16 Pertanyaan Tentang Ibu yang Bisa Ditanyakan Ke Anak

Pernah bertanya dalam hati, seperti apa kita di mata anak-anak? Mungkin 16 pertanyaan berikut ini bisa memberikan sedikit gambaran (yang semoga positif :D).

Sebagai ibu bekerja, yang masih terus mencoba menyeimbangkan antara tanggung jawab pekerjaan, tanggung jawab sebagai orangtua dan tanggung jawab terhadap ketenangan diri sendiri, saya terkadang merasa belum cukup baik melakukannya. Nggak, saya nggak bicara tentang hasil sempurna, at least nilai B lah. Itu saja susah.

Keterbatasan waktu bertemu tentunya masih menjadi kendala, pun saya sudah berusaha semaksimal mungkin membagi waktu. Belum lagi tempat tinggal yang berbeda dengan si sulung, semakin membuat hidup terasa sangat menantang, ahahahah.

Tak jarang, saya suka membatin di dalam hati, seperti apakah saya di mata anak-anak saya? Sebaik apakah nilai rapor saya di mata mereka? Semanis apakah kenangan tentang saya di dalam hati dan pikiran mereka?

Inginnya sih, semua pertanyaan saya di atas memiliki nilai yang baik. Itu kan keinginan saya. Namun, jika fakta bicara lain, ya sudah, nikmati saja. Namanya juga hidup, nggak bisa selalu sesuai kehendak kita, kan?!

Untuk mencari tahu seperti apa ‘posisi’ saya di dalam hidup anak-anak, saya jadi kepikiran mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini ke anak-anak saya. Kumpulan pertanyaan yang saya dapat dari pinterest, hehehe. Pertanyaan-pertanyaan ringan, namun setidaknya bisa membantu saya untuk memahami kelebihan dan kekurangan saya serta harapan anak-anak saya terhadap saya.

16 Pertanyaan Tentang Ibu yang Bisa Ditanyakan Ke Anak - Mommies Daily

1. Apa yang sudah mama lakukan yang membuat kamu merasa spesial?

2. Apa hal yang paling kamu sukai untuk dilakukan bersama mama?

3. Hal apa yang biasa mama lakukan yang membuat kamu bahagia atau tertawa?

4. Mama paling bagus tuh saat melakukan hal apa sih?

5. Hal apa yang bisa mama lakukan yang lebih baik dari ayah/eyang/tante?

6. Kalau harus menggambarkan mama dalam 3 kata, kata-kata apa yang akan kamu pilih?

7. Kalau kamu bisa mengatakan apa pun ke mama tanpa khawatir akan dimarahin atau membuat mama sedih, apa yang akan kamu katakan?

8. Bagaimana cara mama menunjukkan sayangnya mama ke kamu?

9. Kalau kamu bisa pergi ke mana saja bersama mama, kamu mau pergi ke mana?

10. Apa yang paling kamu sukai dari sifat mama?

11. Apa yang paling kamu nggak suka dari kebiasaan mama?

12. Apa yang paling kamu tunggu-tunggu saat mama pulang dari kantor?

13. Jika bisa memberikan hadiah ke mama, kamu ingin memberikan apa dan kenapa?

14. Kamu paling suka kalau mama memakai apa?

15. Kamu paling sebal kalau mama melakukan apa?

16. Menurut kamu, kenapa mama bekerja?

Mungkin tidak semua jawaban akan terdengar menyenangkan di telinga (apalagi mengingat bagaimana lempengnya kedua anak saya). Tapi ya itu, setidaknya dari jawaban-jawaban yang kita peroleh, kita jadi tahu, seperti apa anak-anak kita memandang kita.


Post Comment