Kebun Raya Bogor 101

KRB2

  • Interesting Spots 

Nah, ini enaknya kalau kita masuk ke KRB melalui Pintu 1 dan sempat mampir ke gedung Pusat Informasi. Di tempat ini kita bisa mendapakan brosur dan peta tentang objek menarik di KRB. Selain itu kita juga bisa minta dijelaskan singkat oleh para Pemandu yang bermarkas di gedung tersebut.

Untuk objek menarik KRB, selain bisa dilihat di brosur, kita juga bisa melihatnya di papan peta yang cukup besar dan terletak di dekat loket tiket pintu utama dan tugu Lady Rafffles. Begitu melihat peta besar ini, dijamin deh udah gak sabar ingin segera menjelajah dan menikmati suasana hijau di KRB.  Oke deh, sekarang yuk kita bahas spot-spot menarik untuk anak-anak di KRB:

Museum Zoologi
Posisi Museum Zoologi ini lumayan dekat dengan loket pintu masuk utama dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki (stroller untuk balita). Di museum ini anak-anak bisa melihat berbagai jenis binatang yang sudah diawetkan, mulai dari burung, mamalia, serangga, kerang-kerangan, ular, dan yang paling fantastis adalah adanya kerangka Ikan Paus Biru (Blue Whale) yang merupakan jenis ikan terbesar di dunia! Ukuran kerangka Ikan Paus Raksasa ini sangat besar dan panjang. Membayangkan mahluk ini ketika masih hidup  serta utuh, sungguh luar biasa dan membuat kita berdecak kagum akan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Museum ini sebenarnya sangat bagus dan informatif dengan berbagai tulisan penjelasan, namun mungkin karena anggaran dana yang terbatas, pencahayaan di Museum Zoologi  ini lumayan redup dan tidak ber-AC sehingga kurang menarik minat pengunjung Kebun Raya Bogor. Tapi percaya deh, anak-anak pasti takjub begitu melihat Kepiting Raksasa dari Jepang, dan kerangka Ikan Paus Raksasa Blue Whale. Kita pun sebagai orangtua akan terhibur dengan display diorama hewan-hewan yang diawetkan dan penjelasan yang  informatif .

Kolam Gunting dan & Istana Kepresidanan
Bila kita masuk lurus terus dari Pintu 1 (Pintu Utama) maka kita akan menemui Kolam Gunting yang berlatar belakang bangunan Istana Kepresidenen Bogor.  Pemandangan di Kolam Gunting ini sangat indah dengan warna air kolam yang menghijau karena lumut dan juga dihiasi jembatan merah kecil yang menyebrangi kolam penuh bunga teratai yang bermekaran. Mendekati bangunan Istana Kepresidenan, kita pun dapat mengagumi keindahan serta kemegahan arsitektur Istana Kepresidenan dari jarak yang sangat dekat.

Lapangan, Kolam teratai dan Kafe Dedaunan
Bergerak masuk semakin kedalam KRB, carilah petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Kafe Dedaunan maka tak lama kemudian kita akan takjub dengan hamparan luas lapangan rumput  nan hijau dan luaaass. Waah, dijamin anak-anak gak akan bisa ditahan untuk berlarian menuju ke bangunan air mancur yang ada di bagian atas lapangan rumput ini.

Selain lapangan luas dan hijau, anak-anak pasti juga akan senang sekali bisa menikmati tanaman Teratai Raksasa yang tumbuh di kolam di sisi ujung bawah kiri lapangan. Di Kolam Teratai ini, jangan lupa menjaga anak-anak dengan ketat ya, karena daun-daun Teratai di kolam ini sangat lebar sehingga mungkin anak-anak akan berimajinasi untuk loncat dan berdiri di atas daun bagaikan dongeng tentang kodok di atas teratai yang mungkin pernah dibacakan untuk mereka :)

Saat di lapangan terluas di KRB ini, naiklah ke arah bangunan Kafe Dedaunan yang terletak di ujung atas lapangan.  Nah dari Kafe Dedaunan ini jangan lupa untuk berbalik badan dan memandang keindahan yang mengelilingi  lapangan. Hirup udara segarnya, pandangi lapangan hijau dan pohon-pohon yang terhampar di sekitarnya. Alhasil semua kepenatan akan hilang seketika dan kita pun akan merasa bersyukur telah diberi kehidupan yang luar biasa indahnya di bumi Indonesia tercinta.

O iya, di Kafe Dedaunan ini kita juga bisa menyantap menu-menu yang asik lho..Mulai dari makanan berat seperti  Nasi Timbel, Nasi Goreng, Sop Buntut, Steak, Sandwich  dan cemilan ringan seperti  Poffertjes, Pisang Goreng, Pancake dan buah potong segar.  Atau mau piknik aja? Bisa kok! Tinggal cari area rumput yang agak teduh di pinggir lapangan dan kita pun bisa beristirahat sambil menikmati kegembiraan anak-anak bermain bola dan kejar-kejaran.

Taman Sudjana Kassan

Dari arah lapangan rumput Kafe Dedaunan , kita bisa bergerak ke arah kanan dan melewati Rumah Anggrek dan Orchidarium. Sayangnya kedua tempat ini kurang menarik bagi anak-anak karena suasananya agak suram. Tapi di depan gerbang Orchidarium  terdapat booth air yang langsung bisa  diminum. Mungkin buat sebagian anak-anak, hal ini jadi pengalaman baru untuk bisa minum air langsung dari keran :)

Dari bangunan Orchidarium, carilah petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Taman Sudjana Kassan. Taman Sudjana ini adalah sebuah taman luas yang indah dengan rangkaian tanaman berbagai warna, dihiasi dengan kolam air mancur dan pepohonan besar di bagian pinggir lapangan. Di Taman Sudjana inilah menurut kami adalah tempat yang paling indah untuk berpiknik ria selain di pinggir lapangan rumput hijau di depan Kafe Dedaunan. Selain piknik dan menggelar tikar, anak-anak bisa bermain lempar bola, menangkap capung-capung yang berterbangan dan lomba menangkap Belalang yang kadang berloncatan di rumput.

Catatan: 
Bila memang berniat untuk piknik di daerah manapun di KRB, jangan lupa memakainkan lotion anti nyamuk ke anak-anak terutama di Taman Sudjana Kassan ini. Mungkin karena banyak tanaman rendah sehingga terdapat sarang nyamuk kebun di taman ini. Tapi kalau anak-anak diberi pelindung anti nyamuk, gak akan ada masalah kok. Anak-anak pasti hepi banget liat capung berterbangan dengan pemandangan indah di sekeliling mereka.

Taman Sudjana Kassan ini juga terkenal dengan nama Taman Bhineka. Mengapa disebut Taman Bhineka? Karena ada relief tanaman yang arsitekturnya berbentuk burung Garuda. Biasanya wisatawan di sana bisa main di rumput-rumputnya, tapi ya kebanyakan belum ada yang tahu relief tanaman burung Garuda yang ada di taman ini.
Letak Taman Sudjana Kassan atau Taman Bhineka yang jauh memang mengurungkan niat sebagian orang untuk datang ke sana. Tapi, jika kita sudah melihatnya dijamin tidak akan kecewa.

Di depan burung Garuda tersebut terdapat patung berbentuk setengah badan manusia. Di patungnya terdapat nama Lebak Sudjana Kasan, Bogor, 18 Mei 1985. Ternyata, Sudjana Kasan adalah orang Indonesia pertama yang menjadi pimpinan Kebun Raya Bogor, menggantikan J. Douglas.

KRB3

Yang lebih keren lagi, cobalah buka Google Map lalu mengetik Kebun Raya Bogor. Arahkan kursor lalu zoom ke bagian kanan atas dari pintu masuk Kebun Raya Bogor. Lambang burung Garuda terlihat sangat jelas dari angkasa!

Jembatan Gantung Merah (Jembatan Cinta)

Jembatan Gantung berwarna merah ini sepertinya cukup melegenda di KRB. Biasanya digunakan untuk para calon pengantin untuk foto pre-wed mereka. Tapi anak-anak pasti juga excited kok diajak menyebrang jembatan gantung ini apalagi sambil melihat ke arah sungai lebar yang melintas di bawahnya. Namun harus diperhatikan bahwa jembatan ini adalah jembatan gantung yang ditarik dengan kabel baja, sehingga maksimum hanya bisa menahan beban berat 5 orang di atas jembatan dalam satu waktu. Sungguh suatu pengalaman yang mengesankan dan menegangkan bagi anak-anak.

Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia

Lokasi Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia ini ada di pepohonan dekat Museum Zoologi, namun bila tidak sedang berbunga (mekar) maka lokasi kedua bunga yang terkenal ini jarang didatangi oleh pengunjung. Biasanya bila berbunga, maka pihak humas KRB akan mempublikasikannya ke khalayak banyak. Bila sedang mekar, walaupun keduanya berbau busuk dan menyengat, jangan lupa ajak anak-anak untuk melihat ya.. Karena kedua bunga ini sangat unik dan hanya bisa tumbuh di hutan-hutan Asia Tenggara. Baik bunga Bangkai dan bunga Raflesia ini tidak berdaun dan tidak bertangkai, dan hanya mekar selama 1 minggu setelah itu layu/mati.

Selanjutnya: Wisata kuliner di sekitar KRB >>


Post Comment