banner-detik
PRODUCT REVIEW

Editor's Picks: 3 Produk Tabir Surya Untuk Anak

author

DesZeLL05 May 2014

Editor's Picks: 3 Produk Tabir Surya Untuk Anak

Sudah baca artikel kalau 'Tabir Surya, Tak Hanya Untuk Orang Dewasa' kan? Kalau belum, baca dulu artikel penting ini sebelum terlambat. Memang benar waktu anak kita masih baru lahir banyak pesan dari orangtua dan juga dokter untuk banyak-banyak menjemurnya langsung di bawah paparan sinar matahari pagi. Kata kunci di sini sebenarnya adalah pagi, bukan sinar matahari. Di pagi hari memang sinar matahari belum begitu kuat. Dari artikel tersebut juga diketahui bahwa walaupun kita menggunakan tabir surya yang membantu memberikan "penyaringan" terhadap radiasi sinar Ultra Violet (UV), akan tetapi tetap disarankan untuk menghindari terpapar langsung dengan pancaran sinar matahari antara pukul 11.00 - 14.00. Wah, padahal untuk anak yang sudah beraktivitas ini adalah waktunya mereka sedang senang-senangnya main di luar. Apalagi kalau anak sudah sekolah - baik untuk anak yang sudah di bangku TK maupun SD, ini adalah jamnya di mana mereka pulang sekolah dan kalau pulang sekolah pasti deh sibuk main di luar dulu.

Nah, dengan memberikan tabir surya yang pas, yaitu yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB seperti yang disebutkan di artikel tersebut maka kita memberikan bekal untuk anak kita melawan bahaya sinar UV. Caranya? Dengan memilih tabir surya yang memiliki label SPF dan PA. Untuk selengkapnya, baca artikel yang saya sebutkan, ya, mommies :)

Sejak Raysa masih kecil, saya sudah membiasakannya untuk memakai tabir surya. Kalau alasan saya sih sederhana, saya saja kulitnya jadi menghitam :p. Dari berbagai produk yang pernah dicobanya, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi dari saya kalau mommies sedang mencari produk tabir surya yang tepat untuk si kecil.

bananboat1. Banana Boat Kids SPF 50+ Roll On

Sebenarnya, secara general saya sangat menyukai produk dari Banana Boat. Karena memang produknya bisa dipercaya kualitasnya dan juga efektivitasnya dalam memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Dulu, sih, sebelum banyak produk tabir surya yang masuk ke Indonesia saya selalu merasa produk ini sangat mahal. Tapi setelah ditilik lagi, memang produk tabir surya yang bagus tidak ada yang murah.

Untuk produk Banana Boat Roll On ini sayangnya tidak ada di Indonesia. Bahkan sepertinya jenis ini hanya dijual di Australia. Tapi saya beberapa kali menemukannya di online shop yang menjual perlengkapan bayi. Kalau malas susah mencari produk roll on ini di online shop, bisa memilih produk lain dari Banana Boat. Mereka bahkan memiliki versi tabir surya untuk olahraga yang tahan air sehingga aman untuk digunakan untuk berenang.

Kenapa saya menyukainya? Selain memiliki efikasi yang sama dengan produk Banana Boat lainnya, keunggulan produk ini adalah kemudahan penggunaannya. Mirip seperti deodoran. Tektur produknya pun tidak sekental produk Banana Boat lainnya sehingga mudah sekali diratakan di kulit.

Untuk perlindungannya sendiri disebutkan produk ini memberikan broad spectrum protection, artinya memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB. Akan tetapi di produk hanya dituliskan SPF 50+ tanya penyebutan faktor PA. Tapi kalau dari pengalaman, selama Raysa memakai produk ini, bahkan untuk berenang sekalipun, kulitnya tidak pernah kering berlebihan setelah terkena paparan sinar matahari langsung. Sedangkan salah satu efek dari photoaging yang disebabkan adalah UVA adalah kekeringan pada kulit dan kerusakan tekstur kulit.

Selanjutnya: Review dari pemakaian Avene dan Skin Aqua>>

avene

2. Avene High Protection Mineral Cream SPF 50

Nah, kalau produk satu ini adalah produk yang memang saya sangat percaya untuk dipakai anak-anak. Mungkin juga karena faktor saya pernah bertemu dengan orang-orang dari Pierre Fabre, yaitu perusahaan farmasi dari Perancis yang memiliki Avene. Konon, banyak sekali orang-orang di Perancis sana yang memiliki masalah dengan kulit kronis akan berobat ke Hydrotherphy Centre milik Avene atas rekomendasi pemerintah Perancis. Bahkan anak kecil sekalipun. Pierre Fabre pemilik merek Avene sebenarnya adalah perusahaan farmasi dan Avene sendiri memiliki label dermo-cosmetic, yaitu cabang dari dermatologi yang memadukan pendekatan secara kosmetik dan farmasi sehingga produk-produk yang dikembangkan Avene pun melalui tes yang sama ketatnya dengan produk farmasi yang mereka luncurkan. Jadi, saya percaya sih, kalau mereka bilang produk ini aman untuk anak-anak, ya berarti aman.

Produk tabir surya ini dibuat dari 100% mineral dan memberikan broad spectrum protection dan yang paling penting cocok untuk kulit sensitif ataupun bermasalah sekalipun! Walaupun memang agak berasa tebal dan perlu usaha sedikit untuk meratakannya di kulit, tapi memang saya sangat merasa ini aman sekali digunakan di muka maupun wajah Raysa. Oia, sedikit informasi saja, Raysa memiliki kulit yang sensitif dan sering sekali kulitnya mengalami kekeringan akut sehingga merah-merah dan luka. Dan selama pemakaian produk ini tidak pernah sekalipun mengalami masalah. So this product get its sign of approval from yours truly.

skinaqua_allvariant

3. Skin Aqua UV Moisture Milk

Produk yang asalnya dari Jepang ini memang tidak punya embel-embel macam-macam. Akan tetapi, menurut pengalaman saya sendiri mencoba berbagai macam tabir surya, selama ini yang memiliki tekstur menyenangkan - ringan dan mudah dibaurkan - rata-rata ya tabir surya keluaran Jepang. Biasanya mereka memiliki dasar air, sehingga encer dan gampang sekali dibalurkan di kulit.

Skin Aqua ini sendiri sekarang sudah diproduksi secara lokal, karena perusahaan Rohto yang menaunginya memiliki pabrik di Indonesia. Dua pabrik mereka lainnya berada di Jepang dan China. Tentu saja hal ini membuat produk dari Skin Aqua memiliki harga yang sangat terjangkau. Saya tidak ingat pastinya berapa, sih, tapi kalau tidak salah produk dengan berat 40g ini dijual tidak lebih dari Rp 70.000. Memang, sih, kalau dipikir ketimbang produk lainnya yang harganya bisa 3 sampai 5 kali lipat produk ini kecil sekali. Tapi justru itu saya sangat suka. Karena produk tabir surya memiliki masa berlaku sangat pendek dan apalagi kalau sudah dibuka segelnya, sehingga dengan ukuran yang kecil menjaga produk untuk tetap bagus selama masa pemakaian yang pendek.

Seperti kebanyakan produk tabir surya dari Jepang lainnya produk ini berbahan dasar air dan mudah dibaurkan serta tidak meninggalkan warna keputihan pada kulit. Tapi ingat ya Mommies, jangan terlalu sedikit memakaikannya pada si kecil cuman karena penggunaan sedikit saja produk ini bisa meresap pada kulit dengan cepatnya. Perlindungannya yang diberikan sendiri adalah SPF50+PA+++ yaitu memberikan perlindungan yang cukup sampai tengah hari terhadap UVA dan UVB. Saya sendiri hanya menggunakan produk ini kepada Raysa untuk badan.

 

Nah, itu dia tiga produk pilihan saya untuk tabir surya Raysa. Mommies punya rekomendasi lain yang bisa dibagi? Yuk, tulis di kolom komentar ya.

 

PAGES:

Share Article

author

DesZeLL

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan