Ayah Beri Coca Cola pada Balita, Berakhir di Penjara

Seorang ayah di Prancis terpaksa mendekam di penjara hanya karena coca-cola. Kok bisa?? 

Dilansir BBC, ayah dua anak laki-laki berusia 3 dan 4 tahun ini dipenjara hanya karena memberi makan anaknya cake dan minum Coca Cola sehingga mengakibatkan gigi si anak rusak. Tujuh gigi anak pertama terpaksa harus dicabut. Anak kedua sampai sekarang belum bicara sepatah kata pun di usianya yang ketiga tahun.

soda

Sang ayah yang juga terkena kasus kekerasan dalam rumah tangga pada istrinya ini akhirnya divonis tiga bulan. Kedua anaknya langsung dibawa ke foster care supaya bisa diatur ulang kembali pola makannya.

Dikabarkan ayah ini bahkan tidak bisa baca tulis hitung, dan tidak menyadari kalau memberi makan cake dan cola pada anak adalah hal yang buruk. Ia juga menghabiskan semua uangnya untuk membeli alkohol.

Rumah yang mereka tempati di kota Limoges itu juga sangat menyedihkan. Anak-anak tidur di matras di atas lantai tanpa selimut dan tak punya mainan sama sekali.

Soda sendiri jelas bukan minuman yang sehat bagi orang dewasa apalagi anak kecil. Survey yang dilakukan pada 1.878 siswa SMA di Boston, AS menunjukkan remaja yang minum soda lima hingga tujuh kali dalam seminggu lebih mungkin melakukan kekerasan, minum alkohol, dan merokok dibanding yang tidak minum soda sama sekali.

Kebanyakan soda mengandung kafein yang tidak dibutuhkan untuk asupan gizi. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan keguguran, sakit perut, sakit kepala, kesulitan tidur, daya konsentrasi melemah dan meningkatnya detak jantung serta tekanan darah. Soda juga bersifat diuretik, seperti kopi dan teh, yang bisa menimbulkan dehidrasi. Selain itu, soda juga bisa menyebabkan obesitas karena kadar gula yang terlalu tinggi. Di masa depan, anak-anak ini juga lebih berisiko terkena diabetes.

Sementara untuk kesehatan gigi, soda merusak bukan hanya karena kandungan gulanya. Tetapi juga karena mengandung asam yang bisa mengikis email gigi. Soda aman bagi orang dewasa asal tidak diminum terlalu sering dan tidak setiap hari. Siapa yang masih minum soda?


Post Comment