banner-detik
PREGNANCY

Bahayakah IUD Yang Telat Dilepas?

author

Mommies Daily26 Oct 2010

Bahayakah IUD Yang Telat Dilepas?

Dear Dr. Indra,

Saya berumur 35 thn, ibu dari 2 orang anak. 5 tahun lalu saya memutuskan untuk memakai IUD. Kata Dokter yang menangani saya pada saat itu, saya harus menggantinya setelah 5 tahun. Saat ini, 'umur' IUD saya sudah 5 thn 4 bulan, tapi karena belum ada kesempatan, saya belum sempat menggantinya. Yang ingin saya tanyakan, apakah IUD yang masih terpasang itu, masih aman bagi tubuh saya? Tidak berkarat atau rusak atau yang lainnya? Adakah efek samping dan apa saja bahayanya untuk keterlambatan itu? masihkah IUD itu efektif manfaatnya?

Mohon penjelasannya, dok.

Terima kasih.

Salam Hangat,

Ninis Permatasari

IUD itu ada beberapa jenis, ada jenis CuT (yg sekrg banyak digunakan) dan ada jenis lain seperti ML, LL dll. Untuk CuT sendiri ada yang CuT 380, Nova T. Jenis-jenis ini semua mempunyai jangka waktu pemakaian yang berbeda, bahkan ada yang bisa digunakan untuk waktu lama, misalnya LL.

Tapi tentu semua mempunyai kekurangan dan kelebihannya.

Mengenai IUD yang digunakan ibu, agaknya CuT380, karena dokter menganjurkan utk 5 thn harus diganti. CuT dibuat dari bahan seperti plastik yang dicampur logam Cuprum (Cu) yang sudah diperhitungkan kondisinya apabila dimasukkan kedalam rahim, misalnya kemungkinan berkarat, tapi tidak dapat membahayakan tubuh.

Yang menjadi persoalan adalah effektifitasnya. Karena sesuatu yang dipakai dalam tubuh bila effektifitasnya berkurang atau bahkan sudah tidak ada efek dalam perlindungan kehamilan akhirnya akan menjadi sia-sia. Bahkan akan menimbulkan keluhan yg lain misalnya timbul infeksi (biasanya jamur actinomyces ) atau perdarahan. Kalau tidak menimbulkan efek tersebut bisa jadi IUD gagal melindungi terjadinya kehamilan.

Untuk itu gantilah IUD sesuai dgn petunjuk dokter dan gantilah disaat haid, karena keluhan sakit saat mengganti/memasang menjadi berkurang, dikarenakan oleh lubang mulut rahim terbuka, dan yang pasti adalah kita yakin tidak sedang hamil.

Demikianlah penjelasan saya, semoga dapat segera ada kesempatan untuk mengganti.

Salam,

Dr. Indrawati Dardiri

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan