Belajar dan Bersiap di Akhir Tahun

Bulan terakhir di tahun 2018 sudah hadir, banyakkah hal yang sudah kita pelajari sepanjang tahun 2018 dan siapkah kita menyambut 2019?

Belajar dan Bersiap di Akhir Tahun - Mommies Daily

Tahun 2018 sudah mau berakhir. Umumnya, ketika memasuki tahun baru, saya memiliki banyak daftar target yang ingin saya penuhi. Bagaimana realisasi di tahun 2018 ini? Ada yang terpenuhi dengan nilai gemilang, ada yang terwujud namun kurang maksimal dan tetap juga ada yang gagal total saya capai.

Menuruti ego, melihat list yang gagal, sifat Alpha Female saya bawaannya kesal dan semacam memaki diri sendiri. Kenapa harus gagal? Memang kurang dikasih 12 bulan? Tapi kemudian saya mencoba untuk melangkah mundur sedikit, agar bisa melihat gambaran pencapaian lebih jelas.

Well, bisa dibilang sisi keberhasilan dengan sisi kegagalan masih lebih banyak keberhasilannya kok. Lantas, kenapa saya nggak mencoba untuk men-twist- pola pikir saya agar belajar melihat sisi positif dalam hidup dibanding negatifnya. Kenapa saya nggak mendidik pikiran saya agar lebih menyayangi diri dibanding terlalu keras pada diri sendiri.

Jadi, suka atau tidak, ya sudah, saya hanya perlu menerima yang sudah terjadi, ‘membungkus’nya dan menjadikannya sebagai benchmark untuk target di tahun depan.

Belajar untuk menerima kegagalan. Belajar untuk menerima kekurangan. Belajar untuk menerima keterbatasan. Belajar untuk menerima rencana yang berjalan tidak sesuai rencana. Belajar untuk mampu menerima semua hal di atas itu juga salah satu pencapaian, kan?

Next step, bulan Desember ini saya mau sedikit melonggarkan napas, melambatkan kecepatan, menikmati satu bulan terakhir di tahun 2018 untuk relaks sejenak. Lelah lho kalau kita selalu gas pol sepanjang tahun. Selanjutnya, kembali melesat di tahun 2019.

Anggap saja akhir tahun ini saya mengisi amunisi tubuh, pikiran dan emosi agar bisa maksimal berlari di tahun 2019.

Bagaimana dengan Anda, sendiri? Sudah ada planning di akhir tahun? Ingat ya, jangan lupa untuk mencintai diri Anda, sebelum Anda memberikan banyak cinta untuk orang lain di sekitar Anda.

Selamat bulan Desember. Selamat musim hujan. Selamat beristirahat sejenak.


Post Comment