20 Self Care untuk Ibu Super Sibuk

Sediakan waktu setidkanya 20-30 menit untuk me time sederhana tapi berdampak maksimal. Apa saja pilihannya?

Iya sih, yang namanya kerjaan seorang ibu nggak pernah ada habisnya. Senin-Jumat kerja, Sabtu-Minggu quality time sama keluarga. Apalagi buat mommies yang punya usaha sendiri dari rumah, atau mompreneur, setiap hari adalah hari kerja.

 alisa-anton-140238-unsplashImage: by Alisa Anton on Unsplash

Tapi coba deh kita apresiasi diri sejenak. Selama ini yang suka bilang “nggak ada waktu,” itu karena tidak menyediakan waktu khusus. Minimal 20-30 menit cukup kok, dan bisa dilakukan di rumah, apa saja pilihannya?

1. Meditasi

Sekarang sudah banyak aplikasi yang memungkinkan mommies melakukan meditasi di rumah, bahkan di tempat kerja sambil duduk. Karena kunci meditasi mengatur napas. Makanya bisa menimbulkan efek relaksasi.

2. Yoga

Di awal saya mau mulai lagi olahraga, Yoga adalah pilihan paling logis. Karena dari segi gerakan tidak terlalu intens. Dan lagi menggunakan teknis napas yang juga punya manfaat menenangkan. Menyelaraskan pikiran dan hati. Untuk yang baru mau mencoba, saya sarankan ikut kelas yang ada instrukturnya ya. Supaya tahu dulu, gerakan-gerakan dasar yang benar seperti apa. Habis itu mau melakukan sendiri rumah, mencontoh dari youtube silakan.

3. Ritual andalan

Tentukan spot khusus favorit mommies. Misalnya di pojok kamar, letakkan sofa empuk dengan meja kecil yang dilengkapi aromaterapi. 10-15 menit setiap pagi menikmati kopi atau teh di situ, dan benar-benar mendedikasikan waktu untuk diri sendiri, menurut saya sepadan dengan efek yang mommies dapatkan.

4. Merendam kaki

Sejujurnya saya pun melakukan hal ini, terakhir kali pas hamil, hahaha. Itu pun karena kaki saya bengkak. Tapi serius deh, badan ikutan rileks lho. Bisa dengan larutan khusus yang banyak dijual. Atau sesederhana, air hangat dan garam kasar atau irisan lemon.

5. Nonton film

Makanya saya setia belangganan Netflix , ahahaha. Karena tidak bisa setiap minggu ke bioskop, kan? Koleksi filmnya juga lebih beragam. Tapi kalau ada film yang benar-benar saya suka, pasti sih saya “kejar” juga nonton di bioskop. Eh, nonton sendirian itu asik juga, lho.

6. Mendengarkan Podcast

FYI, podcast adalah episode program yang tersedia di internet, bentuknya bisa audio atau video. Selain itu juga bisa berupa siaran televisi atau program radio. Isi yang disajikan beragam, pilih saja tema yang mommies suka.

7. Tidur siang

Ini memungkinkan kalau libur sih, ya. Atau sengaja cuti sehari mendedikasikan diri untuk leyeh-leyeh di rumah, nggak ada salahnya.

8. Mandi

Ahahahha, buat ibu-ibu yang masih punya anak balita, mandi itu sebuah kemewahan, ya kan, yak kan? Saya tuh kalau mandi, benar-benar menikmati. Walau ada Jordy yang nungguin di depan kamar mandi, hahahaha. Yang punya bathtub di rumah, jangan ragu lengkapi dengan lilin-lilin aromaterapi, sambil baca buku, dan mendengarkan musik jazz favorit. Hati-hati ketiduran, ya!

9. Jalan

Ini nih yang sebetulnya ada usaha. Harus menemukan taman kota yang bersih. Ummm, atau bisa juga dilakukan di kompleks perumahan mommies. Bisa sekalian olahraga, kan?

10.Menjadi volunteer

Saya pernah melakukan hal ini beberapa waktu lalu. Sensasi yang didapat full feeling banget! Saya mengajar menulis untuk seratusan murid SD. Ngeliat wajah-wajah excited mereka menerima materi yang saya berikan, kayaknya tuh, nggak bisa dibayar oleh apapun.

11. Browsing sesuatu untuk referensi

Misalnya Pinterest, Instagram dengan hastag yang kita pilih. Tapi jangan kelamaan, ya. Soalnya kalau main social media, pasti deh waktu berjalan begitu cepat. Lebih baik dimanfaatkan untuk ide-ide me time lainnya berikut ini:

12. Menulis

13. Bersepeda

14. Face mask

15. Pijat

16. Ngopi sama sahabat

17. Skype dengan teman-teman lama

18. Baking (khusus yang suka masak :p)

19. Berkebun

20. Pedicure/manicure

Kalau ada ide me time simple yang biasa mommies lakukan, bisikin kami, ya.

Artikel ini diadaptasi dari: realhousewivesofmn.com


Post Comment