banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Ayo Lawan 10 Ancaman Kesehatan Global 2019

author

annisast21 Jan 2019

Ayo Lawan 10 Ancaman Kesehatan Global 2019

Mengawali tahun 2019, World Health Organization merilis secara resmi 10 ancaman kesehatan global yang harus dilawan bersama.

Mungkin tidak semua, tapi kita juga bisa lho ikut membantu untuk melawan bersama 10 ancaman kesehatan ini. Apa saja daftarnya?

ancaman-kesehatan

1. Polusi udara dan perubahan iklim

9 dari 10 orang menghirup udara berpolusi setiap hari. Di tahun 2019, polusi udara dikategorikan sebagai risiko lingkungan terbesar bagi kesehatan.

Polusi udara bisa masuk ke sistem pernapasan, merusak paru, jantung, dan otak. Membunuh 7 juta orang setiap tahun dari penyakit seperti kanker, stroke, dan jantung.

Cara berkontribusi untuk melawannya adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi serta menggunakan kendaraan pribadi bersama-sama.

2. Penyakit tidak menular

Diabetes, kanker, dan penyakit jantung mengakibatkan 70% orang meninggal di seluruh dunia atau sekitar 41juta orang termasuk 15juta orang yang meninggal muda di usia 30-69 tahun.

Penyebab penyakit tersebut adalah merokok, kurang aktivitas fisik, alkohol, makanan tidak sehat, dan polusi udara. Jadi yuk, belajar untuk hidup lebih ehar sehingga tidak mudah jatuh sakit!

3. Wabah Influenza

Dunia diprediksi akan terkena wabah influenza global, namun belum diketahui kapan dan akan seberapa parah. WHO kini sedang memonitor potensi wabahnya, bekerja sama dengan 153 institusi dan 114 negara.

Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya mommies melakukan vaksin influenza untuk keluarga lho. Supaya ketika terserang pun tidak akan separah biasanya.

4. Area rawan masalah

Lebih dari 1,6 miliar manusia (22% dari populasi) hidup di tempat rawan masalah seperti kekeringan, kelaparan, konflik dengan layanan kesehatan yang sangat kurang. Area seperti ini ada di hampir seluruh belahan dunia. Sedih ya! :(

5. Resistensi Antimikroba

Perkembangan antibiotik, antiviral, dan antimalaria adalah penemuan medis tersukses. Namun ternyata, makin banyak manusia yang sudah resisten terhadap obat-obatan semacam itu. Penyebabnya karena konsumsi terlalu banyak, bukan hanya pada manusia tetapi juga pada hewan peternakan yang kita konsumsi.

Untuk mencegahnya, coba metode Rational Use of Medicine (RUM) yuk moms. Selalu kritis saat diberi antibiotik dan jangan terlalu mudah memberi obat pada anak dan keluarga.

6. Ebola dan ancaman patogen lain

Tahun 2018, Kongo terjadi 2 outbreaks Enola yang kemudian menyebar di kota berpopulasi 1juta orang. Penyakit lain yang diprioritaskan untuk riset dan menjadi perhatian WHO adalah Zika, Nipah, Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERS-CoV), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

7. Lemahnya layanan kesehatan utama

Banyak negara yang belum punya layanan kesehatan utama yang mumpuni, terutama negara berpenghasilan rendah dan menengah. Padahal layanan kesehatan di tiap negara tentu akan berpengaruh pada kesehatan dunia secara global.

8. Antivaksin

Kaum antivaksin menjadi ancaman karena tidak terbentuknya herd immunity, meningkatkan risiko penyakit, dan munculnya kembali penyakit yang seharusnya sudah hilang. Seperti jumlah penderita Measles yang meningkat 30% secara global.

Vaksin melawan 2-3juta kematian dalam setahun. Vaksin juga adalah cara termurah dan termudah untuk menghindari penyakit. Yuk jadi agen perubahan, ingatkan orang terdekat untuk vaksin dan sering-sering share tentang vaksin di media sosial. :)

9. Dengue

Dengue bisa mematikan dan meyebabkan kematian pada 20% orang yang menderita dengue parah. Jumlah penderita semakin banyak di negara yang sering hujan seperti Bangladesh dan India.

Wahhh, saatnya untuk mengecek ulang tempat-tempat yang bisa jadi nyamuk bersarang ya moms!

10. HIV

Kemajuan melawan HIV adalah memeriksa sebanyak mungkin orang untuk mencegah penularan lebih banyak lagi. Para penderita kemudian diberi terapi ARV (antiretroviral), kini yang sedang dalam perawatan ARV itu mencapai 22juta orang.

Meski demikian, masih banyak juga orang yang meninggal karena HIV/AIDS, sejak penyakitnya muncul, sudah 35juta orang meninggal di seluruh dunia.

Tahun 2019 ini, WHO akan bekerjasama dengan negara untuk memperkenalkan tes mandiri sehingga pada ODHA bisa mengetahui status mereka.

*

Jadi, apa saja yang bisa kita lakukan untuk melawan 10 ancaman kesehatan global ini, moms?

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan