banner-detik
LOVE ACTUALLY

What's Your Lullaby?

author

ketupatkartini21 Jan 2013

What's Your Lullaby?

Punya bayi dan balita, menyanyi lagu pengantar tidur itu...seperti refleks. Otomatis. Dan mungkin yang paling sering didengar oleh bayi balita di Indonesia, tidak lain dan tidak bukan, lagu Ninabobo (yang kalo tidak bobo digigit nyamuk :D). Saya sampai bingung, kata ninabobo sendiri artinya adalah pengantar tidur. Jadi biar membedakan, lagu pengantar tidur saya istilahkan dengan lullaby, ya.

Hmm, tapi kadang bosan sendiri, nyanyi lagu Ninabobo terus. (Padahal Si Bayi yang dengerin mungkin senang-senang saja :). O, ya, dan semakin banyak yang menyadari, lagu pengantar tidur itu mengandung 'afirmasi' juga, yang akan disimpan dalam otak bawah sadarnya. Jadi kita mulai mencari lagu-lagu lain, bahkan nggak sedikit yang mereka-reka lagu sendiri saat menidurkan anaknya.

 

Sewaktu kecil, Bapak dan Ibu saya banyaaak... sekali menyanyikan lagu pengantar tidur, dan saya pikir mereka hebat, karena lullaby-nya macam-macam, dan kreatif. Bapak, suka menyanyikan lagu Jawa, yang sampai sekarang saya masih hafal liriknya, walaupun dicari di Youtube saja sudah tidak ada. Misal lagu "kae, bulan'e ndadari, koyo..ndas buto nggilani". Sedangkan Ibu, dari beberapa lullaby, ada 1 yang sangat berkesan, dan entah kenapa, tiba-tiba saja saat anak pertama saya dulu masih bayi, saya refleks menyanyikannya.

Nah, yang bikin surprise, suami langsung bengong. "Itu lagu apa?" Saya pun nggak kalah bengong, "Loh, nggak tau lagu ini?" (Saya pikir, ini lagu sudah umum, karena berbahasa Indonesia). Liriknya begini, "cemara pohon ramping, daunnya halus ramping. Bergerak-gerak, kian kemari, seperti tangan, penari." Entah kenapa saya sukaaaa sekali menyanyikan lullaby ini, rasanya damaiii...

Tahun demi tahun berlalu, saya iseng tanya ke teman-teman, adakah yang tau lagu cemara tadi? Ternyata, tidak ada lho! Nah, jadi Ibu saya tau darimana? Ternyata, itu lagunya Tasya, penyanyi cilik itu. Luar biasa lagu anak-anak jaman dulu ya..

Anyway...bernostalgia tentang lullaby ini membuat hati tentram, dan bikin senyum-senyum sendiri. Saya pernah ngetwit, apa lullaby-mu. Teman saya ada yang suka menyanyikan lagu semasa SMA dulu, yang memang nadanya ringan, menghanyutkan dan maknanya luar biasa.

Dipikir-pikir, rasanya lullaby dalam Bahasa Indonesia itu sedikit sekali, lho, dibanding dengan yang berbahasa Inggris, atau bahasa Jawa.

Jadii...ada yg ingin berbagi lullaby-nya di sini? :)

Share Article

author

ketupatkartini

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan