banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Suka Duka Memiliki Anak Spesial

author

gracie melia09 Jul 2013

Suka Duka Memiliki Anak Spesial

Apa ada Mommies di sini yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus? Kalau ada, mari berpelukaaan ala Teletubbies dulu. Hihihi. Saya pernah bercerita bahwa 'anak saya  terinfeksi Rubella' atau nama kerennya Congenital Rubella Syndrome. Karena virus itu, anak saya, Ubii (1 tahun sekarang), motoriknya sangat terlambat dan terkena profound hearing loss sehingga sampai saat ini ia belum mampu mendengar. Motoriknya yang sangat delayed mengharuskan ia difisioterapi seminggu tiga kali selama satu jam. Dan, puji Tuhan, kini Ubii sudah lancar tengkurap sendiri walau kepalanya masih belum kokoh.

Jika ditanya apa berat memiliki anak yang spesial? Jawabannya pasti berat. Semua terkuras, baik itu biaya, waktu, tenaga, dan lain-lain.

Pertama, dari segi finansial. Saya sampai saat ini masih susah menabung karena semua penghasilan diutamakan untuk pengobatan Ubii. Kemudian dari segi waktu, rasanya 24 jam dalam sehari itu sangat kurang. Susah rasanya punya me time yang nyaman karena siang harus melatih motorik Ubii dan malam harus membawanya terapi, baru mengerjakan pekerjaan kami. Dari segi tenaga, jangan ditanya bagaimana letihnya. Mengurus rumah, bekerja, membawa Ubii terapi, dan melatih dia seharian di rumah itu kadang melelahkan. Tapi, tentu, harus dijalani dengan hati yang ikhlas bukan? :)

Ubii sedang fisioterapi

Hal-hal tersebut, selama ini masih bisa saya dan suami kesampingkan. Tapi ada satu hal lagi yang kalau boleh saya golongkan ke dalam golongan 'duka', yaitu adalah cara orang-orang menatap atau memperlakukan Ubii. Dari awal, tentunya saya sudah kenyang dengan tatapan heran orang terhadap Ubii yang secara fisik sangat tidak terlihat sebagai anak berusia satu tahun. Di tempat umum, misalnya, pertama kali mereka melihat Ubii, mereka memuji kelucuan Ubii. Namun, begitu mereka bertanya usia Ubii dan saya jawab satu tahun, mereka selalu tampak kaget, heran, dan tidak percaya kenapa anak satu tahun kok masih kecil sekali (Ubii saat ini masih 6 kg) dan masih digendong ala bayi.

Saya sadar bahwa itu tidak bisa dihindari dan saya harus berpikiran positif. Tapi ada kalanya kami letih menjelaskan dan letih menanggapi tatapan heran orang *tarik napas dulu* Kemudian dari cara orang lain memperlakukan (baca: membedakan) anak kita dengan anak yang normal dan sehat. Hal ini misalnya anggota keluarga atau tetangga atau pembantu rumah tangga yang terlihat lebih sayang dan lebih bersemangat bermain dengan sepupu anak kita yang normal dan sehat. Clearly, we know that is inevitable. Tapi, sebagai seorang ibu, tentu tetap ada sekelibat perasaan sedih melihat Ubii 'dibedakan'. Rasanya saya ingin berteriak "Hei, lihat saja, suatu saat nanti Ubii akan tunjukkan kalau ia punya banyak hal yang bisa dibanggakan' dan lain sebagainya.

Cerita saya ini bukan ajang mengeluh, kok, hehehe. Saya senang sekali karena ternyata banyak hal yang bisa digolongkan di kategori 'suka.'

Pertama, dengan Ubii yang spesial, saya dan suami jadi jauh lebih bersyukur untuk apa pun. Kami tidak lagi jadi orang tua yang memberi target pada anak untuk bisa melakukan A atau B atau C di usia sekian. Kedua, hubungan saya dan suami pun menjadi lebih solid dan kompak karena kami yakin bahwa Ubii membutuhkan kami berdua. Akhirnya kekompakan itu datang dengan sendirinya (padahal dulu sih sering berantem galau, hihihi). Kemudian, suami saya menjadi suami sigap dan siaga. Ia tidak segan turun tangan mengurus Ubii. Percaya tidak percaya, bahkan dia lebih khatam memandikan, menyuapi, meninabobokan, dan meminumkan obat Ubii daripada pembantu rumah tangga atau neneknya. Untuk ini saya sangat bersyukur.

Lalu, kami jadi lebih ada untuk Ubii. Kami jadi lebih menghargai waktu kebersamaan kami dengan Ubii, meghargai waktu di mana ia sedang ceria dan aktif, dan lain-lain. Semua perkembangan dan kemajuan Ubii, sampai saat ini, masih saya dan suami yang jadi saksi pertamanya. Dan untuk itu, saya sangat bersyukur.

Tentu ada masa di mana kami letih, jenuh, dan butuh refreshing. Di waktu-waktu yang memungkinkan dan budget 'senang-senang' ada, kami menitipkan Ubii di rumah neneknya dan kami pergi nonton atau ngopi-ngopi atau makan di luar. Dua sampai tiga jam di luar rasanya sangat berharga. Kami kembali dengan segar dan siap untuk mengurus Ubii lagi. Jika sedang pailit, pilihan kami ada dua. Satu, pergi ke warnet yang memiliki koleksi film yang lengkap, mendownload beberapa film, dan membeli camilan. Kami tunggu sampai Ubii tidur dan malamnya kami ber-movie night sampai pagi (terus besok paginya bangun kesiangan, hihihi). Kedua, kami meminjam komik yang kami sukai dan membaca komik tersebut di kamar. Hal sesederhana itu rasanya mewah buat kami dan sejauh ini hal tersebut lebih dari cukup.

Bagaimana dengan Mommies? Apa ada yang memiliki anak yang spesial juga? Jika ya, apa suka dukanya? Dan bagaimana cara Mommies menyenangkan diri saat letih dan jenuh? Jika ada masukan untuk kami, saya akan sangat senang sekali. Jika Mommies yang merasakan duka kategori duka saya, kita saling memberi pukpuk ya, hihihi.

Tetap semangat yuk, you'll never know how strong you are until being strong is the only choice you've got.

*thumbnail dari sini

Share Article

author

gracie melia

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan