10 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Ada yang berencana resign tapi tetap mau produktif? Atau butuh penghasilan tambahan yang bisa dilakukan dari rumah? 10 ide bisnis dari rumah berikut ini, bisa jadi inspirasi mommies.

Memasuki 2019, dengan segala pertimbangan saya memutuskan harus melakukan sesuatu yang lebih dari sisi pekerjaan. Tak hanya terpaku berkarier di kantor, tapi juga jeli menangkap peluang kesempatan dari luar. Adalah bisnis dari rumah yang sempat menggoda untuk saya coba. Karena sadar dengan potensi diri yang masih bisa dikembangkan. Yaitu di bidang fotografi dan sebagai penulis lepas.

10 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan dari Rumah - Mommies Daily

Baca juga: 6 Sumber Alternatif Mengumpulkan Modal Usaha

Kedua ceruk bisnis yang saya singgung di atas, juga diamini oleh triedandtruemomjobs.com. Setidaknya ada 10 model bisnis dari rumah, jika mommies ingin mencoba peruntungan seperti saya. Good luck!

Baca juga: Jangan Pernah Berhenti Bermimpi

1. Blogging

Lima tahun belakangan, menurut pengamatan saya, adalah “surganya” para blogger. Masing-masing punya tema tulisan yang menjadi modal jualan mereka. Food, Beauty & Fashion, Kids, Lifestyle, How to Make Money, dan lain-lain. Kenali kekuatan mommies di mana. Yang saya pelajari dari teman-teman yang juga jadi blogger, tema yang dipilih, adalah sesuatu yang mereka sukai. Atau bisa juga, dalam satu blog mengandung beberapa tema, tapi ada satu tema yang paling sering dibahas.

2. Penulis lepas

Nah ini yang saya singgung di atas. Sekarang tuh banyak sekali perusahaan start up yang membutuhkan penulis lepas. Mengisi kanal artikel website mereka, atau apa pun model platform-nya yang membutuhkan tulisan. Tinggal disesuaikan dengan keahlian spesifik mommies.

3. Proofreader

Ini juga banyak dibutuhkan oleh penerbit buku. Syarat utama, pastinya harus menguasai penulisan tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau jika bukunya berbahasa Inggris, menguasai grammar.

4. Photography

Apalagi kalau mommies sudah punya bekal ilmu memotret. Pernah kursus atau belajar otodidak. Mulai dari teman-teman sendiri. Foto bayi yang baru lahir, teman yang sedang hamil, atau foto prewedding. Pokoknya manfaatkan link pertemananan. Konon, teknik marketing dari mulut ke mulut bisa jadi awal yang baik.

5. Graphic Designer

Salah satu skill yang saya impikan, nih. Menjadi illustrator, bisa mendesain gambar apa pun yang saya suka. Biasanya pekerjaan ini dibutuhkan klien yang ingin membuat buku, dan butuh ilustrasi. Atau mereka yang ingin menikah, dan ingin desain undangan yang unik. Untuk permulaan, posting hasil karya mommies di Instagram secara berkala. Followers yang mayoritas teman-teman mommies akan sadar dengan sendirinya, kemampuan khusus yang kita miliki, dan mendapatkan proyek.

6. Social Media Manager

Keuntungan berjayanya social media, hadirnya posisi Social Media Manager. Pekerjaan yang menentukan strategi social media perusahaan, disesuaikan dengan target pasar. Akan lebih menyenangkan, melamar ke perusahaan yang punya produk atau jasanya sudah familiar dengan mommies.

7. Interior Designer

Punya background pendidikan sebagai interior designer, namun terjebak cukup lama di pekerjaan yang jauh dari ilmu tersebut? Mungkin ini saatnya memanfaatkan kembali disiplin ilmu mommies yang selama ini hanya diaplikasikan ke rumah sendiri.

8. Menyewakan perlengkapan anak-anak

Asik kan punya pasif income, dari hasil menyewakan barang-barang yang kita punya. Paling mudah, menyewakan mainan-mainan si kecil atau perlengkapan bayi. Daripada nggak dipakai setelah anak-anak beranjak besar, lebih baik dimanfaatkan untuk bisnis. Atau beli barang-barang baru, yang berpotensi akan disewa di musim liburan. Misalnya stroller, gendongan, earmuff, bath tub portable dan lain-lain.

9. Menjadi reseller

Mulai menjajakan dagangan di akun Instagram atau bergabung di salah satu e-commerce. Pilih barang yang sekiranya dalam proses pengiriman mudah dari segi kemasan.

10. Travel agent

Selama ini senang traveling sama keluarga atau teman, dan sudah menguasai berburu tiket murah, bikin itinerary, mencari hotel, dan lain-lain. Manfaatkan keahlian mommies ini menjadi ladang bisnis. Lagi-lagi, awali dari lingkungan terdekat dulu. Misalnya keluarga suami mau pergi perjalanan ibadah, tapi setelahnya dilanjutkan dengan jalan-jalan ke negara lain.

Mau mencoba yang mana mommies?

Baca juga: 4 Hal yang Jangan Anda Katakan Kepada Work-At-Home-Mom


Post Comment