banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

Perhatikan Dulu 4 Hal Ini Sebelum Playdate

author

annisast16 Mar 2019

Perhatikan Dulu 4 Hal Ini Sebelum Playdate

Semakin tua, nongkrong bareng teman berubah jadi playdate dan membawa anak masing-masing. Sebelum memutuskan pergi, sebaiknya perhatikan dulu 5 hal ini.

Playdate bisa jadi sangat melelahkan jika tidak dipersiapkan dengan baik. Saya saja sampai saat ini sangat sangat jarang playdate karena duh, capek sis.

Event Anak dan Keluarga 20 – 21 Oktober 2018 - Mommies Daily

Tapi bagi anak-anak yang baru mulai PAUD atau tidak punya teman di lingkungan rumah, playdate bisa jadi kesempatan untuk bersosialisasi dan bertemu teman baru.

Tempat playdate

Di mana tempat playdate berlangsung? Di playground, taman, atau rumah? Jika di playground, apakah tempatnya cukup aman untuk anak bermain tanpa pengawasan 100% dari orangtua?

Jika di rumah, apakah rumahnya kids friendly? Adakah kolam renang tanpa pagar? Atau apakah rumahnya di pinggir jalan besar yang ramai? Apakah rumahnya punya binatang peliharaan yang bisa memicu alergi?

Kesehatan anak

Jangan pernah membawa anak yang sedang sakit atau baru sembuh dari sakit untuk playdate. Apalagi sakit yang mudah menular seperti batuk dan pilek.

Sebaliknya jika anak sedang sehat, tak ada salahnya bertanya pada ibu-ibu lain untuk memastikan anak mereka dalam kondisi sehat pula. Tak lucu kan kalau pulang playdate malah sakit karena bertukar virus.

Apa yang akan dilakukan selama playdate?

Yang sering terjadi adalah orangtua mengobrol, anak bosan dan berakhir nonton YouTube ahahaha. Siapkan board game, buku mewarnai, atau memasak bersama anak selama playdate.

Siapkan pula mainan yang bisa dimainkan bersama serta jangan membawa mainan kesayangan si kecil karena berisiko rusak atau hilang.

Perhatikan durasi playdate

Setiap usia anak punya ketahanan berbeda dalam mengikuti playdate. Anak di bawah usia 3 tahun mungkin hanya sanggup playdate maksimal 2 jam sementara di atas 3 tahun bisa 3 jam. Jika terlalu lama, berisiko anak cranky dan berujung tantrum.

Selamat playdate moms!

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan