Serba-serbi Tongue Tie: Bisa Membuat Anak Cadel, Lho!

Sejak menyusui Xylo hampir 5 tahun lalu, saya belajar perlekatan hanya 1-2 minggu. Setelah itu saya baru tahu kalau ada ibu yang bisa sampai satu bulan belum bisa perlekatan dengan baik.

Penyebabnya rata-rata tongue tie (ankyoglossia) atau selaput bawah lidah yang pendek sehingga lidah bayi bahkan tidak bisa menyentuh gusinya sendiri. Padahal menyusu dengan benar butuh lidah, jadilah bayinya kesulitan menyusu.

bayi menangis tongue tie

Ibu juga biasanya sangat kesakitan. Putingnya bisa sampai berdarah-darah atau lecet berlebihan. Belum lagi payudara bengkak karena ASI yang tidak keluar sesuai kebutuhan bayi.

Apa saja hal yang wajib diketahui tentang tongue tie?

Penyebab tongue tie

Penyebab persis tongue tie sebetulnya tidak diketahui karena merupakan cacat lahir. Seharusnya selaput di bawah lidah itu terpisah sebelum bayi lahir sehingga lidah bayi bisa bergerak bebas. Banyak pula yang memang disebabkan karena faktor genetik (ayah atau ibu tongue tie juga atau cadel). Masalah ini mempengaruhi 4-11% bayi yang baru lahir dan lebih sering terjadi pada anak laki-laki.

Ciri-ciri tongue tie

Ibu akan sangat kesakitan saat menyusui dan berat badan anak tidak naik sesuai kurva. Bayi dengan tongue tie juga cenderung rewel dan tampak selalu lapar. Sebabnya mereka tidak mendapat asupan ASI yang cukup karena perlekatan yang salah.

Jika bayi membuka mulut, lidahnya tidak bisa menyentuh gusi bawah serta membentuk hati. Lidahnya juga tak akan cukup panjang untuk menyentuh langit-langit mulut.

Risiko

Yang pertama, bayi akan susah latch on sehingga berisiko kenaikan berat badan tidak sesuai kurva. Selanjutnya, anak yang tongue tie biasanya punya masalah bicara seperti cadel, terlambat bicara, menggeretakan gigi, ngorok, dan berbagai gangguan tidur lain.

Cara menyembuhkan tongue tie

Tongue tie biasanya disembuhkan dengan cara menggunting selaput di bawah lidah itu. Prosedurnya tidak menyeramkan, hanya digunting dengan gunting kecil selama beberapa detik. Biasanya bayi langsung disusui agar pendarahannya berhenti.

Prosedur ini juga bisa dilakukan pada orang dewasa lho. Apalagi jika tongue tie menyebabkan masalah sulit tidur yang membuat produktivitas menurun.


Post Comment