banner-detik
MOMMIES TOOLS

3 Langkah Untuk Wajah Lebih Cerah

author

DesZeLL10 Apr 2014

3 Langkah Untuk Wajah Lebih Cerah

Setelah saya melahirkan, perubahan yang terbesar yang saya lihat pada kulit saya adalah kulit saya jadi kusam! Waktu hamil, sih, baik-baik saja. Sepertinya hormon sedang berbaik hati pada ibu hamil yang malas bukan main. Rasanya saya sudah pernah cerita yah, jangankan pakai skincare, mau mandi saja rasanya malas sekali. Jadi tidak heran, begitu hormon kembali lagi normal, kulit kusam tidak lekas pergi juga. Parahnya lagi, menyesuaikan jadwal tidur newborn yang sangat sporadik membuat kulit saya makin stres. But that was years ago. Sekarang, saya sudah punya jawabannya buat Mommies sekalian yang punya masalah kulit kusam - whether you're new mom or not.

1. Gunakan produk untuk eksfoliasi seminggu sekali

Pernah dengar produk skin resurfacer? Inti dari produk ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati seperti halnya yang dilakukan oleh scrub. Tapi scrub sebenarnya tidak begitu efektif karena hanya mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan. Sedangkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari eksfoliasi diperlukan eksfoliator berbasis kimia seperti AHA (alpha hydrocy acid seperti asam laktat dan glikolat) atau BHA (beta hydroxy acid atau lebih dikenal sebagai asam salisilat). Sel-sel kulit mati ini tidak semuanya bisa dibersihkan hanya dengan scrub, diperlukan semacam 'dorongan' agar sel kulit mati bisa memisahkan diri dari sel kulit yang masih sehat. Dengan membersihkan sel-sel kulit mati ini maka kulit sehat yang berada di lapisan bawahnya akan tersingkap dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat, cerah dan bahkan memberikan kesan kulit lebih putih.

 

Eksfoliasi ini juga tidak boleh sering-sering dilakukan. Cukup seminggu sekali saja untuk mendapatkkan hasil kulit lebih sehat bercahaya.

Produk-produk seperti Paula's Choice AHA dan BHA, Clinique Take The Day Off atau favorit editor Female Daily Pablohoney Sunday Riley Good Genes bisa menjadi pilihan.

 

Selanjutnya: Pori-pori bersih, langkah awal kulit terlihat lebih cerah! >>

2. Pastikan pori-pori bersih dari semua kotoran

Menurut saya bagian wajah yang paling menonjol adalah hidung. Wajar saja ya jadinya perempuan Indonesia terobsesi dengan hidung mancung? Nah, tapi selain hidung mancung satu lagi yang paling saya suka perhatikan: kebersihan hidung! Soalnya area ini adalah area yang biasanya menjadi sarang komedo, apalagi kalau sudah sampai menghitam, horor banget! Area ini pula yang paling terlihat kalau ada penyumbatan pada area pori-pori karena langsung nampak pori-pori yang makin membesar.

Mungkin tidak ada kaitannya langsung dengan wajah kusam, tapi menurut saya begitu terlihat sedikit kesan bahwa area pori-pori 'tersumbat' maka langsung memberi kesan wajah tidak bersih dan kusam. Oleh karena itu, saya sangat terobsesi dengan pori-pori bersih. Dan masalah pori-pori bersih ini bukan hanya permasalahan eksklusif untuk mereka yang memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak. Saya, memiliki kulit kering dan ukuran pori-pori bisa dibilang normal. Tapi bukan berarti bebas komedo.

Oleh karena itu saya suka sekali dengan perawatan yang bisa membantu membersihkan pori-pori saya. Beberapa produk yang saya gunakan adalah:

  • Biore Pore Pack (Rp 11,200) - Kalau ini sih sudah tidak usah ditanya lagi. Pasti sudah pada familiar kan dengan produk ini? Nose strip ini dipakaikan pada area hidung dan bisa langsung mencabut komedo yang sudah mengeras dan agak besar-besar. Cukup dipakai sekali seminggu atau bila dirasa perlu, yaitu pada saat dilihat sudah mulai ada bintik hitam atau putih pada pori-pori.
  • Glamglow Supermud Clearing Treatment Saya suka sekali dengan produk ini karena mengandung Activated X Charcoal yang bisa mengekstrasi toksin dan sebum berlebih dari pori-pori sampai dengan 500 kali lipat. Hasilnya bisa dilihat langsung. Apabila memang pori-pori kita kotor makan akan ada titik-titik pada saat masker ini mengering. Biasanya kalau sedang merasa wajah kotor sekali, akan saya pakai di seluruh wajah. Tapi kalau memang hanya ingin membersihkan area yang ada pori-pori saja biasanya saya pakai hanya disekitar hidung dan pipi. Saya memakainya seminggu sekali atau kalau merasa hidung mulai gatal. Udara yang lembap dan cuaca yang berubah-ubah juga bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, dan pada saat seperti inilah biasanya saya akan menggunakan masker ini lebih sering.
  • Innisfree Super Volcanic Clay Mask - Nah produk yang satu ini sayang sekali belum dijual di Indonesia. Tapi banyak kok online shop yang menjualnya baik produk full size atau sekedar sample. Fungsinya sama seperti clay mask lainnya yaitu membersihkan pori-pori. Tapi masker ini tidak memberikan efek terlalu kering pada wajah seperti kebanyakan clay mask oleh karena itu saya lebih memilih memakai masker ini untuk pemakaian seluruh wajah. Jadinya saya bisa memakainya lebih sering ketimbang clay mask lainnya. Selain itu, begitu dibilas muka saya langsung terlihat lebih cerah karena efek membersihkannya.
  •  

    Selanjutnya: Makeup juga bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dan tidak perlu ribet, loh! >>

    3. Highlighter cair

    Untuk wajah yang terlihat lebih cerah dan bersinar natural, triknya adalah menggunakan highlighter cair pada area-area yang ideal untuk menonjolkan kelebihan pada wajah kita. Seperti misalnya tulang pipi, sepanjang batang hidung, tulang alis dan bagian atas lekukan bibir. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca artikel ini. Yang paling saya suka adalah menggunakan highlighter cair di sudut dalam mata untuk menghilangkan kesan mata capek. Salah satu yang membuat wajah terlihat kusam adalah kesan area mata yang sayu dan capek. Jadi ini bisa menjadi solusi cepat mengatasi masalah tersebut selain memakai concealer.

    *gambar dari sini

    Dalam pemakaian highlighter cair, pemakaiannya adalah setelah menggunakan foundation dan sebelum menggunakan bedak. Apabila tidak menggunakan bedak, yang perlu diingat adalah produk ini harus dipakai sebelum menggunakan bedak. Karena akan susah dibaurkan apabila sudah menggunakan bedak.

    Produk-produk yang bisa dipakai adalah Benefit Watts Up dan Benefit High Beam.

    Nah, kalau Mommies sudah mempraktekan kiat-kiat yang saya bagi di atas, share ya pengalamannya di kotak komen di bawah. O, ya, kalau memang masih malas dengan perawatan kulit yang ditulis di nomor satu dan dua, coba dulu dengan menyempurnakan makeup Anda dengan memakai highlighter cair. Gampang kan?

    PAGES:

    Share Article

    author

    DesZeLL

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan