Anak Bersosialisasi, Ajarkan 20 Hal Ini!

Anak bersosialisasi buat saya adalah salah satu kemampuan penting yang perlu dipelajari dan dimilikinya. Dan saya berharap, anak-anak saya mempunyai 20 hal ini ketika mereka bersosialisasi.

Pernah mendapat teman kerja yang pintarnya luar biasa tapi begitu urusan bergaul alias bersosialisasi dia berubah menjadi ‘ajaib’? Saya belum pernah menemukan orang-orang di umur saya yang susah bersosialisasi. Nggak tahu juga ya, bisa jadi saya memang kebetulan ketemunya dengan mereka-mereka yang seru dan nggak ada masalah dengan pergaulan. Tapi entah kenapa, sudah beberapa kali saya berinteraksi dengan anak-anak muda (duiileeeh sok tua ya tante ini …. Ahahahaha) yang pintar tapi urusan bersosialisasi kok kayaknya mereka perlu perjuangan.

Baca juga:

Ajarkan Anak Life Skill Sesuai Usia

Dan bagi saya, di luar urusan pintar, anak-anak saya juga wajib bisa bersosialisasi dengan baik, tanpa peduli latar belakang orang-orang di sekitarnya. Karena saya percaya banget, ketika kita mampu bersosialisasi dengan baik, kesempatan akan lebih mudah datang menghampiri.

Anak Bersosialisasi, Ajarkan 19 Hal Ini! - Mommies Daily

Jadi untuk anak-anak saya, jangan lupa lakukan 20 hal ini agar kalian bisa menjadi teman, rekan kerja, atasan, bawahan yang baik untuk orang-orang di sekitar kalian.

1. Usahakan untuk selalu mengingat nama orang dengan siapa kalian berkenalan. Nggak perlu mengingat nama panjang hingga gelarnya, cukup nama panggilan, karena ini menunjukkan bagaimana kalian menghargai orang lain.

2. Jangan pernah lupakan etika, tata krama, sopan santun, tak peduli dengan siapa kalian berinteraksi. Entah dengan yang lebih tua, lebih muda, sepantaran, lebih kaya, lebih kekurangan, lebih pintar, karena etika dan sopan santun itu milik semua orang, bukan milik golongan tertentu.

Baca juga:

Orangtua, Ajarkan Anak Sopan Santun Dalam Dunia Kerja!

3. Fokus dan dengarkan dengan baik ketika lawan bicara kalian sedang berbicara. Letakkan dulu ponsel kalian dan sediakan mata serta telinga untuk lawan bicara kalian.

4. Duduk dengan postur yang baik. Tidak perlu menunduk karena minder, atau membusungkan dada karena sombong. Duduk tegak penuh percaya diri.

5. Berjalanlah juga dengan penuh percaya diri. Angkat kepala kalian, bukan dagu kalian. Imbangi langkah dengan siapa kalian berjalan.

Baca juga:

Tumbuhlah Menjadi Anak yang Percaya Diri, Nak

6. Tersenyum nak. Senyum itu murah meriah, namun efeknya bisa sangat luar biasa. Kamu nggak akan pernah tahu, efek senyum yang kalian berikan ke orang-orang di sekitar kalian bisa jadi itu adalah satu-satunya hal menyenangkan yang dilihat oleh orang itu.

7. Nggak bosan mama mengingatkan, jangan pernah lupa katakan tolong dan terima kasih. Tak terbatas dengan orang yang kalian kenal, namun juga terhadap orang asing. Pelayan di restoran, mbak-mbak penjaga studio XXI, tukang parkir atau pengemudi transportasi umum online.

8. Jangan mudah meluapkan rasa marah kalian ke orang lain di depan banyak orang. Ingat, bahwa seseorang yang menjadi luapan rasa marah kalian juga memiliki rasa malu dan harga diri. Selesaikan baik-baik.

9. Jadilah lawan bicara dan diskusi yang menyenangkan. Jangan selalu ingin mendominasi pembicaraan.

10. Jangan takut untuk melakukan kontak mata.

11. Jadilah manusia dengan pemikiran yang terbuka. Jangan membatasi diri hanya mau menerima pendapat yang sejalan dengan kalian, lantas menolak mereka yang berseberangan.

12. Jangan mudah menghakimi karena kamu tidak berada di posisi orang yang kamu hakimi.

13. Jaga hubungan baik dengan sahabat dan teman-teman yang membuat kamu menjadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia.

14. Seandainya kalian mempunyai ‘musuh,’ tetap hargai musuh kalian dan perlakukan mereka dengan penuh respek.

15. Miliki rasa ingin tahu yang besar terhadap cerita orang, karena ini membuat mereka merasa didengar dan diperhatikan.

16. Don’t take people for granted!

17. Berani mengakui kalau kamu salah dan siap bertanggung jawab terhadap efek dari kesalahan kamu.

18. Tepat waktu kalau janjian sama orang, jangan membuat mereka menunggu dan membuang waktu mereka.

19. Ketahui batasan ketika kalian bercanda. Jangan melakukan tindakan yang dapat membahayakan satu sama lain. Hati-hati ketika topik bercanda kalian adalah keluarga, orangtua, pasangan, agama.

20. Perhatikan juga kebersihan diri ya nak. Jangan bau badan, bau mulut, bau kaki. Hargai kenyamanan orang-orang di sekitar kalian.


Post Comment