Belajar Coding Games Cuma Pakai Tablet? Bisa!

Di zaman sekarang, kemampuan coding rasanya jadi sebuah skill yang menjanjikan untuk investasi masa depan. Bisakah coding dengan hanya menggunakan tablet?

Bisa banget!

Mommies Daily bersama Samsung GALAXY Tab A menggelar Fun Learning Moment with Kids di Brood en Boter, Kemang, Jakarta Selatan 11 November lalu. Acara ini dihadiri oleh para mommies dengan anak berusia 4 hingga 8 tahun yang datang untuk belajar coding sama-sama.

Selain itu hadir pula momfluencer Fifi Alvianto bersama dua putrinya Lola dan Lana. Fifi mengaku ia bukan termasuk orangtua yang gaptek dan berusaha selalu update tentang teknologi agar bisa selalu menjelaskan jika anak bertanya.

samsung-3

“Aku tergolong orang melek teknologi jadi aku ngerti banget soal aplikasi, cara install aplikasi atau game yang tanpa iklan, YouTube juga pakai YouTube Kids. Orangtua harus lebih pinter dan lebih ngerti teknologi biar anak bisa nanya segalanya sama orangtua,” papar Fifi.

“Aku kuliah di bidang multimedia juga karena rasa penasaran sama teknologi. karena orangtua juga, dulu aku tanya soal email segala macem sama orangtua dan mereka ngerti. Intinya orangtua jangan sampai kalah ngerti sama anak,” lanjutnya.

Setelah berbincang bersama Fifi, para mommies dan si kecil dibagikan tablet Samsung GALAXY Tab A dan akan memulai belajar coding games sederhana menggunakan tablet bersama para pengajar dari sekolah coding, Coding Bee.

samsung-1

Untuk anak, coding bisa melatih skill problem solving, mengasah kreativitas, menunjang pelajaran lain seperti Matematika, Science, dan Reading, serta merupakan skill yang paling relevan di zaman sekarang.

Para pengajar dari Coding Bee menjelaskan dasar-dasar coding dan memperkenalkan cara membuat games animasi sederhana. Dari memilih karakter sampai memerintahkan karakter tersebut untuk bisa bergerak seperti berjalan atau menjatuhkan batu.

samsung-2

Selain bisa untuk belajar coding, yang paling keren dari Samsung GALAXY Tab A ini adalah Kids Mode yang merupakan fitur bawaan. Jika masuk ke Kids Mode, tampilan layar akan langsung berubah menjadi warna-warni khas anak-anak.

Di dalam Kids Mode, tablet bisa digunakan seperti selayaknya tablet biasa namun ramah anak. Ada fitur kamera, video, doodle, dan berbagai aplikasi yang kids friendly. Google Play-nya pun spesial karena hanya bisa digunakan untuk mencari dan mengunduh aplikasi anak-anak.

Selain itu, mommies juga bisa memasang fitur Screen Time yang akan otomatis membunyikan alarm ketika jatah screen time anak habis. Tak seperti alarm biasa, screen time ini bisa diakumulasi. Jadi misal jatah screen time anak dalam sehari itu 2 jam. Pagi hari dia menonton selaam setengah jam, siang menonton setengah jam, alarm belum akan berbunyi sampai ia benar-benar menonton 2 jam dalam sehari. Canggih dan praktis banget ya!

Untuk keluar Kids Mode ini diperlukan passcode khusus yang di-set oleh orangtua. Jadi anak tidak akan mengganggu settingan tablet kita sendiri. Nggak khawatir dia ngotak-ngatik yang nggak sesuai umurnya deh.

Baterainya juga tahan lama banget lho karena kapasitasnya memang besar, yaitu 7.300 mAh. Meski kapasitasnya besar, proses chargingnya tidak memakan waktu lama karena tablet ini sudah memakai fitur fast charging. Recommended banget untuk mommies yang berencana beli tablet untuk si kecil, bermain dan belajarnya bisa lebih lama!

samsung-4


Post Comment