6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Bumi Panjang Umur

Pilihannya ada dua: berkontribusi merusak bumi, atau bikin tempat tinggal kita ini panjang umur, buat anak cucu kelak.

6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Bumi Panjang Umur  - Mommies DailyImage: by Artem Bali on Unsplash

Saya yakin 100% mommies ambil pilihan yang kedua. Kalau masih bingung dengan caranya, mungkin hal-hal yang sudah saya praktikkan ini, bisa membantu memberikan referensi.

1.Bawa thumbler

Saya punya dua tumbler. Satu untuk kopi, satunya lagi untuk air putih. Kerasa banget sih, mengurangi sampah plastik, khususnya kalau bawa kopi dari rumah. Untuk tumbler air putih, biasanya saya bawa yang besar. Minimal 1,5 liter, kalau kecil, ya percuma aja, nggak akan mencukup kebutuhan air jika sedang berkegiatan di luar kantor. Yang ada nanti, beli air mineral lagi, dan ikutan memproduksi sampah plastik, deh.

2.Pakai sedotan stainless

Beberapa restoran dan coffee shop, sudah memberlakukan poin ini. Kenapa kita nggak ikutan? Cukup murah kok, mulai dari 40 rban sampai 100 rban. Item yang didapat juga beragam, mulai dari ukuran sedotan standar, sampai yang bisa buat minum bubble tea. Oh iya, lengkap dengan sikat pembersihnya.

3.Bawa kantong sendiri untuk belanja/pakai kardus

Saya nggak tega kalau belanja bulanan pakai plastik. Makanya saya minta mbak kasir untuk menaruh barang-barang saya di kardus. Untuk fresh item saya bawa kantong belanja sendiri. Misalnya ikan-ikanan, sayuran, dan lain-lain.

4.Menanam pohon di rumah

Fungsinya berkontribusi menyumbang oksigen untuk bumi. Nggak harus menanam pohon besar, kok. Cukup tanaman-tanaman di dalam pot. Bonusnya? Bisa jadi ajang melepas stres. Untuk meminimalkan pekerjaan tambahan, konsultasi ke yang jual tanaman, jenis apa saja yang minim perawatan. Misalnya yang disiramnya cukup seminggu sekali, bahkan dua minggu sekali, seperti tamanam kaktus, dan keluarga sansiviera.

Baca juga: 5 Tanaman yang Bikin Udara di Rumah Sejuk

5.Bijak menggunakan air

Awali dengan yang paling gampang. Pas cuci tangan, jangan biarkan air keran tetap nyala. Tuang sabun cair seperlunya ke tangan, basahi sedikit, dan tutup keran selama kita mencuci tangan. Nyalakan kembali, saat hendak membilas.

6.Buang sampah di tempatnya

Terlihat sepele ya untuk sampah bungkus permen. Tapi coba kalau 1.000 orang berpikir, “Nggak apa lah, buang sembarangan, kan kecil banget, bungkus permen doang,” artinya ADA 1.000 BUNGKUS PERMEN yang tercecer dimana-mana. Menghambat jalan selokan, mengotori sungai, jadi penghungi tetap tanah, padahal air tanah juga kasih diandalkan untuk sumber kehidupan.

Ini baru sebagian kecil dari usaha kita membuat bumi panjang umur. Mungkin mommies punya kebiasaan lain, dengan dampak yang sama?

Baca juga: Hal-hal sederhana yang Bisa Dilakukan Bareng Anak buat Bumi


Post Comment