, saya kepinginnya Nara udah lulus dari popok sebelum dia masuk playgroup. Maksudnya ya itu tadi, kalau dia belum selesai toilet training, adanya malah makin susah. Temen-temennya sudah nggak pakai popok, dia masih. Dia lagi belajar nahan pipis dan ‘kecelakaan’ di sekolah bisa bikin usaha toilet training berantakan. Malu, seperti pada persoalan pup, nggak pernah sukses bikin Nara terdorong untuk melakukan apa pun. Bisa-bisa dia sembunyi di bawah tanah sebelum dia mau pipis di kamar mandi.

Selanjutnya: Berbagai metode toilet training malah bikin pusing? >>

OLYMPUS DIGITAL CAMERA*Gambar dari sini

Saya masih trauma sama gagal menyapih tempo hari. Belum lagi pusing musti ikut metode yang mana. Ada yang pake celana latihan pipis. Ada yang pake celana biasa aja. Ada juga yang nggak pake celana. Ada yang caranya anaknya ditanyain mau pipis atau enggak setiap 10 menit sekali, ada yang setengah jam, ada yang nggak ditanya alias 'woles' aja, ntar kalo dia tau basah itu nggak enak juga minta pipis sendiri. Banyak banget, sampe takut salah pilih. Takut gagal dan kudu mulai dari awal lagi sementara anaknya udah kadung trauma.

Saya tahu banget sih persoalan ini harus dikelola. Kalau enggak, setiap kali Nara menghadapi milestones kayak gini, saya bakal parno tujuh keliling. Nara memang perlu pergi sekolah karena di rumah dia praktis nggak punya temen seumuran. Jadi saya punya waktu beberapa bulan ini untuk mencoba-gagal usaha toilet training ini. Cukup panjang sebenernya, soalnya saya belum pernah denger ada cerita anak ditoilet training lewat dari 3 bulan. Lagian, tempo hari sudah gagal weaning karena anaknya ngamuk, kan? Karena toilet training sebaiknya ga barengan sama perubahan besar macem menyapih, kesempatan nih buat toilet training. Lagipula, anaknya kali ini kan udah siap. Tinggal emaknya aja. The show must go on, Mom.

Saya ambil napas panjang dan makan es krim. Lalu saya bikin rencana ‘perang’ sederhana. Nggak usah terlalu detail, nanti saya tambah stres. Oke, saya nggak mau dia lagi ‘kecelakaan’ terus diolok-olok, makanya saya milih waktu mulai toilet training pas kita cuma berdua saja aja selama beberapa hari. Bingung mau pilih metode atau pake celana apa? Saya coba aja semua metode dari pake celana sampai nggak pake celana. Btw, yang pingin tahu lengkapnya soal toilet training, bisa cek di artikel 24hourparenting.com yang ini.

Akhirnya, dua minggu yang lalu, Nara mulai toilet training. Ternyata, di luar dugaan saya, dia lancar jaya. Sigap bilang mau pipis, dan semangat ke kamar mandi. Paling kalau kebablasan pipis di celana dia nangis. Bukan karena malu, nggak ada orang yang bilang ‘pesing’, ‘bau’, atau varian lainnya di rumah, tapi karena sebel sama dirinya sendiri karena telat ngomong atau ga bisa nahan. Haha. Jadi ngerasa malu sempat parno gak kepuguhan. Sekarang semua kekhawatiran saya rasanya gak penting banget.

Tapi jadi orangtua memang alamat bakal selalu tertekan, ya? Tertekan sama harapan orang, diri sendiri, dan, mungkin suatu hari, harapan anak sama kita. Tekanan terbesar saya sampai saat ini selalu datang dari sendiri yang kepingin jadi orangtua yang sempurna. Sukses ngasih ASI, sukses menyapih, sukses toilet training, sukses ini itu. Siapa sih yang nggak pengen jadi orangtua yang sempurna. Cuma sayangnya, nggak ada tuh orangtua yang sempurna. Semua orangtua pasti ada kurangnya, menurut orang lain, menurut anak, dan tentu saja menurut diri orangtuanya sendiri. Udah ng-ASI ekslusif, anaknya masih dibilang kurus. Udah capek-capek ngajak main, tapi dicuekin anaknya.

Memang satu-satunya cara ya kenali anak kita, kumpulkan informasi dan coba semua cara. Gagal yang ini, besok coba yang itu. Sukur-sukur langsung sukses. Kalo enggak, ya coba lagi. There’s no one trick wonder. Thank goodness.

Wicahyaning Putri adalah editor di 24hourparenting.com. 24hourparenting.com adalah adalah situs parenting yang memuat how-to-parenting, singkat dan to the point, juga membahas tentang menjadi orangtua, dan ide kegiatan ortu-anak. Dilengkapi visual yang semoga asik. Diasuh oleh psikolog dan orangtua.

 

 

PAGES:

Share Article

author

W_Putri

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan