Sunscreen Itu Wajib Hukumnya buat Anak Laki-Laki dan Perempuan

Agar kedua anak saya nggak menyesal seperti saya, mereka saya wajibkan menggunakan sunscreen sejak dini. Seperti apa sunscreen yang tepat untuk anak-anak?

Sebagai orangtua yang punya banyak dosa terhadap kulit di masa lalu (malas pakai sunscreen, bersihin muka alakadarnya, dan suka mencet-mencet jerawat di kala muda) tentunya saya nggak mau kalau anak saya melakukan kesalahan yang sama. Iya, dua anak saya laki-laki. Tapi boleh, kan, membuat mereka menyadari sepenuhnya kalau kulit itu sama kayak organ tubuh lain, harus dijaga kesehatannya sedari dini. Kulit itu adalah bagian tubuh terluar yang tugasnya penting banget, yaitu perlindungan terluar terhadap tubuh dari serangan faktor eksternal macam radikal bebas, sinar UV, dan kuman penyakit.

Terutama buat laki-laki, biasanya perawatan kulit itu sering banget dicuekin. Suami yang lihat saya rewel banget meminta anak cuci muka pakai facial wash setelah beraktivitas di luar dan bawel memakaikan sunscreen sebelum ia berangkat beraktivitas pernah komen, “Mereka itu laki-laki, memangnya penting banget?” Anak laki-laki maupun perempuan, percayalah, pakai sunscreen itu wajib hukumnya.

“Sunscreen bukan kosmetik, ini adalah perlindungan terhadap kulit, sama seperti kamu pakai decker pas main bola, so, nggak usah khawatir takut anak laki-lakinya jadi kemayu cuma karena pakai itu,” jelas saya yang diiringi manggut-manggut si suami. “Oke, oke, dulu aku nggak dapat pengetahuan ini,” jelasnya yang sekarang punya pori-pori besar.

Iya, mungkin juga karena pendidikan orangtua jaman dulu nggak termasuk bidang ini. Nggak usah anak laki-laki, anak perempuan generasi X saja sepertinya juga jarang dapat pengetahuan soal perawatan kulit sejak dini. Nggak, saya nggak menyalahkan bagaimana orangtua kita dulu skip mendidik kita soal ini, hanya saja kalau sekarang kita sudah punya pengetahuan betapa pentingnya pakai sunscreen sejak dini, nggak salah, dong, kalau kita turunkan ke anak-anak.

Sunscreen Itu Wajib Hukumnya buat Anak Laki-Laki dan Perempuan - Mommies Daily

Kenapa Sunscreen itu penting sejak dini?

Sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit itu tidak pandang bulu. Mau tua atau muda, kalau tanpa perlindungan sunscreen lalu beraktivitas di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama, memiliki risiko kulit terbakar, menggelap, rusak, bahkan terkena kanker kulit akibat radiasi sinar ultraviolet. Nggak lantas matahari itu sepenuhnya jahat, kok, karena sinarnya di antara pukul 8.00 – 10.00 pagi merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D, vitamin yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Yang penting gunakan sunscreen. Bahkan bayi saja butuh perlindungan, lho, dari sinar matahari.

Memilih sunscreen buat anak

Sebelum membeli sunscreen over-the-counter, yuk, kita telaah dulu sunscreen mana yang baik buat anak-anak, terutama menjelang remaja. Sunscreen mengandung UV filter untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet. Nah, UV filter ini pada sunscreen yang dijual over-the-counter biasanya terbagi dalam 2 kelompok:

Organic (Chemical Sunscreen)
Cara kerja: memfilter dan menyerap sinar UVA & UVB.
Kandungan (antara lain): Cinnamates, Octisalate: UVB filter, Oxybenzone, Diozybenzone: UVA filter.

Inorganic (Physical Sunscreen)
Cara kerja: menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke dalam
kulit sehingga proses perlindungan terjadi di atas permukaan kulit.
Kandungan (antara lain): Titanium Dioxide dan Zinc Oxide

Organic atau Chemical sunscreen lebih banyak dianjurkan untuk mereka yang berusia remaja dan dewasa, karena kandungannya biasanya agak kurang sesuai untuk yang berkulit sensitif. Sementara kandungan di dalam Inorganic atau Physical Sunscreen dianggap cocok untuk kulit sensitif, untuk itu, diklaim pula aman buat anak-anak. Organic sunscreen biasanya lebih menggoda untuk dipakai karena jarang menimbulkan rasa greasy, berminyak, dan nggak ada white cast. Sayangnya kurang sesuai kalau digunakan anak-anak.

Nah, produk sunscreen yang dijual umum rata-rata merupakan perpaduan dari keduanya. Kalau bingung, lihat daftar ingredient-nya. Ketika titanium dioxide dan zinc oxide menjadi bahan utama, most likely itu pas buat anak-anak. Seperti Skin Aqua Moisture Milk ini, bahan utamanya adalah zinc oxide walau ada juga kandungan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoat. Acnes UV Tint  juga termasuk dari physical sunscreen, sehingga sebenarnya aman buat si kecil. Sayangnya Acnes UV tint ada tint warna, nggak yakin kalau anak laki-laki mau pakai ini. Hahahaha… Untuk pra-remaja perempuan sepertinya pas.

Kalau mau yang paling aman lagi, gunakan sunscreen khusus bayi karena rata-rata kandungannya sudah disesuaikan bagi kulit bayi yang sensitif sekali pun. Tapi kalau menurut saya, sunscreen bayi kurang pas buat anak-anak pra-remaja. Sekali lagi, cek kandungan sebuah sunscreen sebelum membeli ya moms. Kalau masih belum yakin, konsultasikan dulu penggunaannya dengan dokter keluarga yang terpercaya.


Post Comment