banner-detik
KINDERGARTEN

Buku: Ingin Jadi Apa Kau Nanti?

author

ketupatkartini09 Sep 2013

Buku: Ingin Jadi Apa Kau Nanti?

 

 

Ketika sedang membaca sebuah majalah, Akhtar menunjukkan pada saya ulasan singkat mengenai sebuah buku berjudul "Ingin Jadi Apa Kau Nanti". Menurutnya, ia tertarik dengan buku tersebut, karena membahas banyak profesi/cita-cita. Dan dia merasa pilihan cita-citanya baru ada 2 (hehehe... Lucu juga alasannya), jadi ingin melihat 'alternatif' lainnya :D

Ekspektasi kami, buku ini akan membahas banyak ragam profesi atau pekerjaan, terutama di masa sekarang yang tentu saja -untuk anak usia SD- pilihannya bukan hanya 'dokter, insinyur dan guru'. Mereka perlu mengetahui apa saja yang dikerjakan orang dewasa, dan melihat lebih jauh apakah ada yang menarik minatnya dan keingintahuannya lebih jauh.

Ternyata, isinya tidak benar-benar seperti yang kami harapkan. Buku setebal 220 halaman terbitan Gramedia ini lebih seperti buku cerita yang ditujukan untuk anak usia TK besar sampai SD awal. Ada 7 bab yang menceritakan 7 jenis profesi, sangat sedikit untuk buku setebal itu. Halamannya full color dengan ilustrasi cat air, semi abstrak. Tiap halamannya lebih banyak menampilkan gambar ilustrasi, dengan hanya sedikit (1 paragraf) teks.

 

 

 

7 profesi tersebut adalah dokter hewan, akuntan, polisi, ilmuwan, pemusik, pesulap dan penari es. Setiap bab profesi dikisahkan sebagai sebuah cerita pendek, dengan ilustrasi yang mendominasi tiap halamannya. Pada akhir setiap bab ada sedikit petikan wawancara dengan tokoh nyata yang menjalani profesi bersangkutan.

Hmm..sayang sekali, tidak seperti yang diharapkan oleh Akhtar. Tetapi bisa menjadi buku yang menarik untuk adiknya nanti. mudah-mudahan kami segera menemukan buku yang cocok seperti yang ia inginkan, berisi kompilasi profesi terkini dan proyeksi yang akan datang, dengan penyajian yang 'serius' ala anak pra-remaja dengan segala kecanggihan dan keingintahuannya. Adakah mommies yang bisa merekomendasikan buku lain seperti ini?

Oya, ternyata buku "Ingin Jadi Apa Kau Nanti" ini adalah terjemahan dari Korea. Luar biasa ya... bukan cuma kosmetik kita saja yang dibanjiri produk Korea, tapi buku anak juga!

Share Article

author

ketupatkartini

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan