Imey Liem, “Taking care of yourself is part of taking care of your kids”

Imey Liem, sudah terbiasa olahraga sejak SD. Hingga kini mempunyai satu anak, dia tetap menjadikan olahraga sebagai bagian hidupnya. Apa saja ya, motivasinya rajin olahraga, sampai akhirnya ia terjun menjadi instruktur TRX?

Imey Liem - Mommies Daily

Imey Liem (32), mengaku rajin olahraga, salah satunya karena doyan makan! Lewat obrolan dengan MD, Imey bilang, hidup itu harus seimbang. Untuk alasan lain yang bikin saya juga angguk-angguk,  “selagi masih mau menghabiskan waktu lama bersama keluarga, gerakin badan untuk olahraga. Intinya jangan malas bergerak.” Nah, kan, kalau sudah bawa-bawa anak dan keluarga, ibu mana sih, yang nggak brebes mili dan tergerak hatinya?

Ibu dari Kai (6) yang biasa mengajar di Transtation studio, Breathe, Union Yoga dan Sana Kith & Kin, berbagai kisahnya seputar manfaat olahraga teratur. Daaaan, ada cerita menarik seputar daster, dihubungkan dengan kesehatan, bagaimana kita menghargai diri sendiri, dan tampil pantas untuk pasangan.

1. Apa yang membuat kamu rajin olahraga, ada pencetusnya?

Sebenarnya sudah lama olahraga, supaya lebih fresh dan membuat pikiran lebih jernih. Tentunya supaya bikin badan sehat. Dan karena saya doyan makan, supaya lebih tahu diri. Semua makanan yang suka, kecuali prapika. Saya dari kecil sebetulnya sudah olahraga. Dulu malah waktu kecil SD, sempat menjadi atlet tenis Jawa dan Bali.

2. Jenis olahraga yang dipilih apa saja? Dan frekuensi berolahraga?

Saya suka berkuda, biasanya kalau lagi ke Bali, saya sempatkan untuk berkuda. Selain itu,  tenis, dan pilates yang paling sering, total melakukannya sudah 12 tahun. Saya jadi salah satu orang yang ikut memperkenalkan pilates di Indonesia.

Imey Liem - Mommies Daily

Sebelum mengajar, menjadi instruktur TRX, minimal dalam seminggu 3-4 kali. Setelah mengajar, minimal olahraga yang sendiri 4 kali. Selanjutnya saya mengajar 10-15 kelas dalam seminggu. Karena pada dasarnya saya orangnya tidak bisa diam.

3. Manfaat olahraga yang sudah dirasakan? Baik itu untuk kesehatan, kecantikan dan dari segi psikis?

Dunia saya sebelum ini berbeda sekali. Saya aktif di dunia intertainment. Hampir setiap hari pulang pagi. Nah, kalau sekarang, dengan aktif olahraga, jadwal saya saya lebih teratur, dari segi jam tidur, karena keesoka pagi harus mengajar.

Dari segi psikis, saya merasa bahagia karena bisa berbagi hal positif lewat olahraga. Misalnya saat mengajar, saya bisa menjadi bagian perubahan hidup seseorang, untuk hidup lebih sehat.

4. Punya alat favorit untuk olahraga?

Power Circle, digunakan pada saat pilates sendiri. Nah, pada saat ngajar saya suka pakai loop bands.

5. Punya quotes favorit sebagai fit mom?

Ada dua:

  • Taking care of yourself is part of taking care of your kids.
  • Behind every woman is another strong woman.

6. Selain olahraga, apakah ada pola hidup sehat lain yang dilakukan?

Tidur dan mengonsumsi air putih cukup, kalau bisa menyempatkan tidur siang 1 jam.

7. Ada kiat nggak mbak untuk mommies lain supaya bisa meluangkan waktu untuk olahraga?

Imey Liem - Mommies Daily

Pertama kumpulin niat dulu, ini jadi “alat” utama untuk mulai olahraga sebetulnya. Dan selagi masih mau menghabiskan waktu lama bersama keluarga, gerakin badan untuk olahraga. Intinya jangan malas bergerak. Alternatifnya bisa dengan mencari kegiatan di rumah yang menguras keringat, pokoknya tidak boleh malas bergerak.

Kiat lainnya, jangan pakai daster. Karena kalau kita sedang makan banyak, nggak akan berasa kenyangnya (lain hal kalau kita pakai celana, pasti akan berasa ketika karet celana makin kencang), kedua, kalau pas ngaca, tidak kentara juga, badan kita sedang gemuk atau kurus. Yang ketiga, kasihan suami. Oh iya, ada lagi yang terakhir, apresiasi terhadap diri sendiri juga, lho. Kalau ngaca pakai daster menurut saya, kurang menghargai diri sendiri.

Kenapa saya bilang seperti itu? Karena sebagian orang, pakai daster, mau menutupi kekurangan bagian tubuh tertentu. Misalnya merasa paha besar, ya sudah nggak masalah pakai celana pendek. Cintai diri sendiri apa adanya.

-

Selalu sehat dan ceria, ya, Imey Liem. Semoga bisa jumpa dengan mommies-mommies di studio olahraga, karena terinspirasi membaca hasil wawancara MD dengan kamu :)


Post Comment