banner-detik
SELF

Apakah Keputihan Pada Saat Hamil Berbahaya?

author

Mommies Daily02 Nov 2010

Apakah Keputihan Pada Saat Hamil Berbahaya?

Hi Dokter Indra,

Saya saat ini sedang hamil 32 minggu. Sewaktu belum hamil, saya beberapa kali mengalami keputihan tapi jarang. Menginjak kehamilan minggu ke 28 atau bulan ke 7, saya mengalami keputihan yang makin banyak. Saya takut berbahaya bagi janin sekarang dan pada saat kelahiran bayi nanti. Apakah saya harus ke dokter untuk konsultasikan mengenai hal ini.

Apa yang bisa di sarankan kepada saya?

Terima kasih.

-Fauziah Sartika

Dear Fauziah,

Prose kehamilan dapat memicu terjadinya sekret vagina yang berlebih akibat peningkatan hormon Estrogen dan hormon lain pada saat hamil.

Peningkatan hormon Estrogen diperlukan agar mulut rahim perlu mencapai kematangan pada tingkat tertentu. Makin tua kehamilan maka sekret tersebut akan meningkat dan pada saatnya nanti mulut rahim yg sudah matang tadi akan mempermudah proses persalinan.

Tentu pada saat pemeriksaan kehamilan kedokter sebaiknya diutarakan keluhan ini, agar dokter dapat menditeksi ada tidaknya infeksi didaerah genital luar. Karena infeksi didaerah genital luar (vagina atau mulut rahim ) dapat memicu terjadinya ketuban pecah, dan bisa terjadi prematuritas atau infeksi dalam rongga ketuban.

Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi pada ibu dan janin didalamnya. Amin.

Salam Dr. Indrawati Dardiri

PAGES:

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan