Nggak Perlu Nunggu Akhir Tahun, Lakukan Resolusi Keuangan Ini Setiap Bulan

Biasanya sih akhir tahun keyword yang paling sering keluar: resolusi. Lebih sempit lagi, banyak yang kepingin melakukan resolusi keuangan. Menurut saya, hal ini bisa dilakukan setiap bulan.

Resolusi keuangan - Mommies Daily

Mau apapun statusnya, mengatur keuangan mah hukumnya wajib. Apalagi yang sudah menikah, dan punya anak. Mimpi buruk siap menyapa, jika setiap bulan sembarangan sama yang namanya cash flow :p.  Saya pribadi, tujuan utama bijak sama keuangan keluarga, mau hidup nyaman ketika masa pensiun, dan nggak jadi beban buat anak. Urusan pendidikan dan hidup yang layak buat anak, sih, sudah pasti ya masuk prioritas.

Baca juga: Mengatur Budget Bulanan Keluarga

Nah, sebetulnya nggak perlu nunggu di akhir tahun kok buat punya resolusi keuangan. Saya melakukannya setiap  bulan. Ngeceknya juga nggak pakai ribet, mau tahu?

Pertama, sudah konsisten sama aturan yang sudah disepakati bersama pasangan?. Contohnya: saya memangkas jatah beli kopi di luar. Yang tadinya seminggu dua kali, menjadi seminggu sekali aja. Selain itu, memaksimalkan bekal dari rumah, untuk makan siang atau jajan sore. Pilih salah satunya, atau keduanya lebih baik. Jika bisa dilakukan keduanya, NGGAK BOHONG! Bisa banget menghemat pengeluaran.

Ke-2, jangan malas cek cash flow. Setiap kelar gajian, bayar ini itu, transfer sana sini, kerjaan saya mantengin file excel cash flow. Buatnya sederhana saja, kok, di Google Docs Sheets. Sudah sesuai track, kah? Ada yang over budget atau malah masih ada budget buat ditabung.

Ke-3, investasi, dana darurat dan dana pensiun sudah aman? Apapun itu kendaraan ketiga pos tadi, coba sempatkan cek, apakah return-nya sesuai harapan? Misalnya reksadana, bisa ditanya ke pihak bank. Tapi untuk jenis investasi panjang seperti emas, nggak bisa dicek setiap bulan gini, ya. Bisa jadi, menemukan instrument investasi lainnya, yang disesuikan untuk tujuan keuangan mommies.

Baca juga: Dana Darurat Bikin Pusing? Baca Dulu Tips Menabungnya!

Ke-4, cek barang-barang yang dibeli. APAPUN itu, dari belanja bulanan yang sifatnya primer, sekunder dan tersier. Yang dibeli menurut saya, harus punya nilai fungsi yang tinggi. Nggak kelamaan dianggurin sampai berdebu, huhuhu.

Terakhir, saya memastikan membayar lunas kartu kredit setiap bulannya. Nggak mau berurusan dengan lilitan bunga CC yang bikin tidur nggak nyenyak.

Ada mau menyumbang resolusi keuangan bulanan lainnya?


Post Comment