3 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Bekerja di Akhir Tahun

Sebelum buru-buru membayangkan libur akhir tahun dan bisa bebas sementara dari pekerjaan, jangan lupa untuk melakukan tiga hal ini.

Akhir tahun biasanya semangat kerja mulai menyurut, iya nggak sih? In my case, bisa karena cuaca mendung atau hujan yang bawaannya jadi ingin membuat saya kruntelan di kasur, atau mood liburan yang berasaaaaa banget. Jadi cukup menantang menjaga fokus untuk urusan pekerjaan. Tapiii, kalau terlalu lepas kontrol di akhir tahun, yang sudah-sudah, berdasarkan pengalaman sekian tahun lalu, jadi susah untuk memompa tenaga di awal tahun. Nah, untuk menghindari mood yang kurang bagus di awal tahun, ada baiknya kita coba melakukan tiga hal ini sebelum menutup tahun 2018 ….

3 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Bekerja di Akhir Tahun - Mommies Daily

1. Review kinerja kita secara pribadi

Nggak usah menunggu jadwal dari atasan atau perusahaan untuk mereview pekerjaan kita. Di akhir tahun, cobalah luangkan waktu untuk menilai diri sendiri mengenai performa kerja kita selama satu tahun terakhir ini. Apa yang sudah kita capai, apa yang belum terealisasi, mana yang menjadi titik kekuatan serta kelemahan kita, bagaimana rencana kerja di tahun depan, apa yang kita butuhkan untuk mewujudkan rencana kerja, buat list prestasi kerja kita selama satu tahun.

2. Buat rencana untuk satu tahun ke depan

Buatlah mulai dari goal tahunan, goal per semester, hingga goal per bulan. Coba pikirkan, apa sih yang ingin achieve di tahun depan? Bisa apa saja lho bentuknya! Bisa kenaikan jabatan, penambahan gaji atau fasilitas, atau sesederhana mengikuti event-event yang akan mengasah skill atau menambah skill baru. Jangan lupa kasih what to do untuk setiap goal dan berikan timeline. Sah-sah aja kalau ingin berbagi rencana ini ke atasan, agar atasan tahu bahwa kita sudah menyiapkan rencana untuk tahun depan. This will demonstrate your assertiveness, determination and strategic thinking.

3. Jangan lupa bersenang-senang

Mereview pekerjaan kita sudah, membuat rencana untuk tahun depannya juga sudah, sekarang waktunya memberikan sedikit reward atas kerja keras kita selama ini. Put your holiday vacation days on your calendar now, and tell those around you when you will be out. Karena keseimbangan antara kebutuhan materi yang diperoleh dari pekerjaan dengan keseimbangan jiwa dan emosi yang tenang dengan berlibur juga patut kita lakukan, ahahahaha.

Sumber artikel adaptasi: www.workingmother,com


Post Comment