uthe1

Cerita Wilhelmina Maria, Liburan Keluarga Hingga Luar Negeri Hanya dengan Menabung Rp 20 Ribu

Ditulis oleh: Febria Silaen

“Make your vocation your vacation. That is the secret to success.” – Mark Twain

Menabung uang pecahan Rp 20ribu dikenalkan oleh motivator Ippho Santosa pada 2012 lalu dan viral di Twitter dengan hashtag #ThePowerof20ribu.

Sempat viral lagi beberapa tahun lalu oleh beauty vlogger Ini Vindy dan ternyata mulai banyak yang menerapkan dan berhasil! Ini tentu bukan kisah pertama, para remaja penggemar KPop pun banyak yang menerapkan hal ini untuk tabungan tiket konser.

Lain orang, lain tujuan keuangan. Wilhelmina Maria atau akrab disapa Utte menabung uang Rp 20ribu untuk liburan keluarga dan bisa sampai ke Kuala Lumpur! Bagaimana kisahnya?

uthe2

1. Dari mana sih awalnya tercetus buat nabung 20 ribu ini?

Sebenarnya sebelum aku, sudah ada yang menerapkan ini terlebih dahulu di media sosial. Namun aku sendiri kenal dengan cara nabung ini dari teman kantor sekitar tahun 2014 lalu, tapi baru menerapkan kurang lebih pertengahan tahun 2015.

2. Kenapa milih cara nabung seperti ini? Berapa lama nabungnya nih?

Karena waktu itu sudah menikah dan sedang hamil, kami (saya dan suami) sadar prioritas pasti berubah. Meski hobi kami berdua sebenarnya memang jalan-jalan tapi kami tidak secara khusus menyisihkan dana untuk jalan-jalan. Jadi kami mulai menerapkan #thepowerof20

Kami nggak pernah membuat batasan waktu saat mengumpulkan pecahan Rp20 ribu ini. Aku lupa berapa tepatnya, mungkin sekitar 6-9 bulan waktu itu, kami sudah bisa jalan-jalan ke Surabaya – Malang – Jakarta. Pernah juga sekitar 3 bulan, hanya jalan-jalan ke Bandung. Intinya dipakai menyesuaikan berapa terkumpulnya saja.

uthe4

3. Wah seru banget, ceritain dong bagaimana cara nabungnya

Cara nabungnya simpel saja. Sesuai dengan namanya, #thepowerof20 jadi tiap kali kami punya pecahan Rp20 ribuan, kami sisihkan. Pecahan ini biasanya kami dapat dari kembalian beli bensin, ngojek (pada saat itu masih jadi tukang ojek online), kembalian apapun yang kami belanjakan. Sampai di rumah, kami langsung simpan pecahan Rp20 ribuan di dalam botol kaca. Begitu setiap hari.

4. Wah, pasti ada tantangannya selama menjalankan komitmen nabung 20 ribu ini. Ceritain dong!

Kalau sehari dapat banyak kembalian pecahan Rp20 ribu, sedih rasanya lho. Berarti uangnya gak boleh dipakai padahal lagi ingin banget jajan atau kadang batal beli sesuatu karena ternyata uangnya ada Rp20 ribuannya.

uthe

5. Lalu Kepuasaan apa sih yang kamu dapat dengan melakukan tantangan ini apa?

Aku ngerasanya tetap bisa jalan-jalan walau nggak pernah nyisihin secara rutin budget buat jalan-jalan. Seperti dapat bonus aja gitu, hehehe.

6. Lalu petualangan liburan kalian ke mana dan ngapain saja dengan tabungan 20 ribu ini

Saat pertama kali liburan dengan #thepowerof20, baru punya 1 anak (usia 9 bulan waktu jalan-jalan)

Tabungan #thepowerof20, kami pernah pakai untuk jalan-jalan ke Surabaya – Malang – Jakarta. Uangnya dipakai untuk Jakarta – Surabaya: pesawat. Surabaya – Malang: bus. Malang – Jakarta: pesawat. Dan masuk beberapa wahana di Jatim Park. Sewa motor di Surabaya dan Malang. Makan + akomodasi

Kemudian, pas anak kedua hadir, kami pergi ke Bandung. Dekat sih, selama tiga hari dua malam.

Kami bisa beli bensin, sewa penginapan dan masuk ke beberapa tempat wisata. Liburan kali ini kami pergi berempat plus ibu.

Dan Januari lalu, kami gunain #thepowerof20 buat ke Kuala Lumpur. Selama 4 hari 3 malam kami liburan di sana.

Dengan tabungan #thepowerof20, kami bisa membeli tiket pp pesawat (3 orang dan balita), menginap di hotel dan apartemen, transportasi dan makan di sana juga.

uthe1

7. Seru banget sih petualangannya. Terus kalau ada Moms yang ingin mencoba cara ini, ada kiatnya?

Paling penting sih komitmen ya. Karena kalau sudah komit, tiap punya Rp20 ribu nggak akan pernah tergoda buat curi-curi pakai uangnya.

Jangan tentukan batas waktu dan santai, anggap aja ini bonus karena kalau terlalu dipaksa nanti malah jadi beban. Biar makin semangat, boleh simpan uangnya di tabung/stoples transparan.

Makin happy aku kalau liat sudah banyak uangnya. Goals juga boleh ditentukan diawal biar makin jelas menyisihkan uang Rp20 ribuan untuk apa.


2 Comments - Write a Comment

  1. Hi mbak, saya juga nih, tiap hari kalo belanja dan ada kembalian saya sisihkan uang koin 50 NT (rupiah sekitar 20rb +/-), dan tahun kemarin gk nyampe setaun dapat hampir 8 juta rupiah.. taun ini lagi giat ngumpulin jg, jadi tiap kali ada uang 50 NT di dompet bakal dipisahin trus masukin ke celengan ^^

Post Comment