Para Selebriti yang Membesarkan Anak dengan Feminisme

Banyak orang yang sepertinya sangat “anti” dengan kata feminisme. Saya sendiri, memang berniat membesarkan anak saya jadi laki-laki feminis.

Karena kebetulan saya menikah dengan suami, yang meski tidak menyadari atau ngaku-ngaku, sebetulnya dia sangat feminis. Dia menghargai perempuan sebagai individu dan tidak membeda-bedakan gender.

Ia tidak melarang saya melakukan apa pun karena saya perempuan. Tidak pernah meremehkan saya hanya karena gender saya. Tidak ragu mengerjakan semua pekerjaan rumah karena ia percaya istri bukan untuk melayani suami tapi sebagai partner dalam rumah tangga. Isn’t it great?

Ketika perempuan punya kebebasan memilih, itu adalah feminisme. Punya hak pilih dalam pemilu, punya kebebasan memilih bekerja atau diam di rumah, feminisme memperjuangkan agar perempuan punya kebebasan memilih kehidupannya sendiri.

Nah selain saya (siapalah saya ini, hahahaha), beberapa selebriti ini juga seorang feminis dan membesarkan anaknya atas nama feminisme. Siapa saja?

Chrissy Teigen

chrissy

The social media queen menganggap orang masih salah kaprah dengan definisinya. “Orang mengacaukan definisi feminisme. (Feminisme) bukan tentang ini salah dan ini benar. (Feminisme) adalah punya kekuatan untuk melakukan apa yang ingin kalian lakukan. Semuanya tentang punya kepercayaanmu sendiri dan menghayatinya.”

Beyonce

beyonce

Of course she is a true feminist! Bey mengaku selalu menyisipkan pesan feminisme dalam lagu-lagunya agar orang tak lagi ragu dengan definisinya.

I’m not really sure people know or understand what a feminist is, tapi sebetulnya sangat sederhana: seseorang yang percaya hak yang sama untuk laki-laki dan perempuan. Kalau kamu laki-laki dan percaya anak perempuanmu harus punya kesempatan yang sama dengan anak laki-lakimu, maka kamu adalah feminis.”

Olivia Wilde

olivie-wilde

Aktris yang juga ibu dari dua anak ini percaya setiap anak sudah terlahir tanpa sifat membeda-bedakan manusia.

I like to think he’s already a little feminist. Aku ingin mempromosikan definisi feminisme adalah persamaan dan itu bukan hal yang sulit untuk diajarkan pada anak karena mereka terlahir dengan perasaan itu. Mereka diajari untuk membedakan manusia dan menilai mereka berbeda ketika mereka dewasa.”

So true!

Jessica Alba

jessica-alba

Alba membesarkan dua anak perempuan dan memastikan keduanya bisa mandiri sebagai perempuan.

“Aku dibesarkan oleh perempuan kuat dan sudah diajar sejak kecil bahwa semua anak perempuan juga punya hak dan kesempatan yang sama untuk didengar. Aku membawa sentimen itu seumur hidupku jadi jelas itu adalah value yang sudah kuturunkan pada anak-anak. Mereka bisa bermimpi setinggi mungkin, dengan kerja keras dan piihan yang tepat, semuanya mungkin.”

Angelina Jolie

jolie

Jolie sudah sangat sering menjadi pembicara di berbagai forum internasional dan bicara tentang feminisme.

“Perempuan masih diperlakukan sebagai masalah yang tidak terlalu penting. Masih jauh lebih mudah dan jauh lebih diterima untuk para pemimpin untuk mengabaikan fakta tidak nyaman, dari mutilasi alat genital perempuan hingga pernikahan dini. Masih menjadi norma bagi perempuan untuk tidak dilibatkan dalam prosesnya. Semua orang tahu protes saja tidak akan cukup. Kita harus mengubah attitude di seluruh dunia. Kita punya tanggung jawab itu.”

Alicia Keys

alicia-keys

Ibu dari Egypt dan Genesis ini mendefinisikan feminisme sebagai salah satu cara untuk memperjuangkan hak-hak politik, sosial, dan ekonomi perempuan.

“The advocacy of women’s rights on the ground of political, social, and economic equality’—so yes. Yes, I am a feminist, and whoever isn’t is crazy. It’s about owning your power, embracing your womanhood.”

Source: parents.com


Post Comment