banner-detik
MOMMIES TOOLS

4 Cara Agar Lipstik Tahan Lama

author

DesZeLL02 Apr 2014

4 Cara Agar Lipstik Tahan Lama

Berasa tidak sih, semakin dewasa (ya, saya sengaja memilih kata tersebut :p) kita jadi semakin malas. Kalau dulu, rasanya saya semangat sekali berdandan. Mau pakai eyeshadow 5 warna juga saya jabanin. Tapi kalau sekarang, boro-boro deh. Rasanya saya malah memilih untuk tidur saja lebih lama di pagi hari ketimbang berlama-lama dandan di depan kaca. Kebiasaan dandan saya memang berubah seiring bertambahnya usia. Tapi ada lagi yang bikin saya malas: touch up lipstik! Bisa-bisa saya malah hanya memakai lipstik pada saat pergi ke kantor saja dan malas mengecek ulang apakah lipstik saya masih terlihat rapi atau tidak setelah beberapa waktu berlalu. Padahal sebenarnya lipstik adalah salah satu senjata praktis untuk terlihat lebih segar - selain blush on, tentunya.

Karena sudah hapal dengan kebiasaan malas touch up lipstik, maka akhirnya saya berusaha mencari solusi bagaimana caranya supaya lipstik tahan lama dan minimal saya tidak perlu sering-sering memulas ulang. Mahu tahu apa saja kiat-kiatnya? Simak yuk apa saja kiat-kiatnya after the jump!

 

Selanjutnya: Bibir lembap dan pemilihan warna lipstik langkah awal lipstik tahan lama >>

Image source: Istockphoto

1. Jaga kesehatan dan kelembapan bibir

Saya perhatikan, lipstik akan cepat luntur dan tidak rata kalau bibir kering dan pecah-pecah. Jadi jangan lupa, untuk selalu menjaga kesehatan bibir. Kalau kulit bibir sudah terasa banyak yang mengelupas, lakukan eksfoliasi ringan dengan menggunakan gula yang dicampur madu sedikit. Banyak juga yang menggunakan sikat gigi untuk membantu eksfoliasi, tapi saya sendiri lebih memilih campuran gula dan madu karena juga dapat memberikan kelembapan tambahan pada bibir. Dan sebelum memakai lipstik, jangan lupa menggunakan pelembap bibir agar bibir selalu terjaga kelembapannya. Dengan demikian, lipstik pun akan lebih mudah ratanya.

2. Pilihlah lipstik berwarna terang dan meninggalkan bekas warna di bibir

Lipstik berwarna terang akan memberikan kesan bertahan lebih lama di bibir. Padahal sih, sebenarnya sudah sedikit-sedikit luntur. Tapi coba bayangkan kalau kita memakai lipstik berwarna nude, luntur dikit, maka kita akan langsung terlihat tidak menggunakan lipstik sama sekali. Sedangkan kalau kita memakai lipstik merah contohnya, maka lipstik akan tetap terlihat merah walaupun tidak secerah pertama kali memakainya. Lipstik berwarna terang yang saya maksud di sini tidak harus melulu berwarna merah. Tapi bisa juga warna pink agak sedikit tua, tidak sampai harus warna shocking pink, kok!

Selain itu, ada beberapa jenis lipstik yang memang ketika luntur akan menginggalkan bekas warna di bibir atau staining. Nah, ini walaupun lipstiknya sudah tidak bersisa tapi kesannya masih ada sedikit warna cerah di bibir kita. Seperti misalnya lipstik Revlon Just Bitten atau YSL Glossy Stain.

 

Selanjutnya: Tidak cukup hanya satu lapis saja agar lipstik tahan lama! >>

3. Jangan menggunakan lipstik hanya satu lapis saja!

Ini dia kiat yang paling membantu membuat lipstik saya bertahan lama. Ternyata sekali pulasan saja tidak cukup! Setelah memulas lipstik pertama kalinya, ambil tisu dan blot lipstik Anda dengan menggunakan tisu dan memulas ulang lipstik. Terkadang malah saya bisa mengulang langkah ini 3 sampai 4 kali dan biasanya memang terlihat sekali bedanya, loh! Lipstik tidak mudah hilang.

4. Pilih lipstik matte

Kalau ini sih sudah bukan rahasia lagi, ya, kalau lipstik dengan tekstur matte akan lebih tahan lama di bibir karena tidak mudah nempel sana-sini. Jadi kalau memang benar-benar malas, ya pilih saja lipstik matte. Memang lipstik matte cenderung terasa lebih kering di bibir, oleh karena itu, kembali lagi untuk tidak lupa menggunakan pelembap untuk bibir.

Bagaimana kalau lipstik yang dipilih tidak matte? Pernah dengar trik menggunakan bedak di bibir? Setelah menggunakan lapisan pertama lipstik dan di-blot dengan tisu pertama kalinya, bubuhkan bedak tabur pada bibir tipis-tipis saja sebelum kemudian menambahkan satu lapis lagi lipstik. Saya paling suka kiat yang dituliskan oleh The Beauty Department ini dalam menggunakan bedak tabur supaya lipstik lebih tahan lama. Tapi jujur saja, saya kurang suka dengan trik ini karena bibir berasa "tebal".

Bagi Mommies yang sama malasnya memulas ulang lipstik seperti saya, jangan lupa mencoba trik yang saya sudah bagi di atas ya. Semoga bermanfaat :)

PAGES:

Share Article

author

DesZeLL

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan