12 Ciri Anak Super Sensitif

Tenang, ambil napas dalam, hembuskan. Dan ingat, apapun tipe anak kita, pasti ada acara untuk menanganinya, termasuk anak yang super sensitif.

12 Ciri Anak Super Sensitif - Mommies Daily

Layaknya orang dewasa, anak-anak juga punya tipe kepribadiannya sendiri. Jadi cara penanganannya juga akan berbeda. Kali ini kami akan bahas tentang tipe anak sensitif, diadaptasi dari momjunction.com. Super sensitif di sini, bukan yang sedikit-sedikit ngambek atau tantrum, ya.

Anak yang sangat sensitif bisa akan lebih rentang terhadap orang-orang dan situasi di sekitar dia. Dibarengi dengan ciri-ciri berikut ini:

1. Reaksi emosional

Anda yang super sensitif akan bereaksi emosional terhadap hampir semua hal. Misalnya, saat mommies berkunjung ke toko hewan. Dia bisa sedih karena melihat binatang peliharaan di sana, tinggal di dalam kandang. Anak ini juga punya empati cukup tinggi dengan orang lain. Bahkan sampai membantu, jika orang yang dia kenal punya masalah.

2. Merenungi kegagalan

Ia akan mempelajari sesuatu lebih dalam, daripada anak-anak seusianya. Contohnya ketika mengalami kegagalan, dia akan merenung, kenapa dia bisa gagal, apa yang bisa dia lakukan agar tidak mengulanginya lagi. Ya, di satu sisi baik, sih, ya. Tapi mommies pantau saja, karena kalau berlebih berpotensi mengakibatkan stres dan kecemasan berlebih.

3. Takes things personally

Kalau bahasa kita sehari-hari, “semua dimasukkin ke hati.” Nah, ini salah satu ciri anak super sensitif. Reaksi anak akan perkataan seseorang, seolah-olah tertuju untuk dirinya. Padahal belum tentu, sedang membahas si kecil.

4. Sulit menentukan pilihan

Sulit, karena si kecil melihat berbagai detail dan pertimbangan lainnya. Sesederhana saat mommies meminta si kecil memilih rasa ice cream. Hmmm, sounds familiar?

5. Merasa bersalah

Jika si kecil telah membuat keputusan yang salah, ia akan “tenggelam” dengan rasa bersala yang cukup lama. Apapun yang mommies katakan, untuk sementara tidak akan berpengaruh banyak.

6. Bersikap sopan

Umumnya mereka akan berperilaku baik, dan berharap ada di lingkungan yang sama.

7. Bentuk pertahanan yang tangguh

Salah dikiiit aja, ngambeknya bisa berhari-hari. Bisa karena salah bicara atau ada tingkah laku kita yang membuat mereka tidak nyaman.

8. ”Membaca” orang dengan baik

Biasanya anak dengan tipe ini, punya kebiasaan mengobservasi yang tajam. Mengamati ciri-ciri karakter dan mengumpulkan sebanyak mungkin cerita seputar siapa orang ini.

9. Suka sama hewan

Peka terhadap kebutuhan hewan, dan memerhatikan dengan saksama. Jika hal ini berlangsung lama, anak akan membangun relasi yang cukup kuat dengan hewan tersebut.

10. Bertanya tentang banyak hal

Mulai dari pertanyaan yang menjengkelkan, bikin kita kehabisan kata-kata untuk menjawab, atau yang sifatnya pribadi banget.

11. Membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang

Mereka hanya akan membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang. Bahkan, jika dia hanya seorang diri yang melakukannya.  Hanya akan melakukan sesuatu jika meyakini alasannya. Tapi sayangnya, jika mereka gagal, mereka akan ragu terhadap dirinya sendiri.

12. Bertanggung jawab dan tak segan mengakui kesalahan

Mereka pandai mempelajari lingkungannya, dan terus mengevaluasi diri mereka sendiri. Untuk menjaga emosi tetap terkendali. Bagusnya, jika mereka merasa melakukan kesalahan, selain yang sudah saya sebutkan di atas, kepikiran terus dan jadi ragu dengan dirinya, tapi mereka tidak ragu untuk mengakuinya. Oh iya, anak yang super sensitif selalu menghargai orang lain, meski tindakan tersebut sederhana.

 


Post Comment