banner-detik
MARRIAGE

Tentang Cincin Kawin

author

sazqueen13 Mar 2013

Tentang Cincin Kawin

Setelah menikah, banyak sekali orang yang menanyakan keberadaan cincin kawin di tangan saya maupun suami. "Mana cincinnya? Kok nggak dipakai?" Begitu kira-kira bunyinya, apalagi waktu itu saya masih bekerja di sebuah majalah gaya hidup di Jakarta, stereotype yang ada kan jika sudah menikah, ya, pakai cincin kawin.

Lalu kemana cincin kawin saya? Ada, dipakai setelah akad nikah untuk kebutuhan dokumentasi dan memenuhi permintaan keluarga besar. Kata mereka "Aneh banget sih, masa' nggak pakai cincin kawin?" Jadi daripada menambah tingkat stress CPW, lebih baik di-iya-kan saja. Sekarang si cincin disimpan bersama perhiasan lainnya di tempat yang aman :)

IMG_3581Pose standar setelah beres akad nikah *LOL*

Soal cincin kawin ini sudah menjadi kesepakatan saya dan Rino. Saya tidak suka melihat laki-laki memakai perhiasan, cukup jam tangan saja. Kemudian saya mencari referensi soal cincin kawin dalam aturan agama yang saya anut. Ternyata saya tidak menemukan satu ayatpun yang mengatur soal cincin kawin, saya hanya menemukan aturan soal mas kawin yang isinya bukan tentang cincin kawin melainkan mahar untuk mempelai wanita (correct me if I'm wrong, please). Lagipula di agama kamipun, laki-laki dilarang memakai perhiasan emas kuning. Jadi boleh ya kalau putih? Saya tidak tahu, jadi saya tidak mau gambling dan Rino pun sepakat soal tidak memakai cincin setelah menikah. Jadi akhirnya kami memutuskan, cincin kawin ini dimasukkan sebagai mas kawin beserta seperangkat alat shalat, dan kemudian memang disimpan oleh saya si pemilik mas kawin.

Aneh nggak, sih, sudah menikah tapi tidak memakai cincin? Saya sama Rino rasanya biasa saja. Namun memang ketika honeymoon, resepsionis hotel sibuk ngeliatin atas bawah. Ketika mau cek pra kehamilan, admission rumah sakit pun melihat aneh ke jari manis saya yang polos. Ketika bertemu beberapa teman lama, pertanyaan "Kok nggak pakai cincin, sih?" juga sempat terlontar. Saya biasa saja, sih, tidak ada rasa kesal atau apapun, menjawab pun cukup dengan "Ada, disimpan saja, takut hilang!" Dan jawaban ini cukup memuaskan hati karena rata-rata yang bertanya cukup kenal dengan pribadi saya yang selebor soal printilan.

Sesekali, saya suka memakai cincin tersebut sebagai asesoris, kok! Biasanya saya pakai ketika menghadiri acara resmi. Tapi, ya, itu tadi, hanya saya sendiri saja yang pakai, tangan suami sih, tetap polos. Tentang si cincin, biarlah kami merasa terikat tanpa perlu tanda pengikat di jari manis. Tidak perlu merasa repot menjawab hal-hal yang dianggap tidak biasa, toh yang menjalani pernikahan itu si suami dan si istri. Orang lain hanya melihat dari 'luar jendela'. ;)

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan