banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Reward Chart Kenzie

author

Mommies Daily10 Mar 2011

Reward Chart Kenzie

Saat Kenzie menginjak usia 2 tahun, saya sudah membiasakannya dengan konsep reward dan punishment. Jika Kenzie melanggar aturan yang kami buat di rumah, Kenzie akan kena time-out. Sebaliknya, jika ia berkelakuan manis, kami tidak sungkan untuk memberikan reward baik berupa acungan jempol, ciuman atau pelukan.

Belakangan Kenzie suka dengan film Oso, seekor beruang yang menjadi agen untuk membantu anak-anak melakukan hal-hal yang baik. Setelah semua tugas dapat terlaksana, sang agen mendapatkan sebuah medali. Lalu kami pun sering "bermain peran". Kenzie sebagai seorang agen yang akan menuntaskan sebuah misi, misalnya saat ia belajar pakai celana sendiri, lalu kemudian setelah berhasil, Kenzie bilang "Kenzie mendapatkan medali memakai celana".

Terinspirasi dari situ, saya mempunyai ide untuk membuat papan kebaikan alias reward chart.

Namun, konsep reward chart yang saya buat sekarang ini sebenernya lebih sebagai papan laporan harian Kenzie dari nanny-nya. Lewat papan ini, saya bisa tau keseharian Kenzie saat saya tinggal ke kantor. Terutama bagaimana makan dan tidur siangnya. Mengapa saya labih menitik beratkan kepada dua hal itu? Karena Kenzie lagi dalam masa terrible twos, kalo ada yang kurang pas di dirinya bisa keluar tantrumnya. Sejauh ini saya yakin tantrum paling umum dapat dihindari dengan anak cukup dan tidak telat jam makan serta istirahatnya.

Karena Kenzie suka ikan dan teman-temannya di dunia laut, Jadi saya bikinlah reward chart ini dengan judul “dunia bawah laut”. Konsepnya sederhana jika dalam 1 minggu Kenzie berhasil mengumpulkan 10 ikan Paus, saat akhir pekan nanti Kenzie akan diajak berenang. Dan nilai untuk setiap ikan berbeda, jika Kenzie makannya nambah dan cepat (karena Kenzie biasa ngemut makanan) Kenzie dapat ikan Paus. Kalau makannya biasa cukup ikan cucut saja, tapi kalau Kenzie nggak mau makan atau tidur siang kurang dari 1 jam, dapetnya tulang ikan saja.

Kenzie sudah cukup ngerti dengan konsep reward ini, dia bilang “Kenzie nggak mau ikan cucut Ma, kalo tulang ikan kan makanan kucing” :p hihiiii…

Semoga papan kelakuan baik ini bisa jadi pemicu kelakuan baiknya kelak, amin...

*Dikirim oleh Nandra Janniata (@nandraa), ibu dari Kenzie Maliq Nayzuko (2 tahun)

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan