Tatap Sekelilingmu, Jangan Hanya Layar Gadget-mu!

Video ini pun menyentil gaya hidup kita ini. Saat kita lebih banyak melihat ‘nama’ teman-teman daripada menatap mata mereka. Yang kita anggap media sosial, padahal sebenarnya bukan. Saat kita lebih banyak menutup pintu, dan membuka gadget untuk masuk ke dunia ilusi, menjadi budak pada teknologi yang kita kuasai.

Rasanya hampir semua lirik di video itu ingin saya kutip. “A world of self image, self interest, self promotion. Where we all share our best bits, but leave out the emotion. When we ‘almost happy’ with experience we share, but is it the same, if no one is there?”

Seperti scene di kereta tadi, kita menjadi unsocial, kita tidak lagi ‘puas’ untuk ngobrol dan berinteraksi dengan orang lain, untuk menatap mata orang lain.

lookup5foto dari sini dan sini

Selanjutnya: Menatap gadget atas nama multitasking >>


8 Comments - Write a Comment

  1. Saya juga berusaha membatasi gadget pada Rasya, 2 tahun 4 bulan. ia hanya boleh main tablet saat hari libur. ia akan minta nonton video di HP kalau lihat saya bawa HP. saya sedang berusaha ‘cerai’ dari HP pas bersama Rasya, supaya dia nggak ikutan lihat HP. yang masih sulit adalah TV, masih sering nyala untuk ‘backsound’ supaya nggak sepi di rumah :p

    terima kasih untuk artikelnya :) ini alarm untuk mengingatkan kita semua, karena kita adalah ibu, orang tua, yang membesarkan anak-anak luar biasa dan istimewa. Jika sekarang seperti ini dan dibiarkan, bagaimana 10 tahun mendatang? *khawatir banget!*

  2. nenglita

    Waduh, ini gue cukup sering ditegur sama suami. Salah satu komentarnya dia yang #jleb buat gue “Tiati lo mati sambil ngeliat handphone, ntar!”. Kejam sih, tapi dipikir2 bener juga. Dan ini idenya keren videonya, berapa banyak hal yang kita lewatin cuma karena mata kita sibuk menelusuri dunia maya? Iya kalo cuma sekedar sapi lepas di jalan tol, kalo milestone anak yang padahal kita ada di dekatnya?

    Walaupun kalo kita lihat, seringnya juga kita buru2 sibuk ngambil hp buat motret atau videoin utk upload ke socmed :D

  3. Saat bbm mulai mewabah, pasti pernah dengar ungkapan ini : “mendekatkan yg jauh, menjauhkan yg dekat”.
    Menurut gue, semua harus seimbang. Jgn sampai anak gak ngerti tentang gadget tapi jgn juga terlalu mendewakan gadget.

  4. tiba-tiba jadi teringat lima tahun yang lalu, reuni bareng temen-temen dan semua melihat ke layar hape kecuali gw karena hape gw masih jadul saat itu. aneh aja, karena kita berkumpul di satu meja tapi sibuk dengan layar hape masing-masing. akhirnya gw pilih pamit sambil bilang, lain kali kita kalo ketemuan jangan pada bawa hape ya soalnya garing kalo ketemu tapi semua sibuk sama hape.

Post Comment