banner-detik
YUMMY MOMMIES

Mommiespreneur: Dari Katering, Clodi Sampai Party Planner

author

Hanzky14 Apr 2011

Mommiespreneur: Dari Katering, Clodi Sampai Party Planner

 

Akhir Maret lalu, Mommies Daily diundang oleh majalah Femina untuk menghadiri “Power Lunch Wanita Wirausaha Femina”. Di acara tersebut hadir para pemenang dan finalis dari lomba Wanita Wirausaha Femina beserta pembicara yang terdiri dari wanita-wanita hebat seperti Ibu Martha Tilaar dan Anne Avantie. Mereka bercerita tentang pengalamannya membangun bisnis, dan tentu saja, kami sigap untuk meneruskan tip dan wejangan mereka ke Twitter untuk dinikmati oleh pembaca Mommies Daily. Ternyata karena banyak anggota forum Mommies Daily yang berwirausaha (dan sedang berpikir untuk berhenti bekerja), mereka menyambut topik ini dengan antusias. Waktu itu kami lontarkan ide untuk membuat acara dengan tema “Mommiespreneur”.

Nah, karena acara tersebut belum bisa direalisasikan, kali ini kami mau menampilkan beberapa mommiespreneur yang berjaya lewat bisnis online. Siapa tahu bisa menginspirasi Mommies. Mereka adalah Mariza Navratilova, pemilik http://www.metalmomshop, sebuah online shop yang menyediakan barang-barang bayi terutama clodi. Awalnya, Metalmomshop ini memang reseller clodi tapi Icha, begitu panggilan akrabnya, kemudian memutuskan untuk mengeluarkan label clodi sendiri. Mommiespreneur kedua adalah kakak beradik Neura Azzahra & Nandra Janniata dari http://www.bebitang.com, katering sehat untuk bayi dan balita. Kemudian juga ada Junita Najoan dari http://kinderplays.blogspot.com yang bermula dari penyewaan mainan sampai kini merambah ke dunia party planner.

Simak yuk penuturan mereka ...

Cerita dong awal mula membuat bisnis?

Metalmomshop: Sebelum mempunyai Metalmomshop, saya bekerja sebagai arsitek di sebuah perusahaan. Awalnya berhenti bekerja karena menikah kemudian memutuskan untuk membuat Metalmomshop. Karena jatuh cinta dengan seluk beluk clodi akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat merek sendiri. Dengan bikin produk sendiri, kita bisa menentukan model, desain yang tepat sesuai keinginan kita serta lebih bebas dalam berkreasi karena beberapa produk kan ada plus dan minusnya. Harapan saya adalah menciptakan clodi yang mendekati sempurna dan tentu saja terjangkau untuk semua pelanggan.

Bebitang: Sampai saat ini saya (Nandra) masih bekerja kantoran dan kakak saya saat memulai usaha ini adalah seorang stay at home mom. Alasan tersebutlah yang membuat kami berani melangkah, karena dengan kakak saya yang tidak bekerja otomatis akan lebih fokus pada usaha ini.

Kinderplay: Sebelum menikah saya bekerja di Rumours, salah satu toko fashion

retail di Plaza Senayan dan Plaza Indonesia. Setelah berniat menikah saya memilih untuk mengajar di LaSalle International School, mengajar kelas Fashion History. Bekerja paruh waktu adalah jawaban buat saya yang tidak mau terlalu stres dalam bekerja kantoran, terikat dengan waktu, dan bertemu anak di sisa waktu tersebut. Apalagi dulu kerja saya ngga tentu, kadang bisa sampai pukul 22.00. Ini jelas tidak sesuai dengan keinginan saya yang mau meluangkan waktu untuk anak.

Apa alasan utama untuk memilih bidang yang ditekuni?

Metalmomshop: Saya sempat bermasalah dengan popok kain biasa (bayi kan kerjaannya pipis mulu tuh), bocor sana sini. Saya akhirnya mencari tahu bagaimana caranya supaya pekerjaan mengurus pipis anak jadi lebih ringan (tidak repot harus berulang kali ganti baju dan ganti celana anak tiap 15 menit sekali). Akhirnya saya menjadi sedikit terobsesi gitu dan kalau kata orang kan jadikan sesuatu yang Anda sukai sebagai lahan bisnis. Syukur-syukur dari pengalaman sama anak sendiri, bisa di-share ke ibu-ibu lain. Dan Insya Allah 2-3 bulan ke depan saya akan meluncurkan baju hamil dan menyusui dalam ukuran tidak biasa alias big size. Lagi-lagi ini karena terobsesi mencari baju hamil dan menyusui yang pas untuk wanita berukuran plus itu susah sekali.

Bebitang: Sebagai ibu bekerja (di kantor), mendapatkan cuti di saat ART tidak ada kadang terasa sulit … apalagi saya ingin memberikan makanan dari bahan alami pada anak saya. Kebetulan banget kakak saya punya passion di bidang masak, kami pun sepakat untuk memulai usaha katering. Memang sih bisnis bertema itu sedang menjamur tapi katering anak yang mengusung prinsip makanan sehat tanpa bahan pengawet dan penguat rasa belum banyak. Misi kami sederhana: membantu para ibu (khususnya ibu bekerja) yang tidak sempat menyiapkan makanan sehat untuk buah hatinya. Zaman boleh serba instan tapi jangan sampai makanan anak diberikan yang instan.

Kinderplays: Usaha Kinderplays ini sebenernya dimulai dari penyewaan mainan, aktivitas ibu-anak, lalu merambah ke dunia party planner. Anak dan hobi, kedua hal itulah yang membuat saya tertarik menekuni bisnis ini. Mereka adalah sumber inspirasi saya. Keinginan saya adalah membuat masa kecil anak dilalui dengan hal yang menyenangkan, sehingga mereka bisa menjadi manusia yang mempunyai sifat periang, positif, serta kreatif. Menurut saya, mainan adalah bentuk investasi. Mainan itu harus bersifat edukatif dan aman. Oleh karena itu kebanyakan mainan KINDERPLAYS mengutamakan kualitas dan pendidikan. Happy kids are the best investment. Anak yang periang dan positif tidak mudah stres serta bisa melihat sisi yang baik daripada yang buruk dalam suatu masalah. Berpikir kreatif juga mengasah anak untuk mengatasi masalah mereka lebih cerdik di kemudian hari. Itu hanya teori yang saya buat sendiri, dan mengikuti kata hati saya. Awalnya KINDERPLAYS party planner dibuat pada saat saya merayaan ulang tahun anak saya, lalu iseng-iseng kirim ke party blog yang ternyata disukai oleh blogger Amerika. Mungkin dari situ saya mulai yakin untuk membuat

satu acara pesta ulang tahun untuk anak saya dan setelah itu tawaran berdatangan. Ini berawal sekitar September 2010 lalu.

Boleh share berapa kira-kira modal awal saat memulai bisnis dan berapa omzetnya?

Metalmomshop: Untuk modal awal reseller sih sekitar Rp 800,000 tapi untuk bikin label sendiri butuh sekitar Rp 30,000,000. Laba bersih: Rp 6,000,000 – Rp 15,000,000  per bulan (tergantung tingkat kerajinan).

Bebitang: Modal awal Rp 3,000,000. Omset sekarang Rp 2,000,000 – Rp 3,000,000 per bulan

Kinderplays: Modalnya: mempunyai partner yang kompeten dan bisa dipercaya. Omzetnya cukup untuk merealisasikan impian saya selanjutnya :P, hehehe.

Katanya berwirausaha mengizinkan kita untuk mempunyai waktu lebih untuk si kecil. Setuju nggak dengan kalimat tersebut?

Metalmomshop: Benar sekali, dengan mommiespreneur ini sebenarnya kita bisa lebih fleksibel mengatur waktu antara kerja dan keluarga. Harus pintar bagi waktu deh, karena walaupun kerja dari rumah, kalau tidak disiplin, bisnis dan keluarga bisa jadi bentrok. Pernah kejadian, karena sibuk mengurus dagangan (ada sedikit masalah) selama beberapa hari berturut-turut, anak jadi sedikit kurang diperhatikan dan suami juga sempat protes. Jadi walau kerja di rumah, tetap harus bisa mengatur waktu. Kalau tidak ya jatuhnya sama aja. Enaknya adalah kita bisa kerja sambil memantau anak, jadi kita tetap bisa tau perkembangannya di depan mata. Kalau kangen juga bisa langsung peluk-peluk :). Kerja jalan terus, pemasukan ada, anak pun tetap bisa terus nempel :). (asal pintar mengatur waktu ya). Pernah saking sibuknya, anakku digotong-gotong muterin Jakarta ikut nawarin dagangan. Hehe.

Bebitang: Untuk katering ini, karena bisa dikelola dari rumah, memang memberikan kami waktu yang lebih fleksibel. Karena rush hour-nya terukur.

Kinderplays: Kalau sudah berbisnis berarti kita juga sudah commit dengan sesuatu, sama dengan dunia kerja. Jadi ada kalanya kita memang harus profesional. Terutama dengan pelanggan. Yang sudah kita janjikan, lakukan dengan maksimal. Kalau dibanding dengan kerja kantor yang waktunya pasti yah dalam wirausaha waktunya jelas lebih fleksibel. Dan kita sendiri yang pegang kendali. Jadi keputusan untuk mengambil order atau bermain dengan anak itu sepenuhnya dari diri kita sendiri. Nah, apa yang profesional? Saat saya di lapangan, saya tidak membawa anak, walaupun kerjaan harus dilakukan saat akhir minggu sekalipun. Saya tetap harus konsentrasi dengan kerjaan, tidak bisa beralasan “Duh anak lagi rewel”. Jadi anak saya titip dulu, walau pulangnya kangen abis abisan :). Solusinya? Banyak bermain dengan mereka di hari-hari biasa.

Saran untuk para mommies yang ingin berwirausaha?

Metalmomshop:

1. Tentukan mau berusaha di bidang apa? Kalau bisa sih yang kita sukai. Jangan ikut-ikutanan menjual suatu barang karena alasan menguntungkan. Tapi jual karena kita memang menguasai dan cinta produk itu. (contoh: jualan tas dan sepatu kerena merasa titisan Carrie Bradshaw).

2. Usaha itu nggak bisa setengah-setengah, butuh totalitas. Jadi kalau ingin terjun usaha, harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa bikin jantungan (contoh dibajak, saingan usaha, disikut kanan-kiri). Jangan cepat menyerah dan putus asa, harus kreatif (bukan menjiplak), selalu original, kalau bisa jangan berpikir bagaiman caranya mendapatkan untung besar dalam waktu singkat. Rintis dari yang kecil, sampai berbuah besar.

3. Bagi ibu yang bekerja: sebelum berhenti, buat perencanaan detail. Kalau ingin bikin  produk sendiri, cari sumber bahan bakunya, biaya produksi, teknik pemasaran dengan lengkap. Semuanya dengan detail. Mulai jalankan pelan-pelan, kalau prospek sudah bagus (hitungannya 2-3 tahun ke depan ya), pemasukan sudah mulai jelas … bisa mulai say good bye dengan pekerjaan sebagai karyawan. Tapi ingat, saat Anda memasuki dunia usaha, tidak ada penghasilan tetap. Jadi mungkin bisa naik-turun sesuai kondisi pasar. Harus pintar mencermati pengeluaran.

4. Selalu yakin :) dan lakukan wirausaha untuk ibadah. Usaha dari rumah sambil dekat buah hati itu menyenangkan lho.

Bebitang: Harus kreatif,  nggak masalah kalau mengikuti bidang usaha yang sudah ada, tapi tetap harus punya sesuatu yang unik, yang bisa dijadikan ciri khas (keunggulan) produk kita, dan harus pinter-pinter lihat peluang, karena kebutuhan manusia sangat beragam.

Kinderplays: Follow your dreams, do it with passion and goodwill. Jangan lupa untuk menyertakan niat baik dan juga kejujuran. Insya Allah semuanya berjalan dengan ditambah doa. Berpikir kreatif juga penting untuk membuat bisnis kita berbeda dari yang lain. Carilah sesuatu yang baru dan bisa merepresentasikan jiwa Anda, jadikan karya unik. Saya memang menunggu masa sampai anak anak cukup besar saat membuka usaha ini. Keinginan untuk berbisnis kreatif sudah ada sejak saya berhenti kerja kantoran, tapi saya yakin untuk tidak melewati masa-masa emas anak. Too good to be missed.

Nantikan Mommiespreneur edisi selanjutnya, ya, Mommies :)

 

Share Article

author

Hanzky

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan