banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Semua Tentang UHT

author

nenglita30 Sep 2013

Semua Tentang UHT

Saat pertama punya anak, selepas usia pemberian ASI  1 tahun, saya mulai bingung melihat aneka ragam jenis susu yang ditawarkan di pasar. Kenapa ada susu pertumbuhan, susu kental manis, susu UHT, susu pasteurisasi dan sebagainya.  Mana susu yang harus saya pilih? Saya rasa masih banyak Mommies yang mengalami kebingungan seperti  saya.

Saya bertanya kepada seorang pakar teknologi pangan yang menjabat sebagai Direktur SEAFAST IPB, Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi MSc. Beliau memberikan saya informasi sebagai berikut yang pasti akan berguna untuk Mommies..

*gambar dari sini

Kenapa susu harus diolah?

Mikroba akan cepat sekali berkembang biak pada makanan dan minuman apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia dengan suhu dan kelembaban udara yang tinggi. Oleh sebab itu proses pengolahan makanan sangat diperlukan dalam menjamin keamanan pangan dan memungkinkan distribusi produk sampai ke tangan konsumen di seluruh pelosok Indonesia. Pada susu, mikroba yang berkembang biak di dalamnya akan membuat susu sangat mudah basi atau rusak. Untuk menjaga kondisi susu tetap baik, susu perlu diolah dan salah satunya dengan proses pemanasan. Tujuan utama proses pemanasan adalah membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dan/atau penyebab kerusakan bahan pangan; sehingga produk menjadi lebih awet dan aman. Selain proses pemanasan untuk membuat susu menjadi steril, diperlukan juga proses pengemasan yang steril, yang dilakukan pada ruang steril, jadi produk yang dihasilkan adalah produk steril yang aman, berkualitas dan tetap terjaga kandungan gizinya .

Dalam hal produk susu cair, maka ada 3 jenis proses pengolahan yaitu susu yang diolah dengan teknologi pasteurisasi, Ultra High Temperature (UHT) dan sterilisasi konvensional. Apa bedanya?

Berikut gambarannya secara umum :

Nah, dari sekilas informasi tadi tentunya masih banyak hal yang Mommies ingin ketahui lebih jauh. Bagaimana memilih produk susu yang tepat untuk balita Mommies? Apakah susu UHT cocok untuk balita? Bagaimana kandungan gizi pada susu UHT ? Apakah susu UHT menggunakan pengawet? dan sebagainya. Kabar baiknya, Mommies akan bisa bertanya langsung kepada pakar teknologi pangan dari IPB Prof. Purwiyatno, pakar teknologi pangan dan dokter spesialis anak dari FKUI dr. Yoga Devaera SpA (K) di forum diskusi Female Daily selama beberapa minggu ke depan.

Kali ini topik diskusi kita akan mengulas tentang Mengenali Susu UHT untuk Balita. Bagi Mommies yang ingin berpartisipasi dalam diskusi ini, silahkan mengunjungi thread ini, ya.

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan