Resep Playdough Homemade yang Tahan Lama

Mommies yang punya balita pasti pernah dong ya bikin playdough sendiri di rumah? Selain lebih irit dibanding harus membeli Playdoh, membuatnya pun bisa jadi quality time bersama anak.

Playdough homemade yang paling sederhana hanya terbuat dari terigu, garam, air, dan pewarna makanan saja. Namun playdough sederhana biasanya tidak awet, selesai main kadang jadi kering atau malah berjamur. Baunya juga jadi tidak enak.

Nah, sudah beberapa bulan terakhir, saya tidak lagi membuat playdough semacam itu. Dengan resep ini, playdough bisa seawet adonan lilin lho! Tinggal dimasukkan di wadah kedap udara agar tidak kering, tidak berjamur dan tidak berbau basi juga!

Playdough

Ini resep playdough tahan lama dan tidak cepat kering

Bahan:

100 gr tepung terigu
50 gr garam halus
Beberapa sendok maizena/tepung kanji sesuai kebutuhan, semakin banyak maizena, semakin padat playdough-nya
2-3 sdm minyak goreng
2 sdt
Air secukupnya, sampai adonan kalis
Pewarna makanan

Cara membuat:

Campur terigu, garam, cuka, dan minyak. Kemudian tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan kalis. Jika terlalu lembek, bisa tambah maizena. Pisahkan jadi beberapa bagian dan beri pewarna sesuai selera.
Saya hanya coba sampai di sini dan adonan cukup awet selama beberapa bulan asal ditempatkan di wadah kedap udara. Namun banyak juga yang memasaknya agar bisa lebih awet lagi.

Adonan dipanaskan di pan sambil terus dibolak-balik agar panasnya merata. Playdough bisa disimpan di kulkas dan tinggal ditambahkan air serta dipanaskan ulang jika mengeras.

Agak repot tapi jadinya tidak banyak terigu terbuang karena playdough ini bisa digunakan berkali-kali. Plus aman dimakan karena terbuat dari bahan makanan. Selamat mencoba!


Post Comment