Ini Nasihat Michelle Obama untuk Para Ibu Bekerja Sedunia

Selain pernah jadi ibu negara, Michelle Obama adalah sosok ibu bekerja yang lekat dalam keseharian kita. Ia pun berbagi “nasihat” untuk para ibu bekerja yang seringkali merasa bersalah karena harus meninggalkan anak dan keluarga.

Michelle pernah jadi pengacara dan bekerja di pemerintahan dan universitas. Ia kemudian menikah di tahun 1992, hamil dan keguguran hingga harus IVF sampai baru dikaruniai anak 9 tahun setelah menikah.

Kini setelah lepas dari tanggung jawab sebagai ibu negara, Michelle aktif di Instagram dan menjawab berbagai macam pertanyaan dari banyak orang di seluruh dunia. Dari self-love, parenting, sampai tentang rasa bersalah ibu bekerja.

michelle obama

“Ayo kita jujur saja, rasa bersalah itu tidak pernah hilang. Tapi apa yang dulu harus kupelajari adalah kalian tidak jadi ibu yang buruk karena kalian berusaha meraih banyak cita-cita. Dan sebagai perempuan kita harus memberi diri kita izin untuk bisa merasa fulfilled pada diri kita sendiri,” ujarnya.

Riset Harvard Business School pada 50ribu perempuan dan laki-laki pada 2002 dan 2012 juga menyebut bahwa ibu bekerja bukan hanya membantu secara ekonomi tetapi membantu diri sendiri secara profesional dan emosional jika punya pekerjaan yang disukai, juga membantu anak”.

Riset yang berbeda dari Harvard juga menunjukkan bahwa anak laki-laki dari ibu bekerja lebih terbuka pada kesetaraan gender dan mau menghabiskan 50 menit tambahan tiap minggu untuk membantu keluarga. Jadi ibu bekerja yang membesarkan anak laki-laki juga membantu calon menanti mereka di masa depan.

Sementara anak perempuan yang dibesarkan ibu bekerja bisa jadi punya idola yang jelas tentang perempuan yang bekerja keras dan meraih sukses secara profesional.

Michelle juga punya nasihat untuk para ibu yang ingin berusaha menaklukan semuanya: itu tidak mungkin dan itu tidak apa-apa.

“Pernikahan masih sulit untuk bisa setara, itu tidak bisa setara. Aku bilang pada para perempuan bahwa kalimat ‘kau bisa melakukan segalanya’ itu tidak, tidak bisa dalam waktu yang sama,” ujar Michelle.

Jadi intinya, kita bisa sukses dalam karier tapi kita tidak bisa sukses dalam semua hal dalam waktu yang sama, sekuat apapun kita berusaha. Lakukan yang terbaik dan jangan merasa bersalah.

Sudah follow Michelle Obama di Instagram?


Post Comment