5 Alasan Kenapa Penting Memandikan Bayi dengan Air Hangat - Mommies Daily

5 Alasan Kenapa Penting Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Tahu kah mommies, bayi baru lahir punya masa neonatal, yaitu di 28 hari pertama kehidupannya. Di masa ini, salah satu yang paling disoroti adalah perawatan kulit bayi yang masih sangat sensitif. Makanya seluruh kegiatan yang bersentuhan dengan kulitnya, termasuk mandi wajib diperhatikan.

Duh, ngeri banget kan?  Makanya, segala kegiatan yang berhubungan dengan kulit bayi pada masa-masa itu, wajib mendapatkan perawatan maksimal, salah satunya ritual mandi. Jadi ingat di awal kelahiran Jordy anak pertama saya. Mau mandi aja hebohnya minta ampun, orangtua saya wanti-wanti jangan sampai suhu air terlalu panas. Cara paling gampang, menyentuh punggung tangan atau sikut, jika terasa hangat suam-suam kuku, tandanya air aman untuk memandikan si kecil.

5 Alasan Kenapa Penting Memandikan Bayi dengan Air Hangat - Mommies Daily

Makin yakin dan valid pas saya mendengar langsung pernyataan dari dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, dalam acara community gathering  MD bersama Ariston Thermo Indonesia, beberapa waktu lalu. Suhu air yang direkomendasikan sekitar 36-37 derajat Celcius.

Lalu apa sih, urgency-nya memandikan bayi menggunakan air hangat? Simak baik-baik alasannya berikut ini mommies.

1.Masih dari dr. Srie, dia bilang hal ini untuk menghindari bayi terkena hipotermia. Dengan catatan juga, mandinya cukup 10-15 menit. Setelah itu, segera balut si kecil dengan handuk.

2.Bayi baru lahir, cenderung memiliki suhu tubuh yang tidak stabil. Menggunakan air hangat, akan membantu subuh tubuh bayi tetap stabil, dan meninggalkan sensasi hangat.

3.Momen mandi adalah alternatif momen untuk melakukan multi sensori pada kulitnya, yang kaya manfaat. Jika dari suhu air hangat sudah tercukup, maka mommies akan mendapatkan manfaat mandi dengan maksimal. Karena selama mandi, bayi merasa nyaman, di antaranya adanya ikatan ibu dan bayi. Usahakan tetap kontak mata dan aja komunikasi, ya.

4.Kulit merupakan organ terluar yang berperan penting sebagai lapisan perlindungan. Selain itu juga berfungsi mengatur suhu tubuh, pertukaran zar dan mempertahankan kecukupan cairan tubuh.

5 Alasan Kenapa Penting Memandikan Bayi dengan Air Hangat - Mommies Daily

5.Menghindari risiko infeksi pada kulit. Tercatat di 2015, data WHO menyebutkan sekitar 70 ribu bayi di Indonesia meninggal sebelum menginjak usia 28 hari. Salah satu faktor pemicunya, adalah perawatan kulit pada masa neonatal tidak diperhatikan dengan saksama, yang mengakibatkan bayi terkena radang di seluruh tubuh, diakibatkan oleh infeksi.

Berikutnya kita juga harus mencari cara mendapatkan air hangat dengan aman. Ribet nggak sih, harus masak dulu di panci? Belum lagi risikonya, bisa tersenggol dan ada yang terluka, pas bawa panci menuju kamar mandi, duuuh membayangkannya aja nggak mau!

Buat urusan anak, orangtua mana yang mau berhadapan dengan risiko terburuk, terutama soal keselamatannya. Kalau saya memilih menggunakan  water hiter dari Ariston Thermo, yang punya sistem keamanan berlapis, mencegah ledakan – saya nggak khawatir dengan rumor kecelakaan water hiter karena kebocoran gas.

Dari segi pengeluaran juga lebih hemat, dibandingkan masak air pakai kompor gas. Hitung-hitungannya seperti ini: kapasitas Ariston Slim, kan 30 liter, tapi watt yang tersedot hanya 350! Air segitu sudah bisa untuk mandi sekeluarga.

Berdasarkan hasil riset, mendidihkan air di kompor membutuhkan biaya sekitar Rp 3.839,- per hari dan Rp 115.170,- per bulan, sedangkan menghangatkan air menggunakan water heater hanya perlu budget Rp 2.559,- per hari atau Rp 76.776 per bulan! Hemat hampir setengahnya.

Tersedia pula varian Ariston SLIM berkapastitas 30 liter, juga tersedia SLIM 20 (20 liter). Selain itu, ada Andris Lux, terbuat dari material dengan tingkat ketahanan yang tinggi, dan garansi tanki dan heating element hingga 10 tahun.

Mommies juga bisa memilih produk Kairos, memanfaatkan penyerapan energi matahari hingga 95%, serasa mandi dari sumber air alami, tapi bedanya bisa dinikmati di dalam rumah. Bisa jadi pengalaman mandi yang baru, kan? Nah, ada lagi yang menarik dari Ariston, yaitu si Aures Luxury, punya teknologi Constan Temperature, dan Shower Memory Profile. Yaitu fitur untuk menyimpan memori suhu ideal untuk masing-masing anggota keluarga. Cocok banget buat yang punya baby atau anak-anak. Nggak takut, pas awal mandi, airnya terlalu panas, atau dingin. Keren, ya?

Karena variannya beragam, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan mommies. Kalau saya pilih yang Ariston Slim kapasitas 30 liter. Mommies tertarik yang mana?

 


Post Comment