Trend Kehamilan di Kalangan Ibu Millennial

Ditulis oleh: Rachel Kaloh

Bukan sekadar pilihan proses melahirkan tapi juga beauty treatment semacam lash extension pun dilakonin, hahaha. Bagaimana dengan mommies?

Seberat apapun perjuangan di ruang bersalin, kita pasti sadar betul kalau momen itu patut diabadikan, nggak heran banyak pasangan pun rela menyewa fotografer. Jadi, nggak ada salahnya untuk tampil cantik ketika kita menyambut si kecil untuk pertama kalinya.

Baca juga:

Direktori Jasa Birth and Maternity Photography

Padahal, ini mungkin hanya trend, yang sebenarnya nggak wajib-wajib amat buat diikuti karena nggak ada manfaatnya secara spesifik terhadap kesehatan calon ibu dan janin. Apa saja sih, trend-nya?

Trend Kehamilan di Kalangan Ibu Millennial - Mommies Daily

Babymooning

Khususnya mereka yang sedang menyambut anak pertama. Kapan lagi bisa liburan sama suami dan menghabiskan waktu berduaan? Saya ingat teman saya cerita, baru beberapa bulan menikah, langsung dikaruniai anak, padahal dia belum sempat honeymoon. Alhasil, sampai anaknya lahir bulan madunya terus tertunda. Percayalah, Buibuk, traveling sama bayi itu bakalan penuh tantangan, mulai dari nentuin waktu yang tepat, budget, belum lagi barang bawaannya bakalan segambreng. Jadi, nikmatilah kesempatan yang ada untuk babymoon bersama suami tercinta!

Manfaatnya?

Selain bisa memperkuat bonding antara ibu dan bayi serta bayi dengan si calon ayah, babymoon juga bisa digunakan sebagai kesempatan untuk membicarakan tentang gaya pengasuhan yang disepakati bersama suami, di luar campur tangan orangtua maupun mertua.

Hypnobirthing dan Doula sebagai pendamping persalinan

Kini sudah semakin banyak kelas prenatal yang memberikan edukasi tentang teknik hypnobirthing. Mulai dari cara bernapas yang tepat, bahkan bisa juga dengan gerakan yoga, sampai senam dengan menggunakan gymball. Tujuannya, supaya para ibu bisa menikmati masa persalinan dengan lebih relaks. Bahkan, kini doula-lah yang menjadi andalan para ibu sebagai pendamping persalinan, selain support system yang utama, yakni suami.

Manfaatnya?

Afirmasi positif dari metode hypnobirthing sendiri terbukti bisa membuat proses persalinan jauh bisa lebih dinikmati. Ditambah dengan keadaan fisik yang lebih matang karena rajin berlatih.

Bersih-bersih rumah, pasukan anti tungau jadi andalan

Membersihkan rumah kini tidak cukup hanya dengan menyapu dan mengepel, apalagi saat sedang menyambut kelahiran bayi. Daripada beli vacuum cleaner yang cukup mahal, sekarang kita bisa mengandalkan pasukan anti debu dan tungau, khususnya dalam membersihkan sofa dan tempat tidur, karena debu dan tungau sangat sulit dibasmi tanpa menggunakan alat khusus.

Manfaatnya?

Rumah yang bersih dari debu dan tungau meminimalkan risiko ibu hamil dan bayi terpapar bakteri.

Beauty Treatment di rumah

Mulai dari manicure, pedicure, massage, nail art, sampai lash extension kini bisa dilakukan di rumah. Jaman sekarang, nggak sedikit lho ibu yang “ingat” untuk pasang bulu mata palsu jelang due date. Memang sih saya sadar betul kalau ini hanya trend yang nggak wajib dilakukan. But, then I did it anyway, hahaha! Believe it or not, that was the last time I had a chance to pamper myself, setelah kemudian sibuk buk buk ngurus bayi.

Manfaatnya?

Nothing specific to ourselves and the baby, tapi coba ingat lagi perasaan yang datang setiap kali kita keluar meninggalkan salon dengan rambut hasil blow yang lembut dan wangi. Mood pun secara otomatis langsung meningkat.

Waxing

Jelang melahirkan, baik normal maupun caesar, seringkali rasanya gimanaa.. gitu, kalau harus melewati proses cukur bulu vagina oleh perawat. Beda dengan melakukannya di tempat waxing, baik suasana maupun peralatan yang digunakan biasanya akan jauh membuat kita merasa lebih nyaman.

Manfaatnya?

Kenyamanan, that’s all that matters!

Intinya, melakukan hal sederhana yang dapat meningkatkan mood maupun rasa percaya diri kita sebagai ibu tidaklah sia-sia, bahkan kita membutuhkannya supaya kita lebih bersemangat saat menyambut si kecil.

Jadi, pilih trend yang mana nih yang mau dilakukan jelang due date?


Post Comment