3 Langkah Untuk Wajah Lebih Cerah

2. Pastikan pori-pori bersih dari semua kotoran

Menurut saya bagian wajah yang paling menonjol adalah hidung. Wajar saja ya jadinya perempuan Indonesia terobsesi dengan hidung mancung? Nah, tapi selain hidung mancung satu lagi yang paling saya suka perhatikan: kebersihan hidung! Soalnya area ini adalah area yang biasanya menjadi sarang komedo, apalagi kalau sudah sampai menghitam, horor banget! Area ini pula yang paling terlihat kalau ada penyumbatan pada area pori-pori karena langsung nampak pori-pori yang makin membesar.

Mungkin tidak ada kaitannya langsung dengan wajah kusam, tapi menurut saya begitu terlihat sedikit kesan bahwa area pori-pori ‘tersumbat’ maka langsung memberi kesan wajah tidak bersih dan kusam. Oleh karena itu, saya sangat terobsesi dengan pori-pori bersih. Dan masalah pori-pori bersih ini bukan hanya permasalahan eksklusif untuk mereka yang memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak. Saya, memiliki kulit kering dan ukuran pori-pori bisa dibilang normal. Tapi bukan berarti bebas komedo.

Oleh karena itu saya suka sekali dengan perawatan yang bisa membantu membersihkan pori-pori saya. Beberapa produk yang saya gunakan adalah:

  • Biore Pore Pack (Rp 11,200) - Kalau ini sih sudah tidak usah ditanya lagi. Pasti sudah pada familiar kan dengan produk ini? Nose strip ini dipakaikan pada area hidung dan bisa langsung mencabut komedo yang sudah mengeras dan agak besar-besar. Cukup dipakai sekali seminggu atau bila dirasa perlu, yaitu pada saat dilihat sudah mulai ada bintik hitam atau putih pada pori-pori.
  • Glamglow Supermud Clearing Treatment Saya suka sekali dengan produk ini karena mengandung Activated X Charcoal yang bisa mengekstrasi toksin dan sebum berlebih dari pori-pori sampai dengan 500 kali lipat. Hasilnya bisa dilihat langsung. Apabila memang pori-pori kita kotor makan akan ada titik-titik pada saat masker ini mengering. Biasanya kalau sedang merasa wajah kotor sekali, akan saya pakai di seluruh wajah. Tapi kalau memang hanya ingin membersihkan area yang ada pori-pori saja biasanya saya pakai hanya disekitar hidung dan pipi. Saya memakainya seminggu sekali atau kalau merasa hidung mulai gatal. Udara yang lembap dan cuaca yang berubah-ubah juga bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, dan pada saat seperti inilah biasanya saya akan menggunakan masker ini lebih sering.
  • Innisfree Super Volcanic Clay Mask – Nah produk yang satu ini sayang sekali belum dijual di Indonesia. Tapi banyak kok online shop yang menjualnya baik produk full size atau sekedar sample. Fungsinya sama seperti clay mask lainnya yaitu membersihkan pori-pori. Tapi masker ini tidak memberikan efek terlalu kering pada wajah seperti kebanyakan clay mask oleh karena itu saya lebih memilih memakai masker ini untuk pemakaian seluruh wajah. Jadinya saya bisa memakainya lebih sering ketimbang clay mask lainnya. Selain itu, begitu dibilas muka saya langsung terlihat lebih cerah karena efek membersihkannya.

 

Selanjutnya: Makeup juga bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dan tidak perlu ribet, loh! >>


6 Comments - Write a Comment

  1. Eh, Mal, si nose pack itu emang beneran ngaruh ya? Dulu zaman SMA suka pake ini, tapi kayanya nggak terlalu ngaruh. Ah, jadi mau cobain lagi deh!
    Highlighter itu gue belum berani makenya. Takut salah *halah*, hahaha…

  2. Sama, Lit.. gue juga dulu suka pake nose pack. Berasanya, sih, ga ada pengaruhnya, ya :D kalau pake scrub masih rutin sih dilakukan sampe sekarang. Nah, yang step ke 3 ini, deh, yang harus banyak belajar. Lah, wong bikin alis aja masih belum becus :D

Post Comment