Household

Tahapan MPASI

Talita 6m, makan masih sekali sehari dengan bentuk puree tunggal. Disajikan pagi hari sebelum mandi, karena pada saat itulah mood-nya lagi bagus-bagusnya. Lagian kalau terjadi suatu risiko intoleransi, secara teori lebih mudah dalam penanganan. Talita 7m, makan 2 kali sehari dalam bentuk puree.  Disajikan pagi & sore sebelum mandi, pagi puree tunggal utk menu-menu baru…

Bermain-main dengan Cookie Cutter

Wanna do something fun and simple with your loved ones this weekend? Coba, deh, “berkenalan” dengan cookie cutter. Alat pembentuk kue ini amat sangat multifungsi. Seperti namanya, cookie cutter bisa digunakan untuk membentuk kue kering. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk beberapa fungsi lain. Jika malas atau merasa tidak bisa membuat kue kering…

Umrah Ramadan Bersama Anak

Alhamdulillah keinginan saya untuk umrah pada saat Ramadhan tercapai di tahun 2011. Saya memang berencana mengunjungi kakak yang tinggal di Qatar tapi merasa sayang jika tidak mampir ke Saudi Arabia untuk berumrah karena jaraknya yang dekat. Seperti biasanya setiap saya ke luar negeri, anak-anak (Tisha 5thn & Sasha 1,5thn) pasti saya ajak ditambah si kecil…

Kesalahan Financial Terbesar …

……….saya adalah terlalu lama tinggal dengan orang tua. *big grin* Setelah menikah pada akhir 2005, saya langsung diboyong suami ke Bandung dan tinggal di rumah mertua selama satu setengah tahun. Bukan pilihan terbaik memang, tapi apa boleh buat. Tabungan saya dan suami habis untuk biaya menikah apalagi perusahaan tempat suami dan saya bekerja di Bandung…

Belajar Bikin Pancake

Beberapa waktu lalu tetangga saya bertanya, “Dep, buka kursus masak buat anak-anak nggak?” Yang ditanyain bengong dan otomatis jawab: “Hah? Buat siapa?” Tetangga menimpali, ” Buat Icha. Dia tuh suka banget masak dan pengen belajar masak-masak sama kamu.” #KemudianHening Setelah diingat-ingat, ternyata memang Icha (SD kelas 2) ini duluuuu waktu saya iseng bikin percobaan kue-kue ikutan masak…

Memilih Pendingin Ruangan

Zaman sekarang, setiap rumah pasti setidaknya memiliki 1 air conditioner (AC). Rencananya saya juga akan menambah 1 AC lagi untuk kamar Langit, hal ini dikarenakan adanya ‘target’ pisah kamar saat Langit ulang tahun ke-4 April depan. Hasil browsing sana sini, ternyata ada beberapa hal dasar yang harus diperhatikan dalam membeli AC, yaitu: *gambar dari sini Sesuaikan…

Playground Kecil di Rumah

Saat baca artikel di Mommiesdaily tentang pemanfaatan ruang bawah tangga, saya jadi mau share tentang pemanfaat ruang bawah tangga yang saya lakukan di rumah, kebetulan pemanfaatannya tidak sebagai toilet, ruang penyimpanan barang, ruang kerja, dan sebagainya. Kali ini saya menyulap ruang bawah tangga saya, yang letaknya kebetulan berdekatan dengan ruang keluarga menjadi ruang bermain sekaligus…

Berkomunikasi dengan Pengasuh Anak

Sebagai seorang ibu yang harus kembali bekerja setelah masa cuti melahirkan habis, kebutuhan akan baby sitter mau ga mau terpaksa harus dipenuhi. Saya beruntung masih ada mertua yang tinggal sangat dekat dengan rumah kami jadi baby tidak benar-benar sendirian hanya dengan pengasuhnya saja. Masa-masa masih menyusui tidak terlalu sulit untuk memberitahu suster apa saja yang…

Uang (Bukan) Sumber Masalah

Dalam sebuah artikel yang pernah saya baca, disebutkan bahwa penyebab nomor satu perceraian adalah financial matter alias duit. Seperti kata pepatah Barat, “Money is the root of evil”. Uang juga merupakan sumber perpecahan terbesar dalam sebuah pernikahan. Rata-rata karena disebabkan tidak adanya kejelasan dalam hal finansial keluarga. Dari beberapa teman perempuan yang sering curhat ke…

Liburan Dadakan

Saya dan suami bukan tipe pasangan yang suka merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Menyusun itinerary pun nggak pernah. Paling anti malah :D Menurut kami, jadwal terencana justru menghilangkan esensi liburan itu sendiri: bebas dari rutinitas dan keteraturan yang ‘mengikat’. Karena itu, liburan kami lebih sering dadakan, biasanya baru tercetus di H-1. Bahkan, bisa juga kepikiran…

Kompromi Memilih Warna Rumah

Karakter saya dan suami cukup bertolak belakang. Kami memang sama-sama social person yang bisa cepat akrab pada orang baru. Namun saya cenderung lebih terbuka, sementara suami sangat tertutup. Selera berpakaian, musik, pergaulan, dan film juga 180 derajat berbeda. Saya lebih outgoing dan suka tantangan serta hal-hal yang baru, sementara dia hanya suka hal-hal yang telah…

Ide Kamar Anak

Salah satu keinginan di tahun ini adalah pisah kamar sama Langit. Selain tahun ini ia akan berumur 4 tahun, rasanya sudah cukup pantas untuk berpisah dari kamar kami, kamarnya juga sudah ada, walaupun masih butuh tambahan sana sini. Kamar yang tersedia untuk Langit agak kecil, ukurannya palingan hanya cukup untuk tempat tidur single, lemari pakaian,…

Mendokumentasikan Foto

Abis liburan akhir tahun, koleksi foto pasti bertambah banyak, dong. Apalagi kalau sempat jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Niat mulia, sih, ingin mencetak foto dan menyusunnya di album—bahkan tercetus keinginan membuat scrapbook segala. Tapi yaaa … seringnya niat hanya tinggal niat. Setelah balik ke rutinitas sehari-hari, boro-boro kepikiran scrapbook. Paling banter, foto hanya…

Saatnya Mengisi Rumah!

Memiliki rumah sendiri pasti jadi impian setiap pasangan. Setelah setahun menikah, Alhamdulillah kami dikasih rezeki untuk memiliki rumah sendiri. Belinya tentu nggak tunai, ya, cicil doooong (hail Kredit Pemilikan Rumah alias KPR!). Akibat perencanaan keuangan belum matang alias belum benar-benar menabung untuk membeli rumah (ya, pastinyalah, belum juga setahun menikah terus sudah punya anak pula),…

Rangkuman Konsultasi #TangoPeduliGizi

Dalam rangka Hari Gizi Nasional 2012, selain publish artikel tentang Keamanan Snack Kemasan, kami juga bekerja sama dengan Wafer Tango melakukan program konsultasi dengan dokter gizi via Twitter. Program konsultasi ini merupakan wujud nyata kepedulian Wafer Tango terhadap gizi anak Indonesia. Karena Tango percaya, dengan memperkaya pengetahuan para mommies, maka akan tumbuh anak- anak Indonesia…

Kredit Bangun Rumah

Memiliki tempat tinggal sendiri merupakan impian semua keluarga. Meski tinggal bareng orangtua atau kerabat cukup enak, terutama dari sisi hematnya pengeluaran biaya rumah tangga (big grin), dari sisi psikologis, tinggal di rumah sendiri sangat menyenangkan dan memuaskan batin. Kita bisa melakukan apa yang kita inginkan tanpa perlu berkompromi. Toh, ini rumah kita sendiri, bukan? Untuk…

Amankah Snack Kemasan untuk Anak?

Sebagai ibu yang nggak jago masak dan sepaket dengan nggak kenal rasa, saya sih pengennya tetap menyajikan makanan yang terbaik untuk keluarga. Terutama untuk Langit. Semasa MPASI, sih, gampil, ya, makannya cuma aneka puree dan bubur saring. No gula-garam, pula! Jadi saya nggak punya kewajiban untuk icip-icip kurang garam, gula, atau gurihnya. Nah, begitu di atas…

Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga

Untuk pasangan muda yang sudah berani dan beruntung bisa membeli rumah, (mungkin) hal yang banyak dipikirkan adalah minimnya ruang. Maklumlah namanya juga pasangan muda, biasanya kan beli rumah dengan luas terbatas atau lebih dikenal dengan istilah 4L (Lo Lagi, Lo Lagi). Nah, kalau ada dana lebih biasanya yang dilakukan untuk menyiasati keterbatasan ruang ini adalah…

Trik Menyusun Buku di Rak

Pasti dong Mommies punya banyak buku di rumah? Baik buku pribadi ataupun buku anak-anak. Nah, suka iri nggak, sih, dengan gambar-gambar rak buku yang bukunya tersusun dengan rapih dan cantik di katalog-katalog IKEA ataupun majalah-majalah desain interior? Dulu saya sering mikir, “Kok bisa, yah?” “Kok kalo di rumah saya berantakan?” atau “Rak bukunya kurang keren,…

2012: Investasi untuk Dana Pendidikan Anak

Merencanakan dana pendidikan untuk anak? Isu ini pasti sudah ‘nempel’ banget, ya, bagi orangtua. Mulai dari anak kita lahir, entah dari mana informasinya, tiba-tiba ada saja agen asuransi atau bank yang menawarkan produk pendidikan anak. Mulai dari tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, dll. Saya merasa semua orangtua sekarang pasti sudah melek pengetahuan tentang merencanakan dana pendidikan…