Sandra Dewi: Hamil, Menyusui itu Asyik. Paling Susah Ketika Anak MPASI

Kenapa Sandra Dewi menganggap masa MPASI lebih susah dibanding masa kehamilan dan menyusui?

Sandra Dewi, mengaku sedang menikmati peran sebagai ibu dari Raphael Moeis (1). Istri dari Harvey Moeis mengaku sebagai ibu baru, dirinya mendapatkan banyak pengalaman menarik dan menantang selama mengurus Raphael.

“Hamil dan menyusui itu menyenangkan. Paling susah ya ketika anak sudah mulai MPASI,” celetuknya.

Sandra Dewi: Hamil, Menyusui itu Asyik. Paling Susah Ketika Anak MPASI - Mommies Daily

Wah, kok bisa masa MPASI paling susah dibanding hamil dan menyusui, sih?

Ketika hamil, saya sangat menikmati. Apalagi kehamilan saya tidak banyak kendala. Saya tetap bekerja bahkan sehari sebelum melahirkan. Soal makan, ketika hamil saya makan semua. Tidak ada pantangan.
Begitu juga saat menyusui. Semua makanan yang dibilang orang baik, mulai dari bubur kacang hijau, kelapa hijau hingga sarang burung, saya konsumsi.

Ketika hamil dan menyusui, saya berpikir untuk mengenalkan semua makanan sama anak. Jadi pas MPASI nanti pun lancar. Eh, tapi itu hanya teori, hahahaha. Praktiknya ternyata tidak seindah bayangan. Malah masa-masa MPASI adalah masa yang paling sulit.

Ya, sulit mulai dari memikirkan menu makanan MPASI buat anak. Lalu memasaknya. Eh tiba-tiba ketika semua sudah ready, anak nggak mau makan. Duh rasanya kok nyesek ya. Kalau saat menyusui kan, enak. Anak lapar, ya kita susui, nggak bakal menolak hahaha.

Apa hal yang menantang ketika MPASI?

Menentukan menu makanan. Contohnya pada satu menu MPASI yang sama, terkadang ia menyukainya tetapi kadang juga tidak. Dan mood anak. Sama seperti kita orang dewasa, ya suka moody hahaha. Dan soal variasi menu MPASI itu juga PR. Setiap hari saya harus cari menu MPASI, karena untuk makanan anak juga diusahakan masak sendiri. Misalnya sudah masak, sudah enak rasanya menurut kita, ternyata anak tidak suka atau tidak mau makan. Mungkin karena pada dasarnya anak-anak sudah mengerti rasa, sehingga ia dapat mengenali makanan yang disukai dan yang tidak.Jadi memang harus pandai-pandai ibu membuat kreasi menu. Harus rajin main ke Mbah google atau kepo sosial media soal menu anak.

Trik atasi masalah ini gimana?

Kalau anak sudah moody, tidak mau makan maka saya akan mengeluarkan jurus memanggil semua orang di rumah untuk menghibur Rafa.

Biasanya orang tua suka memaksa anak makan. Apa ini juga berlaku buat Raphael?

Sebisa mungkin aku hindari. Biasanya sih kalau berbagai cara sudah tidak ampuh, saya akan mengajak Rafael makan makanan keluarga.

Pesan untuk para ibu yang baru mulai MPASI?

Kenalkan pada semua jenis makanan, sejak hamil dan menyusui. Karena ketika hamil dan menyusui apa yang ibu makan juga dinikmati anak. Saya sedikit menyayangkan satu hal saat hamil dulu, lebih sering makan daging daripada ikan, yang akhirnya menurun pada Rafa sekarang. Pengenalan akan makanan itu bukan pas MPASI aja. Tapi masa hamil dan menyusui adalah pengenalan dini anak pada semua jenis makanan. Jadi, ternyata dalam kandungan, anak itu sudah merekam semuanya.Dan ingat, jangan memaksa. Kalau anak lapar, dia akan makan.


Post Comment