banner-detik
SELF

13 Kesalahan Pengasuhan Anak yang Sering Dilakukan Orang Tua Menurut Psikolog!

author

Mommies Daily06 Jun 2023

13 Kesalahan Pengasuhan Anak yang Sering Dilakukan Orang Tua Menurut Psikolog!

Menurut psikolog, ternyata masih banyak orang tua yang sering melakukan kesalahan pengasuhan anak dan berujung membahayakan untuk mereka di masa depan.

Ditulis oleh: Rachel Kaloh

Psikolog Mike Leary yang sehari-harinya berhadapan dengan urusan relationships dan parenting membeberkan kesalahan pengasuhan anak yang kerap dilakukan orangtua, yang ternyata bisa merusak kesehatan mental dan fisik anak.

Efeknya mungkin tidak akan terasa saat ini juga, tetapi baru akan terlihat di kehidupan anak di masa depan dan ternyata bisa membahayakan mereka. Yuk, simak apa saja kesalahannya.

Ini Daftar Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Orangtua Menurut Psikolog - Mommies Daily

Kesalahan Pengasuhan Anak yang Sering Dilakukan Orang Tua

Cek kesalahan pengasuhan anak di bawah ini dan mulailah hindari!

1. Terlalu banyak pilihan

Banyak orangtua yang menganggap bahwa anak harus diberikan pilihan sebanyak-banyaknya, realitanya, anak cenderung jadi kewalahan.

2. Sedikit-sedikit dipuji

Tidak heran kalau sekarang makin banyak anak yang haus pujian. Mereka tidak segan menolak untuk melakukan sesuatu kalau mereka nggak dapat apa-apa, alias mesti “disogok.”

3. Berjanji membuat anak bahagia

“Mama janji bikin kamu selalu bahagia, Nak!” Kalimat yang banyak dikatakan orang tua ke anak ini sebenarnya salah. Sebab membuat anak bahagia adalah tugas mereka sendiri, bukan tugas kita orang tuanya. Tidak ada yang bisa menjamin kebahagiaan seseorang, termasuk orangtua pada anaknya. Anak pun perlu tahu cara membahagiakan diri mereka sendiri.

4. Terlalu sibuk berkegiatan

Punya banyak kegiatan seringkali dianggap sebagai cara agar anak jauh dari masalah. Jangan salah, kegiatan tersebut seringkali menjadi tempat anak dibully atau sebaliknya, menjadi tukang bully.

5. Tidak mengoreksi kelakukan anak

Walau anak termasuk pintar tapi jika dia suka merendahkan orang lain maka Mommies harus mengoreksinya. Kadang attitude seorang anak cenderung menjadi arogan ketika dia sering dibilang pintar, di mana ia menganggap orang lain di sekitarnya tidak sepintar dirinya. Efeknya anak bisa dengan mudah berbuat curang yang tentunya dapat membuat dia jadi public enemy.

6. Menghindari dan tidak membahas tentang seks

Masih banyak orangtua yang memilih untuk menjauhi topik seks untuk dibicarakan bersama anak, tahu-tahu panik saat menghadapi anaknya sudah tidak perawan atau justru menghamili anak lain.

BACA JUGA: Ketika Anak Remaja Saya Mengatakan “Aku Sudah Make Love Ma”

7. Terlalu mengkritik kesalahan anak

Beware, Tiger Moms! Anak yang tumbuh dengan ukuran harus sempurna dari segi penampilan, minat, kegiatan, prestasi, sekalinya melakukan kesalahan, cenderung menganggap dirinya sebagai manusia yang nggak berharga dan mudah emosi, dalam hal ini termasuk mencelakai dirinya sendiri bahkan… bunuh diri!

8. Membuat anak melakukan hal yang tidak sesuai dengan usianya

Melihat anak usia 10 tahun sudah pintar mengurus adiknya, memang hal biasa. Mungkin mereka bisa memberikan kasih sayang, tetapi bukan untuk menggantikan peran Anda, orangtuanya. Akibatnya? Banyak dari mereka yang menolak menjadi orangtua akibat sudah kenyang mengurus anak.

9. Tidak membiarkan anak merasa bosan

Stimulasi memang penting, tetapi bukan dengan cara mendaftarkan anak untuk berkegiatan Senin sampai Minggu, demi nggak gampang bosan. Anak sebenarnya mampu berpikir secara kreatif dalam mencari cara untuk menghilangkan rasa bosan.

10. Tidak mengenalkan konsekuenasi

Mainannya hilang, gampang, tinggal beli yang baru. Ini dilakukan supaya ia tidak perlu nangis lama-lama. Padahal anak perlu belajar untuk lebih menghargai miliknya.

11. Tidak membiarkan anak bermain bebas

Sekolah dengan konsep alam dan ruang terbuka menunjukkan bahwa murid-muridnya lebih jarang sakit, lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi, dibandingkan sekolah dengan bangunan tertutup.

12. Malas bertanya tentang keseharian anak

Jangan pernah melewatkan percakapan dengan anak, karena ini sangat penting bagi kehidupannya. Sekadar bertanya ‘Hari ini ngapain aja, Nak?’ punya efek yang hebat. Anak akan merasa dirinya berharga saat tahu Ayah maupun Ibunya selalu peduli terhadap kehidupannya sehari-hari.

13. Malas membacakan buku sejak usia dini

Padahal saat kegiatan ini berlangsung, anak belajar untuk diam dan menyimak serta menggunakan imajinasinya. Kebiasaan ini adalah bekal supaya ia lebih siap mengikuti kegiatan di kelas.

Artikel ini diadaptasi dari www.fatherly.com

BACA JUGA: 7 Kesalahan Pengasuhan yang Harus Dihindari Orang Tua Pintar

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan