Now Reading
Membuat Bekal Sekolah: PR Terbesar!

Membuat Bekal Sekolah: PR Terbesar!

ketupatkartini

Balik lagi mengenai bekal sekolah tadi. Bunda Romi -psikolog itu-, menggelitik kita dan mengingatkan ada sejuta makna dibalik menyiapkan sekotak bekal untuk anak. Beliau, sudah bertahun-tahun dan sampai kinipun masih menyiapkan sendiri bekal untuk suaminya (karena anak-anaknya sudah dewasa, tentu saja). Bagaimana membangun kebiasaan sehat -dengan membawa bekal sendiri- tentu kita harus mengupayakan agar anak menyukai bekal yang dibuat oleh ibunya tersebut. Ya kalau lagi-lagi hanya nasi dan gorengan nugget, tidak perlu ditanya kenapa, pasti anak bosan dan tidak suka membawa bekal. Buat anak merasa bangga dengan bekalnya. Buat kejutan-kejutan dalam sekotak bekal, misalnya dengan memberi nama; ‘nasi dalam selimut’, ‘devil’s hair’. Atau surprise note dalam kotak bekalnya, seperti “love you” atau “good luck!”. Hal-hal kecil tersebut akan memberi semangat, yang tidak langsung ikut membangun karakter hidup sehat anak. (Duh, kayanya bawa roti tawar setangkup pakai coklat meses saja sudah gak laku ya?)

Kebiasaan baik membawa bekal ini, yang ingin terus disebarluaskan oleh Tupperware melalui gerakan Aku Anak Sehat 2014. Kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah seminar inspiratif bagi guru-guru SD, agar bisa lebih kreatif mengajarkan perilaku hidup bersih, sehat dan mandiri pada murid-muridnya. Karena, guru -selain orangtua- memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter hidup sehat anak. Agar anak tertarik untuk menerapkan gaya hidup bersih, membuang sampah di tempatnya, mencuci tangan, dan membawa bekal ke sekolah, sebaiknya guru juga harus menerapkan hal yang sama dalam kesehariannya.

Selain itu, Tupperware juga akan melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar di 5 kota besar dan sekitarnya di Indonesia. Targertnya, 650 sekolah yang mencakup 100 ribu murid. Di setiap SD tersebut, Tupperware akan membuat set washtafel dan tempat sampah basah dan kering, serta poster Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan kampanye untuk membawa bekal ke sekolah. Keren! Semoga, makin banyak yang terinspirasi juga untuk membuat dan membawa bekal ke sekolah ya ;)

Lalu, bagaimana dengan PR besar saya tadi ya? Harus dikerjakan dong. I guess I just have to find my own groove, rajin mencari ide, inspirasi membuat variasi bekal yang sederhana, tapi penuh kejutan. Pasti bisa ya ;)

 

 

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top