banner-detik
PREGNANCY

Kena Rubella Saat Hamil

author

Mommies Daily18 Apr 2012

Kena Rubella Saat Hamil

Dear dr. Indra,

Saya sedang hamil 11 minggu, seminggu yang lalu (usia kehamilan 10 minggu) saya terkena rubela (bercak-bercak merah sekujur tubuh) setelah bercak hilang, saya langsung cek darah dan hasilnya IgG post 63, IgM post 8.

Saya sudah ke dokter kandungan di kota saya (Jember, Jawa Timur) dan dokter menyarankan tidak meneruskan kehamilan, mumpung masih kecil.

*gambar dari sini

Saya cenderung mempertahankan, tapi disini tidak ada yang bisa memberikan terapi. Saya butuh info tentang terapi rubela tersebut, bisa saya dapatkan dimana? Kalau bisa Jakarta/ Jogjakarta, karena kalau ada saya berpikir untuk pindah ke dua kota tersebut.

Terimakasih,

Henny

Hai Henny,

Memang Rubella adalah infeksi yang paling berbahaya untuk kehamilan terutama pada fase organogenesis (trimester 1). Dari kepustakaan dilaporkan hampir 90% bayi dengan infeksi Rubella akut bisa mendapatkan gangguan dikemudian hari. Contohnya kelainan jantung, Pendengaran terganggu, kebutaan dll.

Tapi apabila ibu tetap ingin meneruskan kehamilannya, itu pun menjadi hak penuh pasien. Untuk terapinya biasanya dapat diberikan anti viral selama 2 minggu. Selang 2 minggu diulang untuk 3x, sambil memonitor titer IgM dari RubellA. Untuk obatnya sendiri ada di mana saja kok, termasuk di Jember.

Demikian penjelasan dari saya mudah-mudahanan Ibu puas.

Salam, dr. Indra

 

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan