Jalan-jalan di Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung

Kalau ditanya tempat wisata di Bandung, saya yang lahir dan besar pun nyerah.

Nyerah karena banyak banget tempat baru dan biasanya ramenya luar biasa. Lagian namanya di Bandung ya, rata-rata tempat wisatanya kalau nggak urusan jajan, urusan belanja kan ya. Plus harus Insta-worthy. Yang mana saya males karena duh desek-desekkan sama orang demi jajan atau foto? NAYYYY.

Nah tapi sore tadi entah dapat ilham dari mana, suami ngajak ke Babakan Siliwangi. Babakan Siliwangi ini termasuk tempat wisata di Bandung yang baru, hasil kerja Kang Emil ahahaha.

Dulu, kawasan Babakan Siliwangi ini adalah hutan kota tapi entah tujuannya apa. Jadi ya banyak pepohonan tapi gelap-gelap spooky gitu dan sering jadi lokasi sharing cerita horor.

(Baca: Rekomendasi Tempat Makan Es Krim di Bandung!)

Setelah direvitalisasi dan diresmikan 17 Januari 2018 lalu, area ini jadi tempat untuk forest walk alias jalan-jalan di tengah hutan kota!

babakan siliwangi

Di tengah hutan kota itu dibuat semacam jembatan panel kayu sepanjang 2,2 km. Lebarnya 1,5 meter dan dilindungi pagar hijau setinggi satu meter. Jalan panel kayu ini berkelok, naik, turun, sesuai kontur tanah di bawahnya.

Menariknya, jembatan ini tidak dibuat dengan mengorbankan pohon. Jika kebetulan ada pohon tinggi, maka panel kayu dilubangi sehingga pohon muncul di tengahnya. Dari tinggi 3-4 meter, kita bisa berjalan menelusuri hutan dan melihat burung-burung di pohon.

Sayang, di bawahnya masih kurang terawat sehingga banyak sampah. Kolam ikan pun airnya tidak jernih. Namun sepanjang panel kayu sih bersih dan terlihat petugas kebersihan yang terus menyapu dedaunan.

babakan-siliwangi-2

Area forest walk Babakan Siliwangi ini cocok untuk jalan pagi atau jalan sore. Siapkan sepatu yang nyaman dan tidak licin karena di beberapa area jalannya menanjak dan menukik sehingga rawan terpeleset.

Jika membawa anak kecil, jangan lupa bawa minum, spray anti nyamuk, pipis dulu, dan bawa payung. Karena jika sudah di tengah jembatan, tidak ada jalan pintas untuk kembali ke awal. Kalau anaknya masih lebih kecil lagi, pastikan bawa baby carrier karena stroller dan sepeda tidak diperkenankan naik jembatan.

(Baca: Baby Carrier Favorit Komunitas Mommies Daily)

Kalau sudah lelah, bisa duduk-duduk di bangku yang disediakan. Ini juga tempat favorit untuk foto-foto karena semuanya hijauuu. Seger deh langsung feed Instagramnya ahahahah. Kabarnya tak lama lagi di sini akan disediakan wifi sehingga bisa untuk bekerja atau mengerjakan tugas sekolah. Luv!

tempat wisata di bandung

Recommended nggak jalan-jalan ke Babakan Siliwangi ini kalau lagi cari tempat wisata di Bandung?

Saya suka sihhhh. Pengalaman baru aja jalan-jalan di tengah hutan kota. Nggak panas juga karena banyak pohon. Masuknya pun gratis, hanya perlu bayar parkir dan parkiran tertata rapi.


Post Comment