Helm Khusus untuk Bayi yang Memiliki Kepala Datar

Orang awam menyebutnya kepala peyang, di dunia kedokteran istilah ini dikenal dengan plagiocephaly, atau kepala datar. Namun bisa diatasi dengan terapi menggunakan helm khusus.

Dikutip dari Alodokter.com. Plagiocephaly adalah kondisi di mana salah satu sisi kepala datar, bentuknya terkesan asimetris. Bahkan memengaruhi posisi telinga bayi meniadi tidak sajajar. Apabila dilihat dari atas, bentuk kepala menjadi seperti jajar genjang. Disebabkan karena posisi telentang dari satu sisi yang terlalu lama.

Di artikel MD, Flat Head Syndorm, juga pernah disinggung, sindrom ini tidak bisa dianggap enteng. Selain berpengaruh dari segi penampilan, jika didiamkan akan berdampkan panjang, bisa memengaruhi kemampuan penglihatan, pendengaran, kognitif dan keterlambatan motorik.

Baru-baru ini, media Singapura ramai membahas anak dari artis setempat yang harus menggunakan  helm khusus untuk terapi bentuk kepalanya yang datar. Adalah Marc anak Cherly Wee berusia 6 bulan, yang mengalami sikon tersebut.

Helm Khusus untuk Bayi yang Memiliki Kepala Datar - Mommies Daily

“Alasan kami menggunakan helm ini sudah ada sejak konsultasi pertama dengan dokter. Kami menemukan bahwa kepala Marc sangat datar. Sehingga jauh dari indeks, yang merupakan faktor penentu, dia harus menggunakan helm terapi,” kata Cherly pada The Asian Parent Singapura.

Apakah terapi helm tersebut membuahkan hasil?

Masih dikutip dari The Asian Parent Singapura. Cherly mengakui, ia telah melihat peningkatan bentuk kepala anaknya. Untungnya Marc, adalah anak yang mudah terbiasa dengan benda baru yang menempel pada tubuhnya.

Kiat dari Cherly, ketika sudah dikenakan, biarkan saja, nanti juga akan terbiasa. Dan bonusnya helm tersebut juga berfungsi sebagai pelindung kepala. Di usia Marc mulai berguling dan kadang meluncur bebas dari bouncer.

Helm Khusus untuk Bayi yang Memiliki

Tidak disebutkan oleh Cherly, berapa lama dalam sehari March menggunakan helm terapi, dan dalam jangka waktu berapa bulan. Namun disebutkan oleh Alodokter, bayi dengan kondisi kepala Plagiocephaly, menggunakan  helm terapi selama 23 jam per hari.

Soal harga, pas saya browsing dari berbagai sumber, yang termurah itu 39 juta, hingga 41 juta! Wow ya untuk harga sebuah helm. Tapiiii, kan, helmnya memang didesain khusus untuk mengembalikan bentuk kepala bayi. Demi anak, worth it dong.

Mommies punya pengalaman sendiri seputar kasus ini, atau pernah melihat kerabat yang sedang menjalani proses ini?

*Images: IG @weecheryl


Post Comment