banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Terlalu Banyak Tidur Tingkatkan Risiko Penyakit Ini

author

annisast06 Dec 2018

Terlalu Banyak Tidur Tingkatkan Risiko Penyakit Ini

Setelah jadi ibu, terlalu banyak tidur rasanya hanya sebuah angan-angan ya karena kenyataannya kita selalu merasa kurang tidur. Tapi ternyata, terlalu banyak tidur juga ada risikonya lho!

Sudah pada tahu kan ya, tidur punya banyak manfaat kesehatan. Kulit yang lebih sehat, mengurangi risiko serangan jantung dan dementia, menambah kemampuan atletik, hingga menambah stamina saat berhubungan seksual. Tidur yang dikatakan efektif adalah minimal selama 7 jam.

alarm

Pertanyaannya, apakah semakin lama tidur kita akan semakin sehat? Ternyata jawabannya tidak.

Dilansir The Independent dari European Heart Journal, orang yang tidur lebih dari 8 jam dalam sehari lebih berisiko terkena masalah jantung dan kematian dibanding orang yang tidur 6-8 jam sehari.

Riset ini dilakukan pada 116.000 orang yang berusia 35 hingga 70 tahun dari 21 negara selama 8 tahun. Hasilnya menunjukkan orang yang tidur lebih dari 10 jam 41% lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung dibanding orang yang tidur selama maksimal 8 jam sehari.

Co-author riset Prof. Salim Yusuf dari Universitas Ontario, Kanada menegaskan bahwa tidur yang baik itu dari 6-8 jam sehari. Lewat dari itu, cobalah berkonsultasi pada dokter.

“Jika kamu tidur terlalu lama secara regular, katakan 9 jam sehari, mungkin kamu harus coba kunjungi dokter untuk memeriksa keseluruhan kesehatan. Dokter yang bertanya durasi tidur atau tidur siang pasien mungkin bisa membantu mengidentifikasi risiko tinggi jantung dan masalah pembuluh darah atau kematian,” ujarnya.

Jadi, pernah menghitung kah mommies berapa lama kita tidur dalam sehari?

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan