banner-detik
SCHOOL REVIEW

Serunya Sekolah Alam Kandank Jurank Doank

author

adiesty16 Apr 2013

Serunya Sekolah Alam Kandank Jurank Doank

Dari dulu saya sudah bercita-cita menyekolahkan Bumi di sekolah alam. Alasannya? Selain tampaknya seru dan jauh dari kesan membosankan, tentu saya dan suami  tertarik dengan metode yang diterapkan. Lebih menjaga keseimbangan hidup dengan mendekatkan diri dan peduli pada alam. Dan yang nggak kalah pentingnya lagi, sekolah alam ini juga menekankan aspek akhlak, budi pekerti, dan kepemimpinan.

Ya, orang tua mana, sih, yang nggak mau punya anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Pendidikan yang baik dan sesuai dengan karakter si anak, tentu akan membantu  menumbuhkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Saya pun makin getol setelah mengikuti thread sekolah alam yang ada di forum Mommies Daily. Lewat hasil review yang saya baca, semua Mommies banyak yang puas dengan metode yang diterapkan karena melihat perkembangan dari anak-anaknya.

Selain itu, saya pun melihat Bumi sangat senang dengan aktivitas outdoor, sesuatu yang bersentuhan dengan alam. Contoh kecil dan yang paling sering saya lihat, Bumi itu senang sekali ikutan Enin dan Aki-nya bercocok tanam. Padahal, saya sendiri paling males kalau berurusan dengan kebun, hehehehe. Jadi, siapa tahu Bumi memang cocok sekolah di sekolah alam.

Berhubung tahun ini Bumi sudah berusia 3 tahun, dan sering minta sekolah, maka rencananya di tahun ajaran baru ini saya ingin daftarkan di taman bermain. Saya dan suami  pun sudah mulai survei ke sana- sini mengunjungi beberapa sekolah alam yang lokasinya nggak jauh dari rumah di bilangan Lebak Bulus.

Untuk meyakinkan apakah Bumi akan benar-benar enjoy masuk di sekolah alam, Sabtu lalu saya pun mengajaknya ke Kandank Jurank Doank. Yah, hitung-hitung untuk trial juga :D. Tempat yang didirikan oleh musisi Dik Doang ini merupakan sekolah alam non-formal yang memperbolehkan siapapun untuk ikut bergabung. Dan, GRATIS, loh!

Di KJD ada beberapa materi yang bisa didapat, mulai dari pelajaran menggambar, menari, musik, paduan suara, olah raga, pengetahuan umum, sampai multimedia. Jadwal belajarnya ini dilakukan setiap hari. Sedangkan untuk usia toddler seperti Bumi, kelas dilakukan pada hari Minggu mulai jam 8 pagi.

Sayangnya, saya salah memilih hari saat berkunjung ke sana, hikss..... cita-cita mengajak Bumi untuk mengambar dan menari pun bubar jalan. Padahal, kalau saya datang hari Minggu, Bumi bisa ikut beberapa kegiatan yang langsung dimentori oleh Dik Doank. Ternyata kegiatan menggambar ini juga merupakan sebagai sarana seleksi untuk bisa masuk dan belajar di KJD. Jadi kalau 'lulus' seleksi, anak-anak bisa memilih program gratis lainnya sesuai minat masing-masing.

Meskipun begitu, Bumi terlihat menikmati bersama sepupunya, Icha dan Nurul. Selain melihat banyak kakak-kakak yang sedang latihan menyanyi, Bumi juga sangat menikmati hijaunya pemandangan di sana, termasuk main lari-larian. Nggak kehitung, deh, berapa kali Bumi jatuh :D

Beberapa siswa dan siswi KJD sedang latihan vokal

 

Bersama kedua sepupunya di salah satu area yang dekat hamparan sawah

Sarana di sini juga cukup lengkap, lho.  Mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sawah sampai flying fox. Di hari-hari tertentu banyak juga sekolah-sekolah dasar yang mengadakan outbond di sini. Rupanya, kegiatan outbond yang dilakukan sekolah dasar ini merupakan subsidi silang untuk perawatan dan membiayai kegiatan lainnya.

Setidaknya dengan mengajak Bumi main ke Kandank Jurank Doank, saya jadi bisa mengetahui bahwa Bumi memang sangat nikmati aktivitas yang menyatu dengan alam dan bermandikan hangatnya cahaya matahari. Bahkan, Bumi sempat bertanya pada saya, “Bu, kok Bumi nggak jadi gambar dan main di sawah?”

Hehehe, rupanya kata-kata saya saat mengajaknya ke KJD masih nempel dibenaknya. Saat di rumah saya memang bilang kalau nanti di KJD banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Salah satunya, ya, main di sawah :D

Untuk ‘membayar’ kegagalan main di sawah kemarin, rencananya, sih, dalam waktu dekat saya akan kembali mengajak Bumi datang ke KJD. Apa ada Mommies yang berminat ikutan juga? Yuk, sama-sama ke sana.

Alamat:

Komplek Pondok Sawah Indah blok Q no.14 Ciputat, Tangerang Selatan 15413

Telp: (021) 74631934

e-Mail: kjd.office@gmail.com

www.kandankjurank.com

 

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan